6 Cara Hilangkan Bau Amis Bebek yang Harus Anda Coba

Mar 19, 2021 | Artikel | 0 Komentar

Daging bebek memang punya cita rasa lezat dan gurih yang sulit ditandingi oleh daging ayam biasa. Tapi, kenikmatannya sudah pasti hanya bisa dirasakan apabila dimasak dengan cara yang benar. Karena jika tidak diolah dengan baik, daging tersebut akan menyisakan bau amis yang justru akan menghilangkan selera makan Anda.

Anda termasuk yang pernah berurusan dengan bau amis ini? Agar dapat membuat olahan daging bebek yang lebih mantap, yuk simak 6 tips mudah menghilangkan amis ini!

Pilih daging bebek segar

Kualitas daging bebek pasti akan mempengaruhi rasanya. Jadi jika ingin daging yang baik, pertama-tama pastikan Anda memilih daging yang masih segar. Ciri-ciri daging yang masih segar adalah kulitnya yang berwarna putih dan tidak tercium bau busuk.

Cuci bersih

Selanjutnya, cuci bersih bebek di bawah air mengalir. Pastikan tidak ada darah atau kotoran yang menempel pada daging tersebut.

Pisahkan jeroan

Selain membersihkan dagingnya, singkirkan juga jeroan dan potong bagian tunggirnya. Jeroan dan tunggir, atau bagian pantat bebek, mengandung banyak lemak yang selain berisiko meningkatkan kolesterol juga memicu timbulnya bau amis.

Gunakan jeruk nipis

Setelah bersih, lumuri daging bebek dengan air perasan jeruk nipis. Balurkan secara merata dan diamkan selama minimal setengah jam hingga bau amisnya hilang. Setelah itu, cuci bersih lagi bebek sebelum mulai diolah.

Gunakan nanas

Selain jeruk nipis, Anda bisa juga menggunakan buah nanas untuk marinasi. Selain menyamarkan bau amis, buah nanas juga memiliki enzim bromelain yang dapat mengempukkan daging.

Cara menggunakan nanas, parut dulu daging buahnya lalu balurkan secara merata ke seluruh permukaan daging bebek. Diamkan minimal setengah jam, lalu cuci bersih sebelum daging diolah.

Ungkep dengan rempah-rempah

Khasiat rempah-rempah untuk mengilangkan aroma tidak sedap sudah tidak perlu diragukan. Untuk menghilangkan bau amis, siapkan bahan-bahan aromatik seperti jahe, serai, daun salam, dan daun jeruk dalam panci berisi air. Rebus daging bebek di dalamnya di atas api kecil hingga baunya meresap dan tekstur dagingnya empuk.

Tergantung olahan bebek yang ingin dibuat, Anda bisa juga lho mengungkep daging bebek dalam bumbu-bumbu dan rempah yang sudah dihaluskan. Dengan cara ini, bumbu akan lebih meresap ke dalam daging sehingga rasanya jadi lebih enak.

Jadi tertarik untuk bikin menu bebek sendiri di rumah? Temukan lebih banyak resep olahan bebek yuk di @FiberCreme_TV dan YouTube channel FiberCreme. Atau punya resep yang ingin Anda bagi? Download dulu aplikasi Enakpedia di sini dan mulai berbagi resep Anda untuk memenangkan hadiah menarik.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

web banner FRC 5

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Artikel Terbaru

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

20 Ide Resep Berbahan Telur Simple, Lezat, dan Murah

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling praktis. Hampir setiap rumah pasti punya persediaan telur. Karena selain harganya yang cenderung murah, telur memang sangat mudah diolah. Tapi, resep telur yang mudah dibuat bukan hanya telur ceplok atau dadar saja....

Bisa Makan Bersantan Tanpa Menaikkan Kolesterol? Ikuti 5 Cara Ini

Siapa yang tidak kenal santan, salah satu bahan yang umum ditemui pada berbagai masakan sehari-hari, masakan bersantan banyak ditemui di Indonesia khususnya pada masakan tradisional. Dihasilkan dari parutan daging buah kelapa, santan secara turun-temurun sudah...

Resep Terbaru

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis
Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas
Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas Siapa lagi yang memanfaatkan bulan puasa untuk berkreasi bikin jajanan khas lebaran? @FiberCreme punya ide kue lebaran yang harus kamu coba nih: resep Nastar Taiwan. Gak kayak nastar biasanya, nastar ini lebih gede dan dijamin...

Resep Ayam Lodho Tulungagung
Resep Ayam Lodho Tulungagung

  Resep Ayam Lodho Tulungagung Tulungagung juga punya makanan khas dengan bahan baku ayam. Namanya Ayam Lodho, yang terkenal gurih & punya kuah santan yg kental. Bagi yg gk bisa makan santan, tenang aja karena FiberCreme punya resep ayam lodho khas...

Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat
Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat

  Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat Kamu suka masakan ikan apa? Kalau kamu suka gurame, ini dia resep pecak ikan gurame super lezat buat kamu coba di rumah. Cara membuatnya ngga ribet kok. Untuk hasil yang lebih enak dan creamy kamu bisa tambahkan FiberCreme di...

Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme
Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme

  Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme Sudah punya rekomendasi menu untuk makan siang nanti? Nah, bagi kamu suka dengan ayam bakar, maka menu Ayam Bakar Palembang ini wajib kamu coba. Bagaimana tidak, bumbu rempahnya mampu merasuk hingga ke bagian terdalam...