Bingung Antara Jeruk Nipis, Limau, dan Purut? Kenali Perbedaannya Yuk!

Okt 15, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Buah jeruk ada banyak jenisnya. Mulai yang biasa Anda konsumsi seperti umumnya buah-buahan hingga yang hanya digunakan untuk memasak. Nah, kali ini yuk kita berkenalan dengan jeruk nipis, jeruk limau, dan jeruk purut yang mungkin sering disebutkan buku resep saat Anda sedang memasak lauk pauk untuk keluarga tercinta!

Baik jeruk nipis, jeruk limau, dan jeruk purut memang umum digunakan hanya ketika memasak. Walau sama-sama jeruk, ketiganya punya karakter berbeda lho sehingga tidak bisa digunakan untuk menggantikan satu sama lain. Jadi agar tidak tertukar-tukar, dan Anda bisa membuat masakan yang lebih lezat, yuk cari tahu perbedaannya!

Bentuk dan warna

Jeruk nipis secara visual lebih gampang dibedakan dari jeruk limau dan purut. Dengan warna hijau kuningan, bahkan beberapa ada yang berwarna kuning saja, jeruk nipis berukuran lebih besar dan memiliki permukaan kulit yang halus.

Sedangkan jeruk limau memiliki warna hijau yang lebih tua dan ukuran yang jauh lebih kecil. Tekstur kulitnya agar kasar, tapi tetap lebih halus dibandingkan jeruk purut yang terlihat kasar bergelombang.

Bagian dalam

Ketika dibelah, Anda bisa melihat bahwa jeruk nipis memiliki daging buah yang berwarna kekuningan dan banyak, serta biji yang cenderung kecil.-kecil. Sementara itu, daging buah jeruk limau memiliki warna kehijauan dengan biji yang juga kehijauan dan besar-besar. Lalu untuk jeruk purut, daging buahnya lebih padat dari kedua jeruk lainnya dan bijinya lebih kecil.

Rasa dan aroma

Meski sama-sama asam, cita rasa ketiga jeruk ini berbeda-beda. Jeruk nipis memiliki rasa asam yang lebih menyengat dan kadar air yang lebih banyak. Namun dari segi aroma, jeruk limau adalah juaranya. Sedangkan jeruk purut memiliki rasa yang lebih mirip seperti jeruk limau, walau aromanya tidak sekuat jeruk limau.

Kegunaan

Jeruk nipis bisa dibilang lebih serbaguna dibandingkan dua jeruk lainnya. Selain memberikan rasa segar pada makanan berkuah seperti soto dan bakso, jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk campuran pembersih piring, penghilang bau amis pada ikan atau ayam, dan dijadikan bahan tambahan beberapa jenis minuman.

 

Beda lagi dengan jeruk limau yang lebih sering digunakan untuk menambah rasa pada makanan bersaus kacang seperti siomay dan batagor. Jeruk ini juga banyak dimanfaatkan untuk campuran sambal lho. Rasanya yang khas cocok untuk campuran sambal uleg maupun sambal matah.

Jeruk purut umumnya digunakan untuk sambal, sama seperti jeruk limau. Selain buahnya, daun jeruk purut juga banyak dimanfaatkan untuk masakan seperti campuran tumisan bumbu halus dan rempeyek.

Itu dia perbedaan jeruk nipis, jeruk limau, dan jeruk purut. Setelah kenal dengan ketiganya, jeruk mana yang selanjutnya akan Anda gunakan untuk membuat makan malam hari ini? Jeruk apapun yang akan pakai dan resep apapun yang Anda buat, pastikan lengkapi  masakan buatan Anda dengan FiberCreme, krimer serbaguna pengganti santan dan susu. Dengan serat yang lebih tinggi dan nol mg kolesterol per takaran saji, FiberCreme siap memberikan pilihan menu yang lebih sehat dan tetap enak.

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Jadwal Kegiatan

january

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X