5 Pilihan Makanan dan Minuman yang Baik bagi Penderita Diabetes

Mar 8, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

makanan untuk penderita diabetic

Menjaga pola makan bagi penderita penyakit diabetes memang perlu dilakukan agar kondisi tubuh tetap terjaga. Makanan untuk diabetes pun disarankan rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah Anda tetap terkontrol dengan baik.

Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, Anda juga dapat terhindari dari masalah kesehatan lainnya.

Kandungan Gizi Makanan untuk Diabetes 

Seorang yang menderita diabetes, tentu saja perlu menjaga pola makannya agar asupan yang masuk ke dalam tubuh tidak meningkatkan risiko komplikasi diabetes. Maka, penting bagi Anda yang menderita diabetes untuk mengetahui kandungan gizi makanan apa saja yang baik bagi penderita diabetes berikut ini:

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks menjadi salah satu kandungan gizi makanan bagi penderita diabetes. Jenis karbohidrat ini dipercaya lebih bergizi dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Sumber karbohidrat kompleks dapat Anda temukan pada umbi, tomat, pisang, beras merah, oat, buncis, kacang polong, dan roti gandum. Sebaliknya, para penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi konsumsi roti putih atau nasi putih karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Serat

Makanan yang berserat tinggi juga mampu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi apel, pir, pepaya, bayam, brokoli, selada, kacang tanah, almond, biji rami, dan chia seed.

Lemak sehat

Kandungan gizi makanan lainnya yang baik untuk penderita diabetes adalah lemak sehat. Makanan yang mengandung jenis lemak ini mampu menurunkan resiko terjadinya komplikasi diabetes termasuk serangan jantung.

Untuk itu, Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun, minyak kanola, alpukat, kacang almond, biji labu, wijen, serta hazelnut sebagai makanan yang mengandung lemak sehat.

Protein

Selain lemak dan karbohidrat, penderita diabetes juga perlu mendapatkan asupan protein untuk menjaga kesehatannya. Protein sangat penting sebagai sumber energi, memperbaiki jaringan, serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan berprotein sehat yang baik dikonsumsi penderita diabetes, seperti daging sapi paha belakang, dada ayam tanpa kulit, ikan daging putih, telur, kacang merah, kacang polong, kacang hitam, tahu, dan edamame.

Vitamin, mineral, dan antioksidan

Untuk membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes, maka perlu adanya asupan makanan untuk diabetes yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Sumber makanan yang dimaksud bisa berupa sayuran hijau, stroberi, buah jeruk, dan buah beri.

Itulah beberapa kandungan makanan serta jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan memperhatikan pola makannya, maka penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya dengan baik.

Makanan untuk Diabetes yang Perlu dihindari

Untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, Anda juga perlu memperhatikan makanan apa saja yang perlu dihindari oleh penderita diabetes. Jika biasanya Anda selalu makan makanan pokok dengan nasi putih, maka Anda perlu menggantinya dengan nasi merah agar kadar gula darah dalam tubuh Anda terjaga.

Selain nasi putih, makanan untuk diabetes apa saja sih yang perlu dihindari? Berikut diantaranya:

  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu
  • Roti tawar putih
  • Sayur yang dimasak dengan tambahan garam, mentega, keju, dan saus dalam jumlah banyak
  • Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula
  • Sayuran kaleng yang mengandung banyak garam
  • Daging berlemak
  • Kulit ayam
  • Produk susu tinggi lemak
  • Makanan yang digoreng
  • Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.

Beberapa jenis makanan tersebut adalah makanan yang perlu Anda hindari selama menderita diabetes. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan untuk diabetes yang diolah sendiri agar bahan baku dan tambahannya dapat dipantau dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan kadar gula darah setidaknya 3 bulan sekali agar dapat mengetahui dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh Anda.

Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selain perlu memperhatikan asupan makanan untuk diabetes, Anda juga perlu memperhatikan minuman apa saja yang baik dikonsumsi dan tidak mengganggu kadar gula darah dalam tubuh.

Bagi Anda yang menderita diabetes, maka Anda bisa memilih minuman yang mengandung kalori rendah atau bahkan tanpa kalori sebagai upaya untuk mencegah naiknya gula darah dalam tubuh Anda. Berikut adalah minuman yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes:

Air putih

Mengonsumsi air putih bagi penderita diabetes memang sangat dianjurkan karena dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Tidak hanya penderita diabetes, bagi Anda yang masih sehat juga sangat penting untuk menjaga cairan di dalam tubuh dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

Jus

Penderita diabetes juga diperbolehkan untuk minum jus buah asalkan jus yang diminum tanpa dicampur pemanis tambahan. Anda juga bisa mencampurkan jus buah dengan sayuran berdaun hijau seperti seledri atau mentimun sebagai tambahan serat, vitamin, dan mineral.

Teh

Bagi penderita diabetes juga diperbolehkan untuk minum teh asalkan tanpa menambahkan gula. Akan tetapi Anda perlu menghindari minuman teh botol atau teh kemasan karena mengandung kadar gula darah yang tinggi.

Kopi hitam

Kopi hitam juga termasuk minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, tentu saja tanpa tambahan gula karena bisa berdampak pada meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

Fibercreme, pengganti susu yang rendah gula

Bagi penderita diabetes yang ingin minum susu, tentu saja dianjurkan untuk memilih susu yang rendah lemak atau susu skim agar tidak berpengaruh terhadap gula darah Anda. 

Nah, bagi Anda yang ingin minum susu rendah lemak yang sehat, maka Anda bisa mengkonsumsi krimer multifungsi FiberCreme. Krimer ini aman bagi penderita diabetes karena rendah gula dan cocok dijadikan sebagai pengganti susu maupun santan. Krimer ini juga bisa dijadikan makanan untuk diabetes yang sehat sehari-hari. 

Dapatkan Makanan Sehat dan Aman bagi Diabetes dengan FiberCreme!

cara menyimpan makanan agar tidak cepat basi

Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu upaya yang bisa Anda lakukan jika menderita diabetes. Dengan menjaga asupan makanan untuk diabetes yang akan konsumsi, maka kadar gula darah dalam tubuh Anda pun dapat terjaga dengan baik.

Untuk mencukupi kebutuhan makanan berserat bagi penderita diabetes, maka Anda bisa mengkonsumsi krimer multifungsi FiberCreme yang rendah gula sehingga cocok dijadikan sebagai pengganti susu dan santan.

Krimer multifungsi FiberCreme memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk penderita diabetes, seperti mengandung serat tinggi, rendah gula, bebas lemak trans, bebas kolesterol, bebas gluten, dan memiliki indeks glikemiks yang mudah.

Dengan kandungan rendah gula yang dimiliki FiberCreme dan didukung pola makanan untuk diabetes yang sehat, maka akan menghindarkan Anda dari diabetes. Dapatkan berbagai tips makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan Anda dengan mengunjungi website kami di Fibercreme.com. Anda bisa mendapatkan produk Fiber Creme melalui marketplace official FiberCreme atau datang langsung ke supermarket terdekat di kota Anda. Mari mulai hidup sehat dengan FiberCreme!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...