5 Makanan Paling untuk Penderita Fatty Liver

Agu 7, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Hati adalah salah satu organ yang memegang peranan paling penting dalam tubuh. Selain berfungsi mengolah makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energi dan nutrisi, hati juga bekerja keras untuk menyaring agar zat-zat berbahaya tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Namun tidak semua dari kita tahu cara memelihara hati agar tetap berfungsi normal. Bukannya menyehatkan dan diolah jadi nutrisi, banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi justru merusak fungsi hati. Salah satu gangguan hati yang umum terjadi di masyarakat adalah fatty liver atau perlemakan hati.

Apa itu Fatty Liver atau perlemakan hati?

Sesuai namanya, fatty liver atau perlemakan hati terjadi apabila ada penumpukan lemak di hati sehingga menggangu kinerja organ ini. Jika terus dibiarkan, perlemakan hati bisa berpotensi menimbulkan gagal hati.

Ada 2 jenis perlemakan hati, yaitu perlemakan hati yang disebabkan oleh alkohol dan yang tidak disebabkan oleh alkohol. Perlemakan hati yang tidak disebabkan oleh alhokol umumnya terjadi pada pasien-pasien obesitas dan mereka yang banyak mengonsumsi makanan olahan. Namun apapun jenisnya, efek perlemakan hati bisa diminimalisir dengan mulai memperbaiki pola makan.

5 makanan yang baik untuk penderita perlemakan hati

1. Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien perlemakan hati yang rutin minum kopi memiliki lebih sedikit kerusakan pada hati daripada mereka yang tidak. Hal ini karena kafein bisa meminimalisir jumlah enzim hati yang tidak normal pada orang-orang dengan masalah liver.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan aktioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, pigmen berwarna hjau yang dikandung sayuran seperti sawi, selada, dan kubis bisa juga membantu membersihkan hati dari toksin.

3. Tahu

Tahu memiliki nilai protein yang tinggi, sehingga bisa menimbulkan efek mengenyangkan dan nafsu makan bisa lebih terkontrol. Selain itu tahu juga mengandung protein kedelai yang terbukti bisa mengurangi penimbunan lemak di hati.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang menurut penelitian bisa memperlambat kerusakan liver. Alpukat juga baik untuk mengurangi risiko obesitas yang jadi penyebab perlemakan hati non-alkoholik, karena kaya akan serat yang memperlancar pencernaan dan menjaga berat badan.

5. Makanan berserat tinggi

Serat, terutama serat larut air atau Soluble fiber, memiliki kemampuan untuk menyerap cairan dalam tubuh untuk menjadi ruah yang membuat kita terasa lebih kenyang. Dan bukan hanya cairan, serat juga bisa mengikat lemak dan membuangnya dari tubuh melalui feses. Dengan begitu semakin sedikit lemak yang diserap tubuh dan menumpuk hingga menimbulkan perlemakan hati.

Makanan berserat tinggi bisa kita peroleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jangan khawatir dulu kalau Anda tergolong sulit mengonsumsi bahan-bahan ini, karena Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan serat dari makanan sehari-hari, termasuk makanan yang jadi favorit Anda.

Tambahkan saja FiberCreme, krimer serbaguna tinggi serat yang dapat ditambahkan ke makanan dan minuman sebagai pengganti susu atau santan. Jadi mendapatkan serat sekarang bisa semudah menikmati sajian kesukaan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...