4 Cara Hidup Sehat di Masa Pandemic : Super Mudah

Apr 13, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Memasuki tahun kedua, pandemi masih belum berakhir. Berbagai varian datang dan pergi, kasus positif corona fluktuatif, mengalami penurunan tapi kemudian peningkatan. Jangan karena sudah terbiasa, lalu merupakan cara hidup sehat di masa pandemic.

Tetap lindungi diri dari paparan Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat. Selain olahraga, makan makanan dan minuman yang menyehatkan, juga menjaga tidur yang cukup.

4 Cara Hidup Sehat di Masa pandemic, Sempurnakan dengan FiberCreme

cara hidup sehat di masa pandemic

Cara hidup sehat identik dengan pola hidup sehat. Sementara pola hidup sehat adalah cara atau gaya hidup dengan tujuan menurunkan risiko kematian karena penyakit kronis atau sakit parah.

Dengan berkembangnya pengetahuan akan kesehatan, meningkat pula pengetahuan akan cara-cara menghindari penyakit kronis. Seperti jantung koroner, kanker paru-paru, atau diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Penerapan cara hidup sehat dapat menjaga kolesterol dan tekanan darah di batas aman, sehingga tubuh menjadi bugar dan sehat. Bukan itu saja, gaya hidup sehat juga dapat membentuk kesadaran sosial.

Bukan tidak mungkin Anda akan mampu menggerakkan orang-orang di sekitar untuk turut menerapkan gaya hidup sehat. Sehingga dapat mencegah masalah kesehatan seperti: depresi, sindrom metabolik, radang sendi, diabetes, bahkan kanker tertentu.

Pola hidup sehat tidaklah sulit dilakukan, yang sulit adalah memulainya, dan konsisten melakukannya. Merupakan kebanggaan tersendiri jika sudah mampu konsisten, bahkan dapat menggerakkan orang lain untuk ikut menerapkannya.

Tidak perlu melakukan hal-hal yang besar atau berat untuk mulai pola hidup sehat ini. Cukup lakukan beberapa kebiasaan sederhana namun berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Ikuti tips untuk memulai cara hidup sehat di masa pandemic bawah ini:

Istirahat yang Cukup

Cara hidup sehat di masa pandemic selanjutnya yakni istirahat cukup pastinya. Meski setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, namun para ahli menyarankan tidur malam antara 7-8 jam. Ketika tidur, tubuh meregenerasi organ dalamnya.

Dengan demikian, akan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk sistem imun. Tidur yang cukup dapat memperbaiki mood, membantu mempelajari hal-hal baru, serta mempertajam memori dan fokus. 

Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, secara rutin. Hal ini dapat menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Aktif Bergerak

Mengikuti wejangan pemerintah agar di rumah saja, bukan berarti menjadi kaum rebahan. Sempatkan melakukan olahraga ringan minimal dengan melakukan peregangan selama beberapa menit secara rutin. Ini juga merupakan cara hidup sehat di masa pandemic yang paling dianjurkan.

Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal sekitar 30 menit setiap harinya. Olahraga teratur akan dapat menjaga berat badan ideal bagi kesehatan, dan menjauhkan obesitas (berat badan berlebih).

Indoor

Melakukan olahraga ringan dari rumah secara rutin akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda, seperti yoga atau senam.

Outdoor

Sementara bersepeda dan berjalan kaki, selain menyehatkan, baik juga untuk refreshing sejenak dari rutinitas rumah dan tetek bengeknya. Bagi tipe outdoor, olahraga ini cocok untuk Anda. Iya, tapi tetap harus menerapkan prokes supaya cara hidup sehat di masa pandemic yang kamu lakukan tidak sia-sia.

Cukup 30 menit berputar di sekitar rumah setiap harinya, akan mampu memaksimalkan proses metabolisme dan tubuh menjadi lebih sehat. Sementara untuk kesehatan tulang, banyak ahli yang  merekomendasikan berjalan kaki 10 ribu langkah per hari.

Beberapa menit beraktivitas di luar ruangan, di bawah sinar matahari pagi, akan meningkatkan kadar vitamin D. Pastinya baik untuk tulang dan jantung.

Sementara perubahan suasananya baik untuk memperbaiki mood Anda, perasaan akan lebih ceria, bahagia, dan berujung pada ketenangan hati.

Pusat kebugaran

Jika sebelum pandemi Anda biasa  melakukan olahraga di pusat kebugaran atau tempat umum, seperti kolam renang umum, sebaiknya pertimbangkan lagi. Pusat kebugaran biasanya berada di ruang tertutup yang rentan habitat virus corona.

Meski tak dapat dipungkiri, latihan di pusat kebugaran selalu dapat membantu membentuk massa otot dan membakar kalori.

Cara hidup sehat di masa pandemic dengan melakukan kebugaran di atas juga bisa menghilangkan rasa boring untuk mengisi kegiatan selama di rumah.

Kebersihan, Rokok, dan Alkohol

cara hidup sehat di masa pandemi

Dimulai dengan protokol kesehatan selama masa pandemi, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik secara berkala. Setelah kebersihan diri, sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Salah satu contohnya adalah dengan pengelolaan sampah yang benar. Banyak resiko gangguan kesehatan dapat diminimalisir dengan hal ini.

Hal yang perlu dijaga selanjutnya adalah rokok dan alkohol. Menurut para ahli, rokok dan alkohol merupakan salah satu pemicu terbesar timbulnya penyakit penyebab kematian.

Rokok dapat menyebabkan disfungsi ereksi, merusak paru-paru dan jantung, juga mempercepat kerutan pada kulit.

Sedangkan alkohol dapat merusak pencernaan, juga berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. 

Berbagai penyakit yang menyertai yaitu: asam lambung, tukak lambung, menyebabkan peradangan lambung (gastritis), juga kanker saluran pencernaan.

Rokok, alkohol, dan hidup sehat tidak bisa berjalan berdampingan. Untuk bisa menjalani pola hidup sehat, dua yang pertama harus dihentikan.

Konsumsi Makanan Bergizi, Sebagai Cara Hidup Sehat di Masa Pandemic 

Selain istirahat, olahraga dan kebersihan, minuman dan makanan pun penting untuk diperhatikan. Biasakan mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas setiap hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. 

Tambahkan irisan jeruk, lemon, atau timun supaya air terasa lebih segar. Mulai hindari minuman berenergi atau minuman ringan mengandung gula karena dapat menyebabkan diabetes tipe-2 juga obesitas. 

Termasuk juga aneka jus, es kopi, dan minuman dingin sejenisnya yang dapat dipastikan mengandung gula berlebih. Perbanyak konsumsi makanan dengan gizi seimbang, antara karbohidrat, sayur, dan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ketika waktu makan tiba, pastikan dalam piring Anda terdapat protein hewani dan nabati, serat, karbohidrat, serta lemak yang baik. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membuat tubuh sehat.

Selain itu juga menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes, atau kanker.

Hidup Sehat dengan FiberCreme

Pola makan sehat dan seimbang dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal. Hindari berbagai makanan olahan atau yang mengandung banyak gula.

Namun jika Anda hobi makan cemilan tapi ingin menerapkan hidup sehat, dapat mencoba membuat sendiri cemilan sehat dengan FiberCreme. 

FiberCreme adalah krimer multifungsi pengganti susu dan santan yang rendah gula dan tinggi serat. Rasanya tetap gurih dan creamy, hanya saja kandungannya jelas lebih sehat. Sehingga cocok bagi orang-orang yang menginginkan hidup sehat tanpa meninggalkan makanan enak. 

FiberCreme memberikan rasa lembut dan manis pada aneka makanan dan minuman Anda tanpa perlu menambahkan gula lagi. Untuk aneka resep cemilan sehat dan enak ini, dapat Anda lihat Instagram @fibercreme_tv, juga YouTube FiberCreme.

Dari foto-fotonya saja, sudah begitu menggugah selera, bukan? Bagaimana lagi rasanya? Pasti mantap! Sayangnya, website tidak dapat untuk pemesanan produk.

Jika Anda berminat untuk mencoba membuat cemilan sehat ini, bisa memesan ke marketplace official FiberCreme, juga di toko swalayan terdekat lokasi Anda. Cek di sini untuk toko-toko yang sudah bekerja sama dengan FiberCreme™.

Ada begitu banyak cara hidup sehat di masa pandemic. Di antaranya adalah dengan istirahat, olahraga, makan dan minum yang menyehatkan. Termasuk mengganti gula dan santan dengan krimer FiberCreme™. Hidup sehat, tidak selalu berarti sengsara, bukan? Yuk, terapkan sekarang juga tips cara hidup sehat di masa pandemic dengan mudah.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...