11 Cara Hidup Sehat, Agar Panjang Umur Sampai Tua

Apr 20, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Pergantian tahun selalu identik dengan gembar-gembor mengenai resolusi mengenai hal-hal apa saja yang ingin dicapai di tahun ini. Selain pendidikan dan karier, banyak juga orang yang memasukkan penerapan cara hidup sehat ke dalam daftar.

Gaya hidup atau lifestyle memang sangat mempengaruhi kondisi seseorang, baik kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kebiasaan atau rutinitas dalam keseharian. 

Cara Hidup Sehat Sampai Tua

Dalam jangka panjang, rutinitas inilah yang akhirnya membentuk sebuah habit atau gaya hidup seseorang. Berikut beberapa tren gaya hidup untuk mendapatkan tubuh yang sehat sampai masa tua: 

Cek Kondisi Kesehatan Secara Berkala

Untuk memastikan tubuh tetap sehat, lakukan kondisi kesehatan secara berkala. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dan mendeteksi jika muncul beberapa gejala suatu penyakit. 

Penanganan sejak dini tentu lebih mudah untuk dilakukan daripada mengobati penyakit yang sudah parah, bukan? Oleh karena itu, buatlah jadwal kontrol sesuai anjuran dari medis, misalnya pemeriksaan gigi dalam 6 bulan sekali. 

Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Cara hidup sehat seperti dengan mengkonsumsi makanan mengandung nutrisi yang berbeda, sehingga usahakan isi piring bervariasi sesuai panduan dari Menteri Kesehatan Indonesia. Anda bisa melakukan eksperimen dengan mengubah sumber nutrisi.

Misalnya untuk memenuhi karbohidrat, Anda bisa mengganti nasi dengan jagung, kentang, ubi, singkong, dan lain-lain. Begitu juga dengan jenis nutrisi yang lainnya, seperti protein, serat, lemak, serta berbagai macam vitamin.

Meski demikian, jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan berlemak tinggi, karena bisa menyebabkan penimbunan kolesterol. Kondisi ini tidak hanya memicu kolesterol tinggi, tetapi juga penyakit degeneratif lainnya. 

Minum Air Putih yang Cukup

Kadar air di dalam tubuh mencapai 60%, sehingga kecukupan asupan air sangat mempengaruhi kinerja seluruh organ. Namun asupan tersebut harus berupa air putih, bukan minuman berperisa maupun berwarna.

Kebutuhan cairan tubuh setiap orang tidaklah sama, karena dipengaruhi oleh jenis kelamin, berat badan, suhu tubuh, aktivitas, usia, dan lain-lain. Untuk pria dewasa sekitar 2.5 liter, sementara wanita kurang lebih 2.3 liter. 

Biasanya, orang malas minum air putih karena jauh dari jangkauan. Sebagai solusinya, Anda bisa menyiapkan botol minum di meja kerja, kamar, maupun tempat-tempat paling banyak beraktivitas. 

Menjaga Kebersihan

Cara hidup sehat tidak terlepas dari kebiasaan untuk menjaga kebersihan, baik kebersihan diri serta lingkungan. Menjaga kebersihan diri bisa Anda lakukan dengan mandi, cuci tangan, menggosok gigi, serta mengganti baju secara teratur. 

Seimbangkan dengan menjaga tempat tinggal dan sekitarnya, karena lingkungan yang kotor bisa menjadi sarang penyakit. Sediakan ventilasi udara yang baik serta jangan menumpuk barang-barang tidak terpakai. 

Jaga Kualitas Tidur

Tidur berkualitas tidak dilihat dari durasi waktu, melainkan pencapaian fase deep sleep atau terlelap. Agar lebih mudah tidur nyenyak, Anda bisa menerapkan beberapa trik berikut ini:

  • Batasi waktu tidur siang, yakni tidak lebih dari 20 menit.
  • Jangan berolahraga minimal 1 jam menjelang waktu tidur, karena bisa membuat tubuh tetap terjaga.
  • Hindari untuk makan berat atau mengonsumsi minuman berkafein pada malam hari.
  • Meminimalisir penggunaan perangkat elektronik dan gadget sebelum tidur.
  • Ciptakan ruang tidur yang nyaman, bersih, dan minim gangguan. 

Selain menerapkan trik di atas, tidur dalam kondisi gelap atau remang-remang juga dipercaya lebih memudahkan Anda mencapai deep sleep. Oleh karena itu, penting untuk mengatur pencahayaan di kamar tidur.

Cara Hidup Sehat dengan Olahraga Rutin

Olahraga adalah bagian penting dari kesehatan yang acapkali terabaikan, terutama oleh ibu rumah tangga yang memiliki segudang aktivitas. Hal ini sangat disayangkan, karena olahraga tidak harus melakukan aktivitas fisik yang berat.

Apabila Anda memiliki keterbatasan waktu, pilihlah jenis olahraga yang ringan, seperti joging, yoga, bersepeda, senam lantai, aerobik, maupun berjalan kaki. Lakukan di sela-sela kesibukan dengan durasi 150 menit dalam satu minggu. 

Kelola Stress

Cara hidup sehat dengan mengelola pikiran dan emosi yang dialami seseorang juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya. Seseorang yang mampu menyalurkan emosi secara positif, cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik. 

Begitu juga sebaliknya, seseorang yang mengalami stres atau tekanan bisa menguras energi pada mental serta fisik. Oleh karena itu, belajarlah untuk menyampaikan dan mengelola stres dengan baik. 

Kurangi Makanan Cepat Saji

Jangan jadikan makanan cepat saji sebagai menu sehari-hari. Selain minim nutrisi, proses penyajian makanan cepat saji atau fast food juga cenderung mengabaikan faktor kesehatan. 

Apalagi bila makanan tersebut berasal dari produk kalengan, maka potensi merusak sel baik yang ada di dalam tubuh semakin tinggi. Akibatnya, kesehatan tubuh akan terganggu dan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. 

Menurut data dari WHO, setidaknya ada sekitar 40 juta anak usia pra sekolah yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Lebih dari itu, fast food juga memicu kemunculan penyakit diabetes dan jantung.

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Di dalam tubuh, gula menghasilkan kalori yang berfungsi sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas harian. Sementara itu, mineral natrium yang terdapat pada garam berperan aktif dalam menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang.

Namun pengonsumsian gula dan garam secara berlebih justru bisa menimbulkan berbagai masalah. Gula berlebih bisa menyebabkan penyakit diabetes, sedangkan garam memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Dalam kondisi lebih lanjut, kedua hal tersebut bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan lain-lain. Bukan tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali, tetapi batasi sampai jumlah yang dianjurkan saja. 

Kementerian Kesehatan menganjurkan, konsumsi gula pada orang dewasa sekitar 5-9 sdt per hari dan garam maksimal 1 sendok teh. Solusi cara hidup sehat paling mudah ialah dengan mengkombinasikan isi piring Anda. 

Jaga Berat Badan

Menjaga berat badan tetap stabil bukan hanya demi kepentingan saja, tetapi juga mempengaruhi kondisi kesehatan. Dengan menjaga berat badan, Anda sudah menerapkan cara hidup sehat juga. Hal ini dikarenakan, berat badan berlebih atau obesitas bisa menimbulkan dampak negatif, seperti:

  • Menaikkan tekanan darah
  • Gangguan metabolisme lemak
  • Masalah pada saluran pernapasan
  • Gangguan insulin, sehingga berisiko mengalami diabetes
  • Osteoarthritis atau masalah pada persendian yang menimbulkan sensasi rasa nyeri dan kaku.
  • Infertilitas atau penurunan tingkat kesuburan
  • Memicu penyakit jantung dan stroke

Cara Hidup Sehat dengan Konsumsi FiberCreme

Cara hidup sehat yang terakhir adalah melengkapi hari-hari Anda dengan FiberCreme. Produk ini terbuat dari serat pangan larut bernama oligosakarida yang berasal dari singkong atau tapioka.

Anda bisa menggunakan FiberCreme untuk menggantikan susu dan santan, karena lebih rendah gula dan kaya akan serat. Dengan kata lain, produk ini aman bagi penderita diabetes, pelaku program diet, maupun anak-anak dan lansia.

Meski demikian, FiberCreme tidak mengubah tekstur rasa masakan atau minuman terlalu jauh. Dalam artian, Anda tetap bisa menikmati berbagai olahan makanan atau minuman dengan citarasa enak seperti biasanya.

Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa membeli FiberCreme di marketplace maupun website resminya di Fibercreme.com. Ada empat pilihan, yakni 6 gram, 100, 168, serta 1000 gram. 

FiberCreme melengkapi cara hidup sehat Anda dengan produk berkualitas, kaya manfaat, dan tetap enak. Segera dapatkan produknya di sini dan nikmati hidup yang lebih aktif dan produktif.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...