Penyakit Corona yang berasal dari penyebaran virus corona sedang jadi perhatian dunia. Diduga berasal dari kota Wuhan di China, wabah corona sudah menginfeksi puluhan ribu orang dengan ratusan kasus berakhir pada kematian.

Saat ini belum ditemukan obatnya, sehingga pencengahan dianggap sebagai langkah paling baik untuk terhindar dari penyakit corona. Nah salah satu cara menghindari infeksi virus ini adalah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dan salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh yang termudah adalah melalui makanan.

Jadi biar Anda sekeluarga tetap sehat, yuk mulai makan lebih sehat. Masukkan juga 7 bahan makanan berikut untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindari dari virus.

Makanan tinggi vitamin C

Selain mencegah sariawan, vitamin C juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dipercaya bisa menaikkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk menghindari infeksi virus. Beberapa bahan makanan yang dikenal tinggi vitamin C terumasuk jeruk dan lemon.

Tapi sumber vitamin C bukan itu saja. Paprika merah ternyata terbukti memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi, bahkan bisa 2 kali lipat daripada buah jeruk. Selain itu, bahan makanan ini juga mengandung beta karoten tinggi yang berguna untuk mempertahankan kesehatan mata dan kulit.

Ide masakan tinggi vitamin C: Fresh Orange Splash atau Schotel Panggang Tahu Telur

 

Bawang putih

Selain menyedapkan masakan, bawang putih juga punya manfaat yang besar untuk esehatan. Bahan makanan ini terbukti memiliki senyawa dengan kadar sulfur tinggi, seperti alisin, yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bukan hanya itu, bawang putih juga banyak digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Ide masak dengan bawang putih: Garlic Soup atau Sambal Terasi Nikmat

Jahe

Sudah dimanfaatkan dalam dunia kesehatan selama ratusan tahun, jahe memiliki kandungan yang bisa meredakan inflamasi, sakit tenggorokan dan lain-lain. Jahe, yang biasanya digunakan sebagai bahan minuman hangat, juga dapat mencegah infeksi virus dengan cara menaikkan suhu tubuh.

Ide masak dengan jahe: Broccoli with Creamy Cheese atau Fresh Lemon Chicken Pasta

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat. dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Nutrisi yang ada dalam sayur hijau ini termasuk citamin A, C, E, serta kandungan antioksidan dan serat. Tapi perlu diperhatikan bahwa untuk mempertahankan nilai gizinya, Anda tidak boleh memasak brokoli terlalu lama.

Ide masak dengan brokoli: Wedang Saraba atau Biskuit Lemon Jahe

Bayam

Selain brokoli, bayam juga bisa disebut sebagai salah satu sayuran tersehat. Selain vitamin C, bayam juga memiliki kandungan antioksidan dan beta karoten yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dan sama seperti brokoli, bayam juga lebih baik tidak dimasak terlalu lama agar kandungan gizinya tidak hilang.

Ide masak dengan bayam: Breakfast Spinach and Cheese atau sajikan sebagai lalapan bersama Sambal Bajak Praktis

Pepaya

Pepaya adalah buah lain dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan, satu buah pepaya dikatakan bisa mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah vitamin C yang disarankan setiap hari. Selain vitamin C yang menaikkan imunitas, pepaya memiliki enzim bernama papain yang berkhasiat meredakan peradangan. Ditambah lagi, buah ini mengandung tinggi potasium, vitamin B kompleks dan folat yang baik untuk kesehatan.

Ide masak dengan pepaya: Potong-potong dan sajikan bersama Es Teler Hoki

 

X