Waspada Diabetes, Ganti Pemanis Dengan 6 Alternatif Gula Ini!

Feb 14, 2020 | Artikel | 2 comments

Diabetes bukan penyakit yang bisa dianggap enteng. Penyakit ini disebut sebagai salah satu penyebab kematian terbesar lho. Namun sayangnya, angka penderita diabetes di seluruh dunia hingga saat ini masih sangat tinggi.

Di Indonesia sendiri, diabetes menjadi penyakit paling mematikan nomor 3 setelah stroke dan jantung koroner. Dengan angka penderita yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 10,3 juta jiwa berdasarkan riset tahun 2018, Indonesia menduduki peringkat 6 sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak sedunia. Dan jumlah ini diperkitakan Badan Kesehatan Dunia WHO akan naik menjadi 21,3 juta jiwa di tahun 2040 apabila tidak ditangani dengan baik.

Jadi daripada mengobati, yuk mulai cegah diabetes dari sekarang. Mulai ubah kebiasaan hidup Anda jadi lebih sehat dengan memperbanyak olahraga, menjaga pola makan dan, yang sudah pasti, mengurangi konsumsi gula. Untuk yang terakhir ini, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa lagi menikmati manisnya manakan atau minuman kesukaan. Baca terus ya untuk lihat bahan alternatif yang tidak kalah manis tapi lebih ramah untuk diet sehat Anda dan keluarga.

Madu

Madu sudah terkenal sebagai bahan pemanis pengganti gula yang lebih sehat. Selain memiliki beberapa kandungan vitamin yang tidak ada pada gula tebu, madu juga terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida pada pasien diabetes.

Daun stevia

Daun stevia termasuk jenis pemanis alternatif yang sedang naik daun di Indonesia. Dengan rasa yang cukup manis, ekstrak daun stevia ternyata mengandung nol kalori sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Bukan hanya itu, daun yang berasl dari Amerika ini memiliki kandungan stevioside yang bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko terkena diabetes.

Gula kelapa

Gula kelapa juga termasuk salah satu jenis pemanis yang sedang populer. Berasal dari getah pohon kelapa, gula ini memiliki indeks glikemik 35 yang tergolong sangat rendah. Jadi gula kelapa bisa dibilang sangat baik untuk digunakan Anda yang sedang sangat menjaga gula darah.

Tapi perlu dingat ya, bahwa gula kelapa itu berbeda dengan gula aren. Gula aren berasal dari getah pohon aren (kolang-kaling) dan punya indeks glikemik cukup tinggi. Jadi jangan sampai salah memilih gula untuk manisnya hidup lebih sehat.

Sirup maple

Didapat dengan mengekstrak getah pohon maple, sirup ini umumnya digunakan sebagai pelengkap menu sarapan pancake. Meski rasanya manis, sirup maple punya kandungan sukrosa yang lebih rendah daripada gula biasa, dan bahkan madu. Selain itu, sirup maple mengandung zinc, magnesium dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Sirup agave

Sirup ini didapat dari tumbuhan agave yang banyak tumbuh di Meksiko dan dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman beralkohol tequila. Sirup agave didapat dengan mengesktrak getah tanaman agave, yang selain punya rasa manis juga mengandung tinggi serat fruktan yang memperlancar metaboisme dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun perlu dicatat bahwa sirup agave yang sudah melalui pengolahan cenderung kehilangan banyak manfaat ini. Ketika dipanaskan, fruktan akan berubah menjadi fruktosa yang tidak menaikkan kadar gula dan level insulin secara cepat seperti glukosa pada gula. Namun, perlu diingat bahwa kelebihan fruktosa juga tidak baik, karena bisa menaikkan kadar trigliserida serta berkontribusi terhadap penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes tipe 2.

 

Mana jenis pengganti gula yang sudah Anda gunakan, atau mana yang paling cocok dengan diet rendah gula Anda? Karena sudah banyak alternatif agar hidup sehat tetap manis, sekarang jangan takut untuk #NikmatiHidup dengan wisata kuliner.

Coba cek resep-resep terbaru yang lezat dan kekinian dari FiberCreme yuk! Ikuti @FiberCreme_TV untuk inspirasi masak setiap hari. Dan pakai terus krimer serbaguna pengganti santan dan susu ini agar masakan buatan Anda jadi semakin lezat, tinggi serat dan lebih bersahabat untuk diet sehat

2 Comments

  1. Siti Rodiah

    Selamat siang,

    Kenalkan, saya Siti Rodiah
    Saya perwakilan dari tim KREATIF 2020.

    Kami KREATIF 2020 ingin mengajukan tawaran kerjasama dengan pihak FIBERCREME sebagai sponsorship di event yang akan kami selenggarakan.

    Event yang kami maksud adalah sebuah lomba mewarnai tingkat SD kelas 1-3.

    Kami mengajak kerjasama pihak FIBECREME karena dalam event kami para peserta lomba diharuskan datang bersama orang tua/wali, yang pada saat itu bisa digunakan media promosi untuk pihak FIBERCEME yang menurut kami target pasarnya adalah Ibu-Ibu Rumah Tangga.

    Apabila pihak FIBERCREME tertarik untuk bekerjasama dengan kami, maka pihak FIBERCREME bisa menghubungi kami via DM Instagram melalui akun @kreatif.20

    Terima Kasih

    Reply
    • Fiber Creme

      hai kak, untuk penawaran kerjasama dan proposalnya bisa dikirim ke email info@fibercreme.com ya, terima kasih

      Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. 5 Bahaya Fast Food ini Terlalu Seram. Bisa Sampai Meninggal! - POW - […] semakin tinggi juga asupan gula. Dengan begitu semakin tinggi juga risiko kita untuk terkena diabetes tipe 2, kondisi yang…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X