Tak Ada Whipped Cream? Bikin Sendiri Dari Susu Biasa Yuk!

Jan 3, 2020 | Artikel | 0 comments

Anda yang suka bikin kue pasti sudah paham pentingnya keberadaan whipped cream. Bahan makanan yang satu ini umumnya digunakan untuk lapisan dan topping kue agar rasanya lebih enak dan tampilannya lebih menarik. Teksturnya yang lembut dan mengembang juga disuka, karena kue jadi terasa lebih ringan dan tidak eneg.

Tapi whipped cream umumnya dijual dengan harga yang lumayan mahal. Jadi Anda yang berniat membuat kue enak namun ekonomis mungkin akan kesulitan memasukkan whipped cream ke dalam resep Anda. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara membuat whipped cream rumahan yang tentunya lebih murah.

Whipped cream ala rumahan ini tidak perlu bahan-bahan yang rumit kok. Satu hal yang harus Anda punya adalah susu sapi full cream. Bahan lainnya tinggal sesuaikan saja dengan apa yang ada di rumah. Tertarik mencoba? Baca yuk sampai habis!

Susu dan gelatin

Bahan:

¼ cup air es dingin

10 gram gelatin bubuk tanpa rasa 

1 cup susu full cream yang berlemak

½ sendok teh perasa vanila

¼ cup gula bubuk

Cara membuat:

1. Tuangkan ¼ cup air es dingin ke dalam panci masak. Kemudian masukkan gelatin bubuk dan biarkan selama 5 menit agar gelatin menyerap air di sekitarnya.

2. Letakkan panci di atas api, dan aduk-aduk hingga gelatin larut. Setelah itu, matikan api.

3. Tuang 1 cup susu ke mangkuk besar dan campurkan dengan larutan gelatin. Kocok dengan baloon whisk hingga terbentuk gelembung-gelembung.

4. Masukkan perasa vanila dan gula bubuk, kemudian kocok lagi.

5. Masukkan ke dalam freezer selama 1 hingga 1,5 jam, dan aduk-aduk setiap 15 atau 20 menut sekali.

6. Setelah 1,5 jam dan larutan susu sudah mengental, kocok dengan mixer elektrik hingga terbentuk tekstur whipped cream. Gunakan sesuai selera.

Susu dan emulsifier

Bahan:

200 ml susu cair full cream

60 ml mentega putih cair

1 sendok teh emulsifier (SP atau Ovalett)

½ sendok teh perasa vanila

Gula bubuk sesuai selera

Cara Membuat:

1. Rebus susu dengan api sedang sampai mendidih. Masukkan ke wadah, dan campur dengan mentega cair.

2. Blender campuran susu dan mentega sampai teksturnya mengental. Letakkan dalam wadah tertutup dan simpan si lemari es selama 20-30 menit, atau sampai teksturnya lebih kental.

3. Dinginkan di freezer selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu pindahkan ke mangkuk besar, dan kocok dengan kecepatan sedang menggunakan mixer elektrik. Masukkan perasa vanila dan gula bubuk.

4. Setelah agak mengembang, baru masukkan emulsifier dan kocok dengan kecepatan tinggi selama sekitar 20 menit atau hingga teksturnya kaku. Whipped cream siap digunakan.

Selain lapisan kue, whipped cream ini bisa juga dijadikan hiasan untuk Red Velvet Cupcake, atau pelengkap minuman kekinian seperti King Mango dan Sweet Choco Mint ini lho! Follow @FiberCreme_TV di Instagram yuk untuk dapatkan resep-resep lain yang bisa Anda kreasikan dengan whipped cream ekonomis ini. Jangan lupa selalu gunakan krimer serbaguna pengganti santan dan susu FiberCreme agar makanan yang Anda buat tetep lezat dan lebih ramah untuk diet sehat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X