Simak Apa saja Minuman Untuk Asam Lambung dan Manfaatnya

Apr 5, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

Masalah asam lambung dapat dialami oleh siapa saja. Tak peduli anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Gangguan asam lambung ini tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut Anda. Beberapa orang memilih solusi minuman untuk asam lambung. Lantas apa sajakah minuman yang baik untuk asam lambung?

Minuman untuk asam lambung ketahui dulu gejala asam lambung naik

minuman untuk asam lambung

Sebelum membahas minuman untuk asam lambung, Anda wajib mengetahui dulu gejala dari asam lambung yang naik. Perlu Anda ketahui bahwa gejala dari asam lambung yang naik tidak hanya mual. Ada beberapa gejala lainnya yang wajib Anda waspadai. Apa sajakah gejalanya? Simak ulasan berikut ini.

Kesulitan menelan

Gejala pertama yang wajib Anda perhatikan yaitu kesulitan dalam menelan makanan. Perlu Anda ketahui bahwa asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan luka pada daerah tersebut. 

Luka yang timbul di kerongkongan menyebabkan saluran menyempit. Hal ini mengakibatkan Anda mengalami kesulitan dalam menelan. Baik terasa nyeri ketika menelan atau makanan yang teksturnya belum cukup lunak untuk ditelan.

Terasa nyeri pada dada

minuman untuk asam lambung

Jika Anda merasa nyeri pada bagian dada, bisa saja termasuk gejala asam lambung naik. Di awal rasa nyeri, muncul rasa terbakar pada perut bagian atas. Dari rasa terbakar ini, akan naik ke dada. Setelahnya, rasa terbakar tersebut menjadi rasa nyeri pada bagian dada Anda.

Umumnya, rasa nyeri di dada ini akan lebih terasa jika Anda sedang berbaring, membungkuk, atau setelah makan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, jangan dibiarkan saja. Bisa saja Anda mengalami gejala asam lambung naik. Jika dirasa semakin parah, segera ke dokter untuk periksa.

Radang pada kerongkongan

Ternyata radang kerongkongan juga bisa menjadi gejala asam lambung naik lho. Walaupun biasanya radang kerongkongan mengindikasikan infeksi bakteri maupun virus. Asam lambung yang naik dapat menekan bagian belakang ke kerongkongan. Tentu saja hal ini menyebabkan radang.

Mungkin Anda menganggap radang kerongkongan ini bukan masalah besar. Namun perlu Anda perhatikan apabila radang kerongkongan ini dibiarkan, dapat mengakibatkan penyakit lain. Bisa saja kerongkongan Anda mengalami kerusakan.

Rasa nyeri dan panas pada kerongkongan

Tahukah Anda bahwa asam lambung yang naik dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan kerongkongan? Kerusakan esofagus ini nantinya akan menimbulkan rasa nyeri dan sensasi panas di bawah tenggorokan dan dada Anda. 

Jika dibiarkan lebih lama, kenaikan asam lambung ke lapisan kerongkongan ini akan menyebabkan peradangan. Tentu saja kerongkongan berisiko mengalami luka jika kondisinya seperti ini.

Bau mulut

Bau mulut juga menjadi salah satu gejala asam lambung naik lho. Kerongkongan yang mengalami masalah karena gejala GERD akan menutup dan membuka tidak sesuai dengan fungsinya. Hal ini menyebabkan asam mengalir naik ke tenggorokan. Zat asam yang naik nantinya akan menimbulkan bau mulut.

Sendawa

Sendawa adalah salah satu cara tubuh membuang gas yang berlebih melalui saluran pencernaan bagian atas. Jika Anda menelan udara berlebih, maka normal jika Anda mengalami sendawa. 

Namun, beda cerita jika Anda mengalami sendawa secara terus-menerus. Sebanyak dua kali atau lebih dalam waktu yang berdekatan. Bisa saja hal tersebut menjadi gejala asam lambung naik.

Mulut terasa asam

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa bau mulut yang asam menandakan cairan asam naik ke kerongkongan. Tentunya Anda juga akan merasakan rasa asam di mulut jika cairan asam naik ke kerongkongan. Anda dapat menghindari hal ini dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menjalani pola hidup sehat.

5 Jenis Minuman untuk asam lambung

minuman untuk asam lambung

Setelah mengetahui gejala asam lambung naik, lanjut ke topik berikutnya yakni minuman untuk asam lambung. Minuman untuk penderita asam lambung mudah untuk diperoleh. Anda dapat membelinya di supermarket atau apotik terdekat.

Berikut adalah daftarnya.

Minuman untuk asam lambung contohnya Teh herbal

Minuman yang direkomendasikan untuk masalah asam lambung adalah teh herbal. Teh herbal dapat membantu masalah pada asam lambung yang meningkat. Tidak hanya masalah asam lambung. Rupanya teh herbal juga bisa menangani masalah perut lainnya seperti gas lambung dan mual.

Produk teh herbal sudah banyak dijual di pasaran. Anda dapat menemukan produk teh herbal di apotik terdekat jika tidak menemukannya di supermarket. Pastikan Anda membaca aturan pakai produk teh herbal yang Anda beli. Teh herbal memang menyehatkan, namun jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik. Anda harus menyesuaikan dengan kondisi yang dialami.

Susu rendah lemak

Minuman untuk asam lambung lainnya yang bisa Anda coba adalah susu rendah lemak. Susu sapi memang mengandung banyak lemak. Namun, ada juga produk susu sapi yang rendah lemak. Tentu saja Anda dapat menemukan produk ini dengan mudah di supermarket.

Susu yang mengandung lemak tinggi justru akan memperburuk asam lambung Anda. Sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman jika sedang mengalami masalah asam lambung. Pemilihan makanan dan minuman malah membuat kondisi Anda bertambah buruk. 

Minuman untuk asam lambung adalah Susu nabati

Susu nabati juga bisa menjadi alternatif jika Anda tertarik. Susu nabati dapat dijadikan alternatif minuman untuk asam lambung untuk Anda yang tidak toleran terhadap laktosa. Sudah banyak produk susu nabati yang dapat Anda jumpai. Misalnya seperti susu kedelai, susu almond, dan susu rami. Ketiga susu nabati ini memiliki manfaat  yang baik untuk masalah asam lambung.

Minuman untuk asam lambung bisa dari Jus buah

Tidak sembarang jus buah bisa dikonsumsi penderita masalah asam lambung. Anda tidak bisa mengonsumsi jus yang berasal dari buah dengan kandungan asam yang tinggi. Jus jeruk, jus apel, jus nanas mengandung kadar asam yang tinggi. Anda tidak disarankan mengonsumsi jus buah tersebut selama mengalami masalah asam lambung. 

Namun jangan khawatir, masih ada beberapa jus yang bisa Anda konsumsi. Misalnya jus wortel, jus buah naga, dan jus kubis. Tentunya ketiga jus tersebut aman untuk lambung Anda.

 Air kelapa

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengatasi masalah asam lambung. Produk ini dapat Anda temui baik di supermarket maupun apotek.

Tahukah Anda bahwa air kelapa merupakan sumber elektrolit yang baik untuk tubuh Anda? Elektrolit ini nantinya akan menjaga keseimbangan kadar pH di dalam tubuh. Manfaat air kelapa ini tentunya sangat efektif untuk mengatasi masalah asam lambung. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih setelah mengkonsumsi minuman untuk asam lambung.

Demikianlah gejala serta minuman untuk asam lambung yang bisa Anda coba. Apabila masalah asam lambung yang Anda alami semakin parah, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter. Masalah asam lambung tidak bisa dianggap sepele. Harus ditangani secara cepat agar tidak menimbulkan penyakit lainnya. 

Temukan informasi lainnya seputar makanan dan minuman untuk kesehatan di blog kami. Kunjungi sekarang untuk menemukan rekomendasi makanan dan minuman sehatnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...