Ini 5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Jul 17, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Penderita asam lambung memang harus sedikit pilih-pilih soal makanan. Karena jika salah makan, bisa-bisa asam lambung naik dan mengakibatkan keluhan yang lebih parah.

Ketika kambuh, penyakit asam lambung yang umum diketahui sebagai GERD atau gastroesophageal reflux diseases ini bisa menimbulkan nyeri ulu hati hingga sensasi perih di dada. Jadi daripada harus merasakan ketidaknyamanan seperti ini, penderita asam lambung lebih baik mulai menerapkan diet yang sesuai dan menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan produksi asam lambung.

Lalu seperti apa sih makanan yang baik untuk penderita asam lambung? Berikut ini 5 contoh makanan yang mudah didapat dan bisa disertakan dalam diet Anda.

Buah-buahan

penyakit asam lambung

Banyak jenis buah-buahan memiliki kandungan antioksidan bernama polifenol. Kandungan ini dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat luka yang timbul di lambung karena naiknya produksi asam lambung. Beberapa jenis buah yang tinggi polifenol dan ramah terhadap asam lambung termasuk buah beri, apel, anggur, dan delima.

Namun perlu diingat tidak semua buah aman untuk penderita asam lambung ya! Anda yang memiliki penyakit ini sebaiknya menghindari jenis buah sitrus seperti jeruk yang memiliki kadar asam tinggi.

Sayuran

penyakit asam lambung

Sayuran dipercaya memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung dan memperbaiki sistem pencernaan. Sayuran yang bisa Anda konsumsi termasuk sayuran hijau seperti brokoli, selada, dan kale, serta makanan sehat lain seperti kembang kol, kentang, buncis, dan lain-lain.

Tapi pastikan Anda mengonsumsi sayur mayur yang sudah diolah ya, karena sayur-sayuran mentah akan lebih sulit dicerna.

Daging tanpa lemak

penyakit asam lambung

Lemak adalah salah satu jenis makanan yang lebih baik dihindari penderita asam lambung. Jadi saat ingin mengonsumsi daging, baik ayam, sapi maupun ikan, penderita asam lambung sebaiknya memilih jenis yang tanpa lemak dan tanpa kulit. Kemudian masak dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar daripada digoreng.

Tumbuhan herbal

Bahan-bahan makanan yang dibuat dari tumbuhan herbal juga dikenal bisa meringankan gejala asam lambung. Bahan-bahan tersebut termasuk jahe yang dapat meredakan peradangan dan mual; adas yang menurunkan asam lambung dengan menetralkan pH lambung; dan lidah buaya yang bisa mengurangi peradangan dengan membuat lapisan di dinding lambung.

Makanan berserat tinggi

 

Serat dipercaya bisa menyerap asam lambung sehingga gejala penyakit ini bisa diredakan. Selain itu, serat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah Anda makan berlebihan, salah satu hal yang berkontribusi terhadap rasa nyeri ulu hati.

Makanan berserat tinggi disini termasuk oatmeal, yogurt, kacang-kacangan, dan gandum. Bahkan kebaikan serat ini juga bisa didapat dari bahan makanan tambahan seperti FiberCreme, krimer serbaguna dengan serat tumbuhan singkong sebagai bahan utamanya

Selain tinggi serat, FiberCreme juga rendah lemak dan rendah gula. Jadi bukan hanya dapat mencegah asam lambung, FiberCreme juga dapat memperlancar pencernaan, membantu diet rendah lemak, dan menjaga gula darah lebih stabil.

0 Komentar

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Gak Makan Cokelat Karena Takut Jerawat? Rugi Dong!

Makan cokelat bikin jerawat? Memang ada beberapa yang jadi jerawatan setelah makan cokelat. Tapi kemungkinan sih itu cuma kebetulan.

Katanya Sering Ngemil Gak Baik untuk Tubuh. Padahal…

Cemilan jadi salah satu jenis makanan yang paling dihindari kala kamu sedang diet. Padahal, gak semua cemilan menimbulkan efek yang gak baik untuk tubuh.

Libur Olahraga, Siap-Siap Otot Kamu Jadi Lemak

Otot yang sudah susah-susah kamu bentuk emang bisa berubah jika kamu berhenti berolahraga. Tapi bukan berubah jadi lemak seperti kata mitos ya!

Rendah Lemak Belum Tentu Baik Karena…

Makanan yang dilabeli “rendah lemak” ternyata belum tentu lebih sehat! Ini lho penjelasannya.

Cuka Apel Bantu Bakar Lemak? Pikir Lagi!

Cuka apel jadi salah satu bahan yang belakangan ini banyak dipilih orang, untuk program diet. Mitos ini setengah salah dan setengah benar lho!

Telur Memang Mengandung Kolesterol, Tapi…

Bahan makanan yang satu ini memang mengandung kolesterol, tapi tidak ada bukti cukup yang menyebut kolesterol dari telur bisa mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Makan Malam Hari Gak Bikin Gemuk Kok

Kita mungkin sering diberitahu bahwa makan malam bisa menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata pendapat ini salah lho.

Jadwal Kegiatan

august

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X