Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Tepung Sagu, Tapioka dan Maizena

Jan 31, 2020 | Artikel | 2 Komentar

Anda yang baru belajar masak mungkin sudah terbiasa dengan tepung terigu. Tapi bagaimana dengan tepung-tepung lain, seperti sagu, tapioka dan maizena?

Ketiga jenis tepung ini memang punya penampakan yang hampir mirip. Ketika disentuh pun ketiganya punya tekstur yang hampir sama, yaitu agak kesat. Bahkan pada beberapa resep, ketiga tepung ini disebut bisa menggantikan satu sama lain.

Tapi ketiga jenis tepung ini tetap berbeda. Pada beberapa jenis masakan, fungsinya tidak bisa saling menggantikan. Jadi yuk kenalan lebih jauh dengan tepung-tepung ini, sehingga Anda nanti bisa menggunakannya pada masakan yang tepat! 

Tepung sagu

Seperti namanya, tepung sagu diperoleh dari tanaman sagu yang banyak tumbuh di daerah timur Indonesia. Batang pohon sagu yang siap diolah akan diperas sampai didapat endapan airnya. Endapan inilah yang akan diproses menjadi tepung berwarna putih agak kusam.

Olahan tepung sagu yang terkenal termasuk papeda khas Indonesia timur atau kue sagu untuk lebaran. Selain itu, tepung ini digunakan sebagai campuran makanan yang bertekstur kenyal dan kokoh, seperti pempek, siomay atau bakso. Coba olah tepung sagu Anda jadi Bakso Sapi Super Sedap atau Es Selendang Mayang ini

Tepung tapioka

Sementara itu, tepung tapioka dibuat dari pati singkong. Sering juga disebut kanji atau aci, tepung ini punya warna putih yang lebih bersih dan harga yang lebih murah daripada sagu. Ketika dolah dengan air, tapioka berubah menjadi sangat lengket dan kenyal.

Tepung ini banyak digunakan untuk membuat jajanan seperti cimol, cilok dan cireng. Selain itu, tapioka juga digunakan pada resep yang lebih modern seperti boba dan puding. Coba olah tepung tapioka Anda jadi Cimol Smoked Beef Rasa Keju atau Kue Talam Kacang Merah ini

Tepung maizena

Maizena atau tepung jagung dibuat dari biji jagung yang dikeringkan dan diubah menjadi bubuk. Jenis tepung ini lebih sering digunakan sebagai pengental kuah masakan dan custard untuk kue. Selain itu, tepung ini juga biasanya dicampurkan ke masakan yang digoreng untuk meningkatkan penyerapan minyak dan menjadikannya lebih renyah. Coba olah tepung tapioka Anda jadi isian untuk Vanilla Eclairs atau Vol Au Vent ini

Pada beberapa masakan sih memang Anda diperbolehkan untuk menggunakan salah satu tepung ini untuk menggantikan lainnya. Terutama apabila fungsinya hanya untuk mengentalkan kuah. Tapi ingat ya, hal ini tidak berlaku untuk semua resep. Untuk hasil terbaik, gunakan tepung dan takaran sesuai instruksi.

Selain menggunakan jenis tepung yang tepat, gunakan juga FiberCreme ya untuk semua masakan Anda. Selain menggantikan santan, produk ini juga bisa menggantikan susu lho agar masakan Anda lebih creamy dan nikmat dengan kadar lemak dan kalori yang tetap rendah.

2 Komentar

  1. safrudin

    kereeen, thanks informasinya

    Balas
  2. Shakila

    Kerennn

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...