Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Tepung Sagu, Tapioka dan Maizena

Jan 31, 2020 | Artikel | 1 comment

Anda yang baru belajar masak mungkin sudah terbiasa dengan tepung terigu. Tapi bagaimana dengan tepung-tepung lain, seperti sagu, tapioka dan maizena?

Ketiga jenis tepung ini memang punya penampakan yang hampir mirip. Ketika disentuh pun ketiganya punya tekstur yang hampir sama, yaitu agak kesat. Bahkan pada beberapa resep, ketiga tepung ini disebut bisa menggantikan satu sama lain.

Tapi ketiga jenis tepung ini tetap berbeda. Pada beberapa jenis masakan, fungsinya tidak bisa saling menggantikan. Jadi yuk kenalan lebih jauh dengan tepung-tepung ini, sehingga Anda nanti bisa menggunakannya pada masakan yang tepat! 

Tepung sagu

Seperti namanya, tepung sagu diperoleh dari tanaman sagu yang banyak tumbuh di daerah timur Indonesia. Batang pohon sagu yang siap diolah akan diperas sampai didapat endapan airnya. Endapan inilah yang akan diproses menjadi tepung berwarna putih agak kusam.

Olahan tepung sagu yang terkenal termasuk papeda khas Indonesia timur atau kue sagu untuk lebaran. Selain itu, tepung ini digunakan sebagai campuran makanan yang bertekstur kenyal dan kokoh, seperti pempek, siomay atau bakso. Coba olah tepung sagu Anda jadi Bakso Sapi Super Sedap atau Es Selendang Mayang ini

Tepung tapioka

Sementara itu, tepung tapioka dibuat dari pati singkong. Sering juga disebut kanji atau aci, tepung ini punya warna putih yang lebih bersih dan harga yang lebih murah daripada sagu. Ketika dolah dengan air, tapioka berubah menjadi sangat lengket dan kenyal.

Tepung ini banyak digunakan untuk membuat jajanan seperti cimol, cilok dan cireng. Selain itu, tapioka juga digunakan pada resep yang lebih modern seperti boba dan puding. Coba olah tepung tapioka Anda jadi Cimol Smoked Beef Rasa Keju atau Kue Talam Kacang Merah ini

Tepung maizena

Maizena atau tepung jagung dibuat dari biji jagung yang dikeringkan dan diubah menjadi bubuk. Jenis tepung ini lebih sering digunakan sebagai pengental kuah masakan dan custard untuk kue. Selain itu, tepung ini juga biasanya dicampurkan ke masakan yang digoreng untuk meningkatkan penyerapan minyak dan menjadikannya lebih renyah. Coba olah tepung tapioka Anda jadi isian untuk Vanilla Eclairs atau Vol Au Vent ini

Pada beberapa masakan sih memang Anda diperbolehkan untuk menggunakan salah satu tepung ini untuk menggantikan lainnya. Terutama apabila fungsinya hanya untuk mengentalkan kuah. Tapi ingat ya, hal ini tidak berlaku untuk semua resep. Untuk hasil terbaik, gunakan tepung dan takaran sesuai instruksi.

Selain menggunakan jenis tepung yang tepat, gunakan juga FiberCreme ya untuk semua masakan Anda. Selain menggantikan santan, produk ini juga bisa menggantikan susu lho agar masakan Anda lebih creamy dan nikmat dengan kadar lemak dan kalori yang tetap rendah.

1 Comment

  1. safrudin

    kereeen, thanks informasinya

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X