Ketika membuat kue atau cake, resep Anda mungkin menyebut penggunaam bahan pengemulsi. Di pasaran sendiri, pengemulsi memiliki beberapa jenis termasuk yang paling umum kita tahu adalah Ovalett, SP dan TBM.

Selain warna dan nama, hampirtidak ada lagi perbedaan mencolok di antara ketiga bahan ini. Teksturnya mirip. Kegunaannya pun hampir sama, yaitu melembutkan kue. Tapi tentu saja perbedaan nama ini memiliki maksud. Jadi ketiga bahan ini memiliki penyebutan yang berbeda-beda karena komposisinya pun berbeda. Begitu juga dengan peruntukannya.

Penasaran bagaimana bedanya dan pengemulsi mana yang cocok untuk kue yang sudah Anda rencanakan untuk buat?

SP

SP umumnya ditambahkan untuk adonan dengan telur yang dikocok hingga mengembang dan kaku. Dengan kandungan ryoto ester atau gula ester seperti sterat, palmitic dan oleic, SP berfungsi untuk menyatukan adonan agar tidak mudah turun. Bahan ini kebanyakan digunakan untuk kue-kue dengan tekstur yang kering seperti bolu dan cake.

Ovalett

Ovalett mengandung mono and digliserida yang bercampur dengan lemak hewani. Jadi ada baiknya bagi para muslim untuk lebih waspada tentang sertifikasi halal pada ovalett.

Sama seperti SP, ovalett berfungsi untuk membantu adonan lebih tercampur agar tidak mudah turun. Bedanya ovalett akan menghasilkan kue dengan tekstur yang lebih lembut dan basah, seperti kue lapis.

TBM

Sebenarnya, ovalett dan TBM memiliki komposisi dan kegunaan yang hampir sama. Anda bisa menggunakan ovalett sebagai pengganti TBM dan sebaliknya pada resep-resep kue. Namun dengan komposisi yang lebih kompleks daripada ovalett, TBM umumnya digunakan untuk memperbaiki tekstur adonan agar tidak pecah saat Anda menambahkan tepung ke adonan mentega dan gula yang sudah dikocok hingga mengembang dengan telur.

 

Meski beda, ketiga bahan ini punya takaran yang relatif sama yaitu satu sendok teh untuk setiap 5 butir telur. Jadi, mana pengemulsi yang Anda butuhkan untuk kegiatan baking hari ini? Untuk Anda yang masih berusha menemukan ide bikin kue, cek saja resep-resep ala FiberCreme di sini dan di sini. Punya resep kue yang ingin Anda bagi? Download Enakpedia di sini dan mulai berbagi resep an selesaikan misi lainnya untuk dapatkan hadiah menarik.

X