Sama-Sama Pengemulsi, Ini Beda Komposisi dan Cara Pakai Ovalett, SP dan TBM

Mei 15, 2020 | Artikel | 18 Komentar

Ketika membuat kue atau cake, resep Anda mungkin menyebut penggunaam bahan pengemulsi. Di pasaran sendiri, pengemulsi memiliki beberapa jenis termasuk yang paling umum kita tahu adalah Ovalett, SP dan TBM.

Selain warna dan nama, hampirtidak ada lagi perbedaan mencolok di antara ketiga bahan ini. Teksturnya mirip. Kegunaannya pun hampir sama, yaitu melembutkan kue. Tapi tentu saja perbedaan nama ini memiliki maksud. Jadi ketiga bahan ini memiliki penyebutan yang berbeda-beda karena komposisinya pun berbeda. Begitu juga dengan peruntukannya.

Penasaran bagaimana bedanya dan pengemulsi mana yang cocok untuk kue yang sudah Anda rencanakan untuk buat?

SP

SP umumnya ditambahkan untuk adonan dengan telur yang dikocok hingga mengembang dan kaku. Dengan kandungan ryoto ester atau gula ester seperti sterat, palmitic dan oleic, SP berfungsi untuk menyatukan adonan agar tidak mudah turun. Bahan ini kebanyakan digunakan untuk kue-kue dengan tekstur yang kering seperti bolu dan cake.

Ovalett

Ovalett mengandung mono and digliserida yang bercampur dengan lemak hewani. Jadi ada baiknya bagi para muslim untuk lebih waspada tentang sertifikasi halal pada ovalett.

Sama seperti SP, ovalett berfungsi untuk membantu adonan lebih tercampur agar tidak mudah turun. Bedanya ovalett akan menghasilkan kue dengan tekstur yang lebih lembut dan basah, seperti kue lapis.

TBM

Sebenarnya, ovalett dan TBM memiliki komposisi dan kegunaan yang hampir sama. Anda bisa menggunakan ovalett sebagai pengganti TBM dan sebaliknya pada resep-resep kue. Namun dengan komposisi yang lebih kompleks daripada ovalett, TBM umumnya digunakan untuk memperbaiki tekstur adonan agar tidak pecah saat Anda menambahkan tepung ke adonan mentega dan gula yang sudah dikocok hingga mengembang dengan telur.

 

Meski beda, ketiga bahan ini punya takaran yang relatif sama yaitu satu sendok teh untuk setiap 5 butir telur. Jadi, mana pengemulsi yang Anda butuhkan untuk kegiatan baking hari ini? Untuk Anda yang masih berusha menemukan ide bikin kue, cek saja resep-resep ala FiberCreme di sini dan di sini. Punya resep kue yang ingin Anda bagi? Download Enakpedia di sini dan mulai berbagi resep an selesaikan misi lainnya untuk dapatkan hadiah menarik.

18 Komentar

  1. Noer

    saya mau buat martabak manis, apa bisa ditambahkan bahan2 tsb, bagaimana perbandingannya? Terimakasih

    Balas
    • Vivi Pristian

      bisa banget kak. Kakak bisa gunakan perbandingan 1:3 untuk menggantikan santan kental atu 1:5 untuk menggantikan santan encer atau susu yaaa

      Balas
  2. bk

    Bagusnya yg tbm ovslet atau sp.kak?
    Thx

    Balas
    • Vivi Pristian

      Hai kak, utk ovalet maupun sp sama saja yaa. Terima kasih.

      Balas
  3. Lisdawati

    Saya punya tbm rajawali 30 grm, berapa takaran untuk bolu kukus mekar 1 kg? Terima kasih

    Balas
    • Vivi Pristian

      Halo kak, terima kasih sudah menghubungi FiberCreme. Untuk itu, kakak bisa gunakan sekitar 4sdt sp atau tbm ya. Untuk mendapatkan inspirasi resep sehat dan menarik, kakak bisa follow Instagram @FiberCreme_tv atau Youtube Ellenka ya.
      Terima kasih.

      Balas
  4. Anggita

    Kalo 1 sdt sp untuk 5 telur berarti ukuran tepungnya berapa gram Kaka..?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Hai bunda Anggita, kira-kira untuk takaran tepungnya 180-200 gr ya. Tergantung lagi diperuntukkan untuk membuat apa. Untuk membuat apakah bund jika boleh tahu?

      Balas
    • Diki Handika

      Mau tanya ka kalo buat adonan pancong lumer pakai apa yah dan takaran berapa banding brp terimakasih ka.

      Balas
      • Vivi Pristian

        Halo bund, untuk resep lengkapnya bisa dicek di Instagram @FiberCreme_tv yaaa, lengkap dengan video masaknya 🙂

        Balas
  5. ibnu

    kak, kalau untuk adonan keu bolu kukus 2 telur, kira2 1 sdt sp itu berapa gram ya kalau ditimbang?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Halo kak Ibnu, untuk 2 telur bisa menggunakan 0,5 sdt SP yaa.
      Untuk tarakan 0,5 sdt = 3 gram yaa.

      Balas
  6. Kurniadi

    Min untuk Takaran 1 Kg Tepung brp banyak pemakaian SP?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Halo kak Kurniadi, untuk takaran 1 kg tepung, kurang lebih menggunakan 1,5 sdt SP yaa.

      Balas
      • Aldo

        Adonan saya 1 kg tepung 8 telur.. Cukup pakai 1.t sdt yah Kak?

        Balas
        • Vivi Pristian

          Betul kak

          Balas
    • Tri

      Kak untuk membuat adonan pukis sebaiknya pakai SP ovalet ato tbm agar lembut

      Balas
      • Vivi Pristian

        Halo bunda Tri, ini untuk adonan pukis berapa gram ya bund?
        Kalo untuk adonan pukis 1kg bisa menggunakan sp 1 sdm yaa.

        Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...