Perbedaan Susu Kental Manis dan Krimer yang Perlu Kamu Perhatikan

Des 22, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

perbedaan susu kental manis dan krimer

Perbedaan susu kental manis dan krimer memang cukup menjadi perhatian banyak peminat susu. Beberapa waktu yang lalu, memang santer terdengar kabar yang menyatakan bahwa susu kental manis bukanlah susu atau tidak mengandung susu sama sekali. Hal ini tentu saja memancing banyak reaksi yang membuat banyak ahli pun ikut berbicara berdasarkan keahlian yang dimilikinya. 

Dari mulai anggota DPR, ahli gizi, sampai tim dari BPOM pun memberikan pernyataan. Nah, berikut merupakan perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Susu Kental Manis dan Krimer

Banyak pihak yang merasa kelimpungan didera kabar tentang kandungan susu kental manis dan krimer. Ada yang menelan mentah-mentah berita tersebut, namun tidak sedikit juga yang langsung mencari jawaban terkait bedanya susu kental manis dan krimer. Berikut ini perbedaan antara susu kental manis dan krimer yang perlu kamu tahu:

Bahan Pembuatnya

Berdasarkan bahan pembuatannya, maka susu merupakan bahan yang dasar yang digunakan untuk pembuatan susu kental manis. Sedangkan krimer kental manis terbuat dari protein nabati. Dalam susu kental manis, sudah pasti ada kandungan susunya. Setiap produk susu kental manis tidak sama kandungan susunya. Ada yang porsinya banyak, ada yang sedikit. 

Sedangkan krimer, belum tentu memiliki kandungan susu di dalamnya. Proses pembuatan keduanya hampir sama. Karena pada dasarnya krimer dan SKM (Susu Kental Manis) dibuat dengan mengentalkan susu dan bahan lainnya dengan gula. 

Sampai dicapai tingkat kekentalan tertentu. Pada susu kental manis, kadar gula dan susu yang terkandung didalamnya dikurangi. Sedangkan pada krimer, ditambahkan lemak nabati agar nantinya didapatkan rasa dan tekstur yang khas.

Berdasarkan Cita Rasa

Nah, seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa susu kental manis memang sudah pasti mengandung susu karena memang sudah ketentuannya harus seperti itu. Sedangkan krimer belum tentu memiliki kandungan susu di dalamnya. Dengan demikian, perbedaan susu kental manis dan krimer kental manis bisa dilihat dari segi rasa. 

Pada susu kental manis akan kita dapatkan dan rasakan rasa susu yang tajam maupun ringan. Juga akan terasa lebih manis pastinya. Pada krimer sendiri rasanya cenderung lebih gurih karena ada penggunaan lemak nabati di dalamnya. Walau terkadang ada kandungan susu dalam krimer, namun umumnya hanya sedikit sekali dibandingkan bahan lainnya. 

Penggunaan

Lanjut dari sisi penggunaan. Susu kental manis banyak dibuat untuk cake yang menggoda. Kamu yang sedang dalam program diet, penggunaan susu kental manis harus yang diperhatikan, ya. Bisa-bisa diet sehat kamu terbengkalai karena susu kental manis memang cukup banyak mengandung gula. Dalam satu sachet susu kental manis 40 gram, ternyata mengandung 128 kalori. Setara apa ya, 128 kalori itu?

Kandungan Protein Di Dalamnya

Tidak terlalu sulit mencari krimer dengan kualitas terbaik. Anda bahkan bisa membeli krimer dengan merk FiberCreme, yang sudah banyak dijual di Indonesia. Kandungan protein dalam krimer adalah protein nabati atau protein hewani. Sedangkan dalam susu kental manis tentunya karena terbuat dari susu sapi baik bubuk maupun susu segar. Sehingga pada susu SKM, akan kamu temukan protein hewani. 

Kadar Susu yang Terkandung

Ada kandungan gizi baik yang makro maupun yang mikro karena adanya kandungan susu pada susu kental manis.  Jika kamu penasaran jenis susu apa yang digunakan, ada dua kemungkinan. Yaitu susu bubuk atau susu ternak. Bila digambarkan, bersepeda selama 25 menit membakar 100 kalori. Berenang selama 10 menit membakar 100 kalori.  Menyiapkan makan malam selama 40 menit membakar 100 kalori. Menyetrika 33 menit membakar 100 kalori. Membersihkan rumah 28 menit terkuras 100 kalori. Mirisnya, hanya dengan minum satu sachet susu kental manis, maka kamu akan menambah 128 kalori. 

Minumnya hanya beberapa detik, namun ditukar dengan kalori yang berlipat ganda. Oops.. lalu bagaimana dengan krimer? Sebagaimana yang dijelaskan oleh Tetty Helfery Sihombing  Direktur Pengawasan Pangan dan Teknologi Baru, disebutkan bahwa kandungan yang terdapat dalam krimer kental manis dapat mengandung keduanya, yaitu krim dan susu. 

Bisa juga tanpa tambahan susu. Intinya, kandungan krimer itu serba nabati. Jadi untuk program diet yang rendah gula dan kalori, produk krimer kental manis terbaik. Lebih tepatnya, jauh lebih baik daripada susu kental manis. Yang jelas, krimer kental manis kandungan susunya lebih sedikit dari susu kental manis.

Untuk mengetahui kandungan jelasnya, kamu bisa cek di label kemasan susu kental manis dan krimer kental manis juga. BPOM dalam aturannya tahun 2016 No. 21 menegaskan bahwa campuran air serta gula dalam susu kental manis harus punya padatan susu sekitar 20%.

FiberCreme krimer serbaguna bisa untuk menggantikan susu juga! 

Lalu bagaimana solusi untuk orang yang mungkin menderita penyakit degeneratif seperti diabetes yang tidak boleh mengkonsumsi gula? Bagaimana juga dengan penyakit lainnya seperti jantung, obesitas, kolesterol? 

Mereka yang menderita penyakit-penyakit di atas memang cukup kesulitan untuk menikmati makanan enak. Seperti makanan khas Indonesia sangat banyak yang mengandung santan, gula, lemak, dan juga tinggi kalori. Banyak menu khas Indonesia  enak yang kadar seratnya diragukan.

Untuk masalah di atas, kami produsen FiberCreme menyediakan solusi tepat untuk masalah menikmati cita rasa super enak. Produk ini merupakan produk andalan pengganti susu dan santan. Rasanya yang gurih sangat cocok digunakan sebagai campuran makanan tanpa mengurangi rasa. 

fibercreme untuk kopi

Kandungan tinggi serat untuk memperlancar pencernaan dan metabolisme bisa didapatkan dengan menambahkan FiberCreme. Menu-menu bersantan seperti rendang, bisa kamu nikmati dengan bebas dengan mengganti santan dengan FiberCreme. Rasa gurih amis seperti susu nya juga bisa kamu rasakan pada produk ini, lho. Memang masalah diet sehat seringkali menjadi kendala karena kebanyakan orang tidak dapat menahan kehampaan cita rasa pada menu diet yang disantap. 

Akhirnya mereka kembali menikmati menu-menu tak sehat dengan kandungan tinggi lemak, tinggi kalori, tinggi gula, dan rendah serat. Dari awalnya hanya cheating sedikit, lama kelamaan kembali ke kebiasaan lama dan pada akhirnya gagal serta kembali ke keadaan semula. 

Lalu, dimana bisa ditemukan produk keren FiberCreme ini? Pastikan untuk mengakses website ini, jika ingin menemukan produk andalan kami yang bisa membuat diet kamu anti gagal. Untuk melihat resep-resep cetar dan pastinya sehat, kamu bisa kunjungi website kami. Dijamin bakal ketagihan. 

Pasalnya, resep-resep sehat nan lezat dan telah diuji coba di dapur kami, akan membuat lidah kamu ketagihan. Demikianlah uraian terkait perbedaan susu kental manis dan krimer yang perlu diketahui. Sekarang kamu gak usah pusing lagi ya dengan kandungan yang terdapat di dalam keduanya. Yuk, beli FiberCreme sekarang!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...