Lapar Atau Stres? Cek 5 Cara Mengatasi Stress Eating!

Jul 8, 2024 | Artikel, Update | 0 Komentar

Di era modern ini, kita makan bukan hanya karena lapar. Ada juga yang dinamakan stress eating atau emotional eating, yaitu makan karena ada perasaan tertekan atau stres. Hal ini terjadi juga pada kalian? Yuk cari tahu apa itu stress eating dan bagaimana cara mengatasinya!

Stress eating jadi fenomena yang semakin biasa terjadi

Berbagai macam tuntutan kehidupan di dunia yang serba cepat ini jadi salah satu faktor utama penyebab stres. Tidak tiap orang memiliki manajemen stres yang baik, sehingga mereka cenderung mengadopsi hal-hal yang tidak sehat sebagai pelarian.

Pada stress eater, makanan dianggap bisa memberikan efek “mati rasa” yang mengalihkan seseorang dari permasalahannya. Bahkan pada beberapa orang, makanan bisa mempengaruhi syaraf seperti obat-obatan.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa makanan tinggi gula bisa memiliki efek yang sama seperti heroin atau kokain untuk melepaskan dopamin yang menciptakan rasa bahagia.

Bahayanya stress eating dan 5 cara mengatasinya

Sama seperti obat-obatan tersebut, stress eating lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaat. Jika dilakukan terus menerus, stress eating akan berujung pada obesitas. Kemudian diikuti penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes, dan lain-lain.

Untuk menghindarinya, yuk hindari stress eating dengan cara-cara berikut:

1. Cari penyebab stress

Temukan pemicu stres kalian dan kelola dengan baik. Cari bantuan dari ahlinya jika diperlukan atau lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran.

2. Meminimalisir akses ke makanan

Hindari menyimpan makanan tidak sehat di rumah atu menempatkannya di tempat yang mudah terlihat oleh mata. Ganti makanan-makanan itu dengan opsi yang lebih sehat, seperti potongan buah, keripik sayur, atau kacang almond. Tapi ingat untuk memakannya dalam porsi wajar ya.

3. Pikirkan dampak jangka panjangnya

Menurut penelitian, makanan seperti comfort food menimbulkan kesenangan yang hanya berlangsung selama tiga menit. Jadi sebelum mengonsumsinya, tanyakan dulu pada diri sendiri apakah tiga menit rasa senang itu sepadan dengan efek jangka panjang dari makanan.

4. Mencoba aktivitas baru

Alihkan keinginan untuk makan dengan aktivitas lain seperti olahraga adan melakukan hobi. Jika bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, tidak ada salahnya mencoba aktivitas baru. Atau tantang diri kalian untuk pergi ke tempat baru dan melakukan hal-hal yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya.

Baca Juga : Yakin Masih Lapar? Ini Lho 6 Tanda Tubuh Sebenarnya Sudah Kenyang

5. Penuhi kebutuhan gizi

Saat makan, usahakan mengisi perut hingga kenyang dengan makanan yang bergizi. Daripada makanan berkalori tinggi tapi nol nutrisi, konsumsi sumber protein dan lemak baik seperti telur, daging tanpa lemak, dan alpukat.

Barengi dengan konsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat. Protein, lemak baik, dan serat akan membuat lebih cepat merasa kenyang sehingga kalian bisa menghindari makan berlebihan.

Makanan sehat bukan favorit kalian? Coba dulu olah bahan-bahan sehatnya dengan FiberCreme yang siap membuat makanan apapun jadi lebih enak dan sehat.

Dibuat dari ekstrak umbi-umbian dan minyak kelapa yang sehat, FiberCreme memberikan rasa creamy sekaligus serat yang baik untuk pencernaan. FiberCreme juga memiliki 0mg kolesterol, kandungan gula yang rendah, indeks glikemik yang rendah, dan bebas dari laktosa.

FiberCreme yang serbaguna juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang mengurangi atau tidak bisa mengonsumsi santan ataupun produk dairy seperti susu, krimer, dan krim masak. Larutkan dulu FiberCreme di air hangat atau langsung tuang ke dalam masakan, dan rasakan makanan sehat yang nikmat.

Mau tahu lebih banyak tentang FiberCreme? Cek di sini atau follow Instagram @FiberCreme. Dapatkan juga inspirasi masakan #EnakBisaSehat dengan follow @FiberCreme_TV.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Bukan Cuma Sembelit, Ini 4 Akibat Lain Kalau Anak Kekurangan Serat

Kekurangan serat bukan hanya masalah untuk orang dewasa. Faktanya, anak-anak pun mengalami masalah ini. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan 2018 kemarin, 9 dari 10 anak mengalami kekurangan serat. Mereka rata-rata hanya mengonsumsi 4,7 gram serat per hari....

Apa Itu Real Food? Katanya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho!

Di tengah semakin banyaknya orang yang beralih ke gaya hidup sehat, banyak juga muncul istilah asing tentang diet. Salah satunya adalah "real food," yang dipercaya bisa mendukung gaya hidup sehat. Bahkan, kita mengatakan bahwa real food bisa mendukung program...

Yakin Masih Lapar? Ini Lho 6 Tanda Tubuh Sebenarnya Sudah Kenyang

Tubuh menciptakan  rasa lapar untuk memberi tahu kita ini saatnya untuk makan. Tubuh juga memberi tahu kita untuk berhenti makan saat sudah kenyang. Tapi kesibukan dan banyak hal lainnya membuat kita mengabaikan tanda tubuh sebenarnya sudah kenyang. Akibatnya, kita...

Jus dan Smoothie, Mana yang Lebih Baik Buat Diet?

Jus dan smoothie banyak jadi pilihan untuk orang-orang yang sedang diet atau ingin hidup lebih sehat. Dengan minum jus dan smoothies, konon kita bisa mendapatkan semua manfaat buah dan sayuran secara lebih mudah dan nikmat. Tapi apa benar begitu? Jus dan smoothie itu...

Jangan Lakukan! 5 Olahraga Ini Bukan untuk Penderita Obesitas

Penderita obesitas biasanya juga disarankan untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan melakukan olahraga untuk membakar kelebihan kalori. Tapi ternyata, penderita obesitas tidak boleh melakukan semua jenis olahraga! Para ahli sangat tidak menyarankan penderita...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...