Jangan Pernah Cuci 5 Bahan Makanan Ini!

Apr 19, 2019 | Artikel, Berita | 0 Komentar

Jangan Pernah Cuci 5 Bahan Makanan Ini!

Apr 19, 2019 | Artikel, Berita

Setelah pulang dari pasar, kebanyakan dari Anda pasti akan berhenti di depan wastafel dulu dan meletakkan barang belanjaan Anda disana. Untuk memastikan kebersihan dan higienitasnya, pasti ada buah, daging, sayuran, dan makanan lain yang akan Anda cuci sampai bersih sebelum disimpan di lemari es.

Tapi ternyata tidak semua bahan makanan itu harus dicuci lho! Berdasarkan data yang dirangkum oleh theepochtimes.com, bukannya bersih, ada beberapa jenis makanan yang justru akan rusak atau jadi sumber penyakit setelah terkena air. Bagian paling buruknya, Anda mungkin sudah terbiasa mencuci bahan-bahan yang tidak boleh dicuci ini. Baca sampai selesai ya, agar Anda makin tahu bahan makanan mana saja yang bisa langsung disimpan!

1. Daging putih mentah

Daging ayam atau ikan yang Anda beli di pasar memang dipenuhi bakteri. Tapi mencuci daging mentah bukanlah solusi terbaik, karena air yang Anda gunakan tidak bisa membunuh bakteri-bakteri tersebut. Justru dengan dicuci, bakteri dari daging bisa dengan mudah menyebar ke seluruh permukaan dapur Anda. Bayangkan Anda menggunakan permukaan yang sama ketika menyiapkan bahan makanan lain!

 

2. Daging merah

Sama hanya dengan daging unggas, daging merah seperti daging sapi juga lebih baik disimpan tanpa dicuci karena bakteri di dalamnya tidak akan mati hanya dengan air biasa. Selain itu, air juga bisa merusak cita rasa daging dan teksturnya.

[show_more more=”Show More” less=”Show Less”]

3. Jamur

Walaupun gatal pengen membersihkan kotoran yang menempel di jamur yang kamu beli, jangan pernah mencuci bahan makanan yang satu ini. Jamur termasuk sangat cepat menyerap air, dan kelembaban yang berlebihan bisa merusak tekstur serta mempercepat proses pembusukannya. Untuk membersihkan jamur dari kotoran, Anda cukup gunakan tissue dapur kering atau kuas. Cuci hanya ketika Anda siap untuk menggunakannya.

 

4. Telur

Secara alami, telur memiliki lapisan yang bisa menghambat bakteri untuk hidup di cangkangnya. Dan mencucinya justru akan menghilangkan lapisan ini dan mempermudah kontaminasi bakteri. Anda perlu tahu juga bahwa kebanyakan telur yang kemas di pabrik memang melalui proses pencucian yang menghilangkan lapisan ini. Tapi lapisan ini kemudian diganti dengan lapisan minyak tipis yang berfungsi sama.

 

5. Pasta

Mencuci pasta sebelum dimasak memang hal yang jarang dilakukan, karena pasta kebanyakan dijual dalam bentuk kering dan wadah tertutup rapat sehingga higienitasnya tidak diragukan. Tapi ada banyak orang yang mencuci atau merendam pasta mereka dengan air dingin setelah dimasak. Padahal, pencucian ini bisa menghilangkan pati yang membuat saus menempel pada pasta.

Dari daftar diatas, bahan makanan mana yang sering Anda cuci? Karena sekarang udah tahu apa saja yang bisa langsung disimpan di lemari es atau langsung dimasak, Anda jadi bisa lebih irit air, tenaga dan waktu kan? Dapur jadi lebih bersih juga, dan bahan makanan yang Anda beli jadi lebih awet sehingga bisa diolah jadi macam-macam masakan enak buat keluarga dengan resep-resep inovatif yang bisa Anda temukan di instagram @FiberCreme_TV dan disini.

(*)
[/show_more]

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...