Jangan Pernah Cuci 5 Bahan Makanan Ini!

Apr 19, 2019 | Artikel, Berita | 0 Komentar

Jangan Pernah Cuci 5 Bahan Makanan Ini!

Apr 19, 2019 | Artikel, Berita

Setelah pulang dari pasar, kebanyakan dari Anda pasti akan berhenti di depan wastafel dulu dan meletakkan barang belanjaan Anda disana. Untuk memastikan kebersihan dan higienitasnya, pasti ada buah, daging, sayuran, dan makanan lain yang akan Anda cuci sampai bersih sebelum disimpan di lemari es.

Tapi ternyata tidak semua bahan makanan itu harus dicuci lho! Berdasarkan data yang dirangkum oleh theepochtimes.com, bukannya bersih, ada beberapa jenis makanan yang justru akan rusak atau jadi sumber penyakit setelah terkena air. Bagian paling buruknya, Anda mungkin sudah terbiasa mencuci bahan-bahan yang tidak boleh dicuci ini. Baca sampai selesai ya, agar Anda makin tahu bahan makanan mana saja yang bisa langsung disimpan!

1. Daging putih mentah

Daging ayam atau ikan yang Anda beli di pasar memang dipenuhi bakteri. Tapi mencuci daging mentah bukanlah solusi terbaik, karena air yang Anda gunakan tidak bisa membunuh bakteri-bakteri tersebut. Justru dengan dicuci, bakteri dari daging bisa dengan mudah menyebar ke seluruh permukaan dapur Anda. Bayangkan Anda menggunakan permukaan yang sama ketika menyiapkan bahan makanan lain!

 

2. Daging merah

Sama hanya dengan daging unggas, daging merah seperti daging sapi juga lebih baik disimpan tanpa dicuci karena bakteri di dalamnya tidak akan mati hanya dengan air biasa. Selain itu, air juga bisa merusak cita rasa daging dan teksturnya.

[show_more more=”Show More” less=”Show Less”]

3. Jamur

Walaupun gatal pengen membersihkan kotoran yang menempel di jamur yang kamu beli, jangan pernah mencuci bahan makanan yang satu ini. Jamur termasuk sangat cepat menyerap air, dan kelembaban yang berlebihan bisa merusak tekstur serta mempercepat proses pembusukannya. Untuk membersihkan jamur dari kotoran, Anda cukup gunakan tissue dapur kering atau kuas. Cuci hanya ketika Anda siap untuk menggunakannya.

 

4. Telur

Secara alami, telur memiliki lapisan yang bisa menghambat bakteri untuk hidup di cangkangnya. Dan mencucinya justru akan menghilangkan lapisan ini dan mempermudah kontaminasi bakteri. Anda perlu tahu juga bahwa kebanyakan telur yang kemas di pabrik memang melalui proses pencucian yang menghilangkan lapisan ini. Tapi lapisan ini kemudian diganti dengan lapisan minyak tipis yang berfungsi sama.

 

5. Pasta

Mencuci pasta sebelum dimasak memang hal yang jarang dilakukan, karena pasta kebanyakan dijual dalam bentuk kering dan wadah tertutup rapat sehingga higienitasnya tidak diragukan. Tapi ada banyak orang yang mencuci atau merendam pasta mereka dengan air dingin setelah dimasak. Padahal, pencucian ini bisa menghilangkan pati yang membuat saus menempel pada pasta.

Dari daftar diatas, bahan makanan mana yang sering Anda cuci? Karena sekarang udah tahu apa saja yang bisa langsung disimpan di lemari es atau langsung dimasak, Anda jadi bisa lebih irit air, tenaga dan waktu kan? Dapur jadi lebih bersih juga, dan bahan makanan yang Anda beli jadi lebih awet sehingga bisa diolah jadi macam-macam masakan enak buat keluarga dengan resep-resep inovatif yang bisa Anda temukan di instagram @FiberCreme_TV dan disini.

(*)
[/show_more]

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...