Inilah Kenapa Makanan Berserat Jauhkan Resiko Penyakit Jantung

Nov 23, 2018 | Artikel, Berita | 4 Komentar

Serat sudah banyak dikenal sebagai salah satu hal yang menunjang gaya hidup sehat. Sudah bukan rahasia lagi kalau serat sangat baik pencernaan, mulai dari membantu proses pengolahan makanan di dalam usus hingga memperlancar buang air besar.

Tapi bukan itu saja. Serat ternyata juga baik untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung. Ya. Salah satu penyakit paling mematikan di dunia tersebut bisa dihindari jika kita rutin mengonsumsi serat. Bagaimana bisa?

Pertama-tama, serangan jantung terjadi ketika pasokan darah ke jantung terhenti akibat terjadi penyumbatan di satu atau lebih pembuluh darah. Penyumbatnya bisa berupa penggumpalan darah yang disebut trombus, penumpukan lemak, penumpukan kolesterol atau lainnya.

Penyakit jantung koroner, yaitu kondisi dimana terjadi penyumbatan di arteri koroner, adalah satu kasus yang paling umum mengakibatkan serangan jantung. Perokok, penderita diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, orang obesitas dan penyuka makanan berlemak adalah kelompok yang rentan terkena penyakit berbahaya ini.

Jadi siapapun bisa terkena serangan jantung, tidak peduli tua atau muda, perempuan atau laki-laki – walaupun resikonya memang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Dan daripada mengobati, yuk mulai hidup lebih sehat salah satunya dengan memperbanyak konsumsi serat.

Serat terbagi jadi dua jenis, serat yang tidak larut dalam air (insoluble fiber) dan serat yang larut dalam air (soluble fiber). Serat tidak larut tidak bisa diproses oleh tubuh atau larut dalam air ketika melewati saluran pencernaan, sehingga akan keluar dalam bentuk relatif utuh bersama feses. Jenis serat ini baik untuk mencegah masalah buang air besar.

Sementara itu, serat larut memiliki karakteristik menyerap air dan membentuk semacam gel di dalam pencernaan yang fungsinya adalah memperlambat proses pencernaan. Jenis serat ini yang membuat perut jadi kenyang lebih lama. Serat ini juga dapat mengikat kolesterol sehingga menurunkan kadar “kolesterol jahat” LDL dalam darah.

Setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi 25-30 gram serat per hari. Sumber serat termasuk sayur, buah, beras merah, gandum utuh, biji-bijian dan kacang-kacangan. Kalau ingin cara lebih nikmat untuk mengonsumsi serat, yuk coba FiberCreme.

Merupakan sumber serat tinggi, FiberCreme dapat dicampur ke makanan dan minuman favorit Anda supaya menjadikannya lebih tinggi serat. Selain itu krimer serbaguna ini juga punya rasa super creamy dan enak, namun dengan kandungan lemak, kalori dan gula yang jauh lebih rendah. Ditambah lagi, FiberCreme bebas dari kolesterol dan lemak trans, sehingga relatif aman untuk penderita kolesterol tinggi, penderita diabetes, dan siapapun yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

 

4 Komentar

  1. Wijaya

    Mau bertanya apakah Fibre cream bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yg menyebabkan terjadinya stroke? Tks

    Balas
    • Rosa

      Hai kak, terimakasih sudah menghubungi FiberCreme. FiberCreme tidak menyebabkan penyumbatan pembuluh darah ya kak, justru FiberCreme bisa menurunkan resiko stroke karena kandungan tinggi seratnya. Semoga menjawab ya kak.

      Balas
  2. Evi lestari

    Apakah fiber cream aman untuk penderita hipertensi ?

    Balas
    • Rosa

      Hallo kak Evi, terimakasih sudah menghubungi FiberCreme. Untuk hal tersebut mohon berkonsultasi dulu dengan dokter ya kak agar lebih aman untuk konsumsinya 🙂

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...