Ikan Dori Sebenarnya Ikan Patin? Kenali Bedanya Agar Tidak Salah Beli!

Nov 9, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Pernah merasakan makan ikan dori? Ikan ini kebanyakan dijual dalam bentuk filet dan sudah dibekukan dalam kemasan. Cita rasanya memang lezat dan gurih, sehingga penjualannya bisa dibilang laris baik di pasar tradisional maupun modern. Tapi tahukah kamu bahwa Ikan Dori sebenarnya adalah ikan patin lho!

Ikan Dori dan Patin

Ikan dori dan patin

Tapi ada beberapa kesalah pahaman nih yang sudah telanjur tersebar di masyarakat tentang ikan dori. Pertama, banyak dari kita yang pasti mengira bahwa ikan dori adalah daging dari ikan jenis blue tang yang muncul di film “Finding Nemo”. Padahal, “dori” bukanlah jenis ikan sebenarnya adalah merk dagang produsen ikan yang berbasis di Vietnam.

Kedua, jenis ikan yang selama ini kita kenal dan dipasarkan secara lokal sebagai ikan dori sebenarnya adalah patin. Meski ikan patin memiliki nilai gizi yang tidak kalah tinggi, tetap saja ikan bukan jenis dori. Lagipula ikan patin umumnya dijual dengan harga yang murah, sehingga ini bisa merugikan Anda yang sering membeli “ikan dori” dengan harga tinggi.

Ikan dori sebenarnya

Tapi tidak semua ikan yang dipasarkan dengan nama “ikan dori” adalah patin, karena ikan dori memang benar-benar ada. Ikan dori yang dikonsumsi tentu bukan jenis blue tang seperti yang sudah disebutkan di atas, melainkan jenis john dory. Sesuai dengan rasa dan tingkat kesulitan mendapatkannya, ikan dori ini memang layak dihargai lebih tinggi.

Nah sekarang kenali yuk perbedaan antara ikan patin yang dipasarkan sebagai “dori” dengan ikan dori yang asli!

Kenali aroma dan rasanya

Ikan dori dan patin

Ikan patin adalah ikan air tawar seperti di tambak atau kolam berlumpur. Jadi ikan patin akan memiliki sedikit aroma dan rasa lumpur, terutama apabila tidak diolah dengan benar. Selain itu, rasa ikan patin juga lebih mirip seperti ikan lele yang juga termasuk ikan air tawar.

Sementara itu, ikan dori adalah ikan air asin yang hanya ditemukan di laut. Makanya, baunya lebih segar serta rasanya lebih manis dan gurih.

Bedakan serat dan tekstur dagingnya

Kalau ikan dori memiliki serat kecil-kecil yang halus, ikan patin seratnya tidak sekecil dan sehalus ikan dori. Dari segi tekstur pun, daging ikan dori yang mentah terlihat lebih tebal, padat, dan kenyal ketika ditekan. Tekstur ini juga masih terasa ketika sudah dimasak dan Anda konsumsi. Sedangkan ikan patin teksturnya lebih tipis dan terasa lebih mudah lembek atau hancur.

Ketersediaan

Ikan dori jarang bisa ditemui dengan mudah di pasaran, terutama pasar tradisional. Oleh karena itu, ikan dori biasanya dihargai cukup mahal. Beda dengan patin yang bisa ditemui di hampir semua penjual ikan di pasar dengan harga relatif murah. Jadi jangan mudah percaya dengan “ikan dori” yang ketersediaannya melimpah dan harganya murah ya!

Nilai gizi

Walaupun punya rasa dan karakteristik yang cukup jauh berbeda, baik ikan patin maupun dori sama-sama memiliki nilai gizi yang tinggi. Keduanya sama-sama memiliki protein yang tinggi dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh. Tapi kalau Anda sedang berdiet, dori adalah pilihan yang lebih baik karena kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah daripada patin.

Jadi baik dengan patin ataupun dori, Anda tetap bisa membuat makanan yang sama lezat dan bergizinya. Tinggal bagaimana mengolah dan memasaknya saja. Agar sajian ikan Anda jadi lebih bervariasi dan lebih lezat, intip resep-resep ala FiberCreme yuk melalui YouTube atau Instagram @FiberCreme_TV.

Punya ide masakan ikan patin atau dori yang tidak kalah menarik? Bagi resepnya di aplikasi Enakpedia yuk, yang bisa Anda download di Google Play Store atau melalui link ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

banner mobile FiberCreme Academy

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

5 Alternatif Minyak Goreng Anti Kolesterol dan Ramah Diet

Alternatif minyak goreng - Makanan yang digoreng sudah lama jadi bagian dari menu sehari-hari kita. Padahal seperti yang kita tahu, gorengan bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Selain pada sesering apa kita mengonsumsinya, bahayanya juga bergantung pada...

28 Ide Bekal Sehat untuk Menyambut Sekolah Tatap Muka

Bekal sehat - Setelah lebih dari setahun sekolah dari rumah, akhirnya sekolah umum mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi. Artinya, anak-anak sudah bisa kembali belajar dan beraktivitas di sekolah nih, walaupun tetap dengan prokes yang ketat. Apa aja yang...

Cendol dan Dawet, Apa Saja Beda Kedua Minuman Ini?

Siapa sih yang tidak pernah mencoba segarnya es cendol dan es dawet? Kedua minuman tradisional ini kan memang sangat populer dan mudah ditemui di sekitar kita. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, dua minuman ini juga kebanyakan dijual dengan harga yang sangat...

10 Ide Hidangan Sayur Lezat Peningkat Imunitas

Makanan sehat adalah kebutuhan utama setiap orang, apalagi kala memperkuat imunitas jadi priotitas seperti saat ini. Dan sayur-mayur menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan agar kita memperoleh nutrisi seimbang sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga....

Resep Terbaru

Resep Lemper Lezat Isi Ayam
Resep Lemper Lezat Isi Ayam

Resep Lemper Lezat Isi Ayam Lemper fibercreme Lezat Isi Ayam! Bekal yang lezat dan bisa membuat kamu cepat kenyang. Apalagi dengan menggunakan FiberCreme pengganti santan tinggi serat. 50 gram FiberCreme400 gram beras ketan (rendam 2 jam)2 lembar daun salam2 batang...

Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih
Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih

Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih Membuatnya udah nggak pakai santan loh, tapi pakai FiberCreme pengganti santan tinggi serat yang sangat lezat dan creamy. Kamu #Beranicobamasak nggak? Tunggu apalagi, FiberCreme mengandung serat yang tinggi 50 gram...

Ayam Iloni Gurih & Pedas
Ayam Iloni Gurih & Pedas

  Ayam Iloni Gurih & Pedas Kota Gorontalo juga punya makanan khas lho. Yap Ayam Iloni namanya. Kali ini resep ayam iloni dari chef profesional @williamwongso yang bisa kamu coba di rumah. Seperti namanya, kalian cukup menyiapkan daging ayam untuk bahan...

Resep Rolade Ayam Saus
Resep Rolade Ayam Saus

Resep Rolade Ayam Saus Rolade Ayam Saus FiberCreme yuk! Dengan tambahan FiberCreme pengganti santan tinggi serat di dalamnya, bikin menu kamu tambah enak dan juga tinggi serat lho! 40 gram tepung terigu protein sedang 1/4 sdt garam1 butir telur75 ml air1/2 sdm...

Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang
Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang

Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang Membuat kue untuk hidangan keluarga merupakan hal yang seru ya. Chef profesional William Wongso kali ini punya rekomendasi hidangan dan wajib kamu cobain deh. Yap! Kurma Kelapa Panggang merupakan resep yang cocok disajikan untuk...