Cari Cream Cheese Murah? Pakai 2 Bahan ini Untuk Bikin Sendiri!

Sep 11, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Bagi beberapa orang, cream cheese mungkin termasuk bahan makanan yang masih asing. Padahal belakangan ini sudah cukup banyak lho makanan atau minuman kekinian yang menggunakan cream cheese sebagai salah satu bahan utama. Sebut saja Korean garlic cheese bread atau dessert box yang sedang viral.

Banyaknya orang yang belum mengenal cream cheese memang bisa dimaklumi, karena ketersediaannya bahan ini pasaran memang terbatas. Tidak seperti keju cheddar biasa yang sudah dijual dimana-mana, cream cheese kebanyakan hanya bisa ditemui di toko khusus bahan kue atau supermarket besar. Ditambah lagi harga cream cheese cukup mahal, bisa mencapai 3-4 kali lipat keju biasa.

Tapi ketersediaan dan harga tidak perlu jadi penghalang bagi Anda yang mau berkreasi dengan cream cheese. Karena FiberCreme punya trik sederhana nih untuk bikin cream cheese homemade yang murah dan mudah. Cukup 2 bahan dan beberapa menit saja, Anda sudah bisa bikin cream cheese seperti yang dijual di toko-toko pastry-bakery ternama. Bagaimana caranya?

Bahan-bahan

Bikin Cream cheese

Untuk bahan, Anda cukup persiapkan 950 ml susu sapi full cream yang banyak dijual di toko maupun swalayan. Untuk membuat cream cheese ini Anda harus menggunakan jenis susu tinggi lemak ya. Karena semakin tinggi kadar lemaknya, semakin banyak cream cheese yang dihasilkan.

Selanjutnya, Anda juga harus persiapkan air perasan jeruk lemon sebanyak 3 sendok makan. Jika tidak ada lemon, Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis atau cuka masak biasa.

Selain itu, siapkan juga wadah besar, saringan dan kain keju atau cheese cloth, yaitu kain dengan serat yang cukup kecil. Sesuai namanya, kain ini memang banyak digunakan saat membuat keju. Jika tidak ada, silakan ganti dengan kain bersih apapun asal seratnya tidak terlalu besar atau terlalu rapat.

Cara membuat

bikin cream cheese

Pertama-tama, panaskan susu dengan api sedang hingga gelembung-gelembung kecil muncul di permukaan susu. Terus aduk agar dasar panci tidak gosong dan awasi agar susu tidak sampai mendidih dan tumpah.

Lalu kecilkan api dan masukkan satu sendok air perasan lemon sebagai awal. Aduk-aduk hingga tektsur susu pecah dan terbentuk gumpalan-gumpalan kecil. Gumpalan inilah cream cheese Anda. Lanjutkan dengan masukkan sesendok lagi air jeruk lemon, aduk. Ulangi hingga perasan lemon habis dan terbentuk lebih banyak gumpalan cream cheese. Matikan api saat gumpalan sudah benar-benar terpisah dan air susu sudah berwarna bening kekuningan.

Tuang cream cheese ke atas kain keju yang sudah dialaskan ke atas saringan dan diamkan selama sekitar 15 menit sampai benar-benar terpisah dengan airnya. Masukkan cream cheese ke food processor atau gunakan mikser agar cheese cream lebih lembut. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan 1-2 sendok air susu tadi atau tambahkan krim.

Jumlah yang dihasilkan

bikin cream cheese murah

Dari 950 ml susu yang digunakan, akan dihasilkan sekitar 220 gram cream cheese. Jika resep Anda mengharuskan cream cheese dalam jumlah yang lebih besar, Anda bisa melipat gandakan jumlah susu dan air lemon sesuai kebutuhan.

Masa simpan

Untuk penyimpanan, pindahkan cream cheese ke wadah tertutup. Cream cheese ini bisa bertahan hingga 7 hari dalam lemari es.

cream cheese

Manfaatkan cairan sisa rebusan susu

Jangan buru-buru membuang air berwarna bening kekuningan sisa rebusan susu tadi. Cairan ini bisa Anda manfaatkan sebagai marinasi karena kandungan asam dari susu dan lemon bisa membuat daging jadi lebih empuk.

Penggunaan

Nah jika sudah berhasil bikin cream cheese, Anda bisa langsung gunakan cream cheese sesuai dengan resep. Untuk ide masakan apa saja yang bisa Anda buat dengan cheese cream ini, yuk kunjungi @FiberCreme_TV di Instagram atau subscribe ke channel FiberCreme di YouTube.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...