Cari Cream Cheese Murah? Pakai 2 Bahan ini Untuk Bikin Sendiri!

Sep 11, 2020 | Artikel | 0 comments

Bagi beberapa orang, cream cheese mungkin termasuk bahan makanan yang masih asing. Padahal belakangan ini sudah cukup banyak lho makanan atau minuman kekinian yang menggunakan cream cheese sebagai salah satu bahan utama. Sebut saja Korean garlic cheese bread atau dessert box yang sedang viral.

Banyaknya orang yang belum mengenal cream cheese memang bisa dimaklumi, karena ketersediaannya bahan ini pasaran memang terbatas. Tidak seperti keju cheddar biasa yang sudah dijual dimana-mana, cream cheese kebanyakan hanya bisa ditemui di toko khusus bahan kue atau supermarket besar. Ditambah lagi harga cream cheese cukup mahal, bisa mencapai 3-4 kali lipat keju biasa.

Tapi ketersediaan dan harga tidak perlu jadi penghalang bagi Anda yang mau berkreasi dengan cream cheese. Karena FiberCreme punya trik sederhana nih untuk bikin cream cheese homemade yang murah dan mudah. Cukup 2 bahan dan beberapa menit saja, Anda sudah bisa bikin cream cheese seperti yang dijual di toko-toko pastry-bakery ternama. Bagaimana caranya?

Bahan-bahan

Bikin Cream cheese

Untuk bahan, Anda cukup persiapkan 950 ml susu sapi full cream yang banyak dijual di toko maupun swalayan. Untuk membuat cream cheese ini Anda harus menggunakan jenis susu tinggi lemak ya. Karena semakin tinggi kadar lemaknya, semakin banyak cream cheese yang dihasilkan.

Selanjutnya, Anda juga harus persiapkan air perasan jeruk lemon sebanyak 3 sendok makan. Jika tidak ada lemon, Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis atau cuka masak biasa.

Selain itu, siapkan juga wadah besar, saringan dan kain keju atau cheese cloth, yaitu kain dengan serat yang cukup kecil. Sesuai namanya, kain ini memang banyak digunakan saat membuat keju. Jika tidak ada, silakan ganti dengan kain bersih apapun asal seratnya tidak terlalu besar atau terlalu rapat.

Cara membuat

bikin cream cheese

Pertama-tama, panaskan susu dengan api sedang hingga gelembung-gelembung kecil muncul di permukaan susu. Terus aduk agar dasar panci tidak gosong dan awasi agar susu tidak sampai mendidih dan tumpah.

Lalu kecilkan api dan masukkan satu sendok air perasan lemon sebagai awal. Aduk-aduk hingga tektsur susu pecah dan terbentuk gumpalan-gumpalan kecil. Gumpalan inilah cream cheese Anda. Lanjutkan dengan masukkan sesendok lagi air jeruk lemon, aduk. Ulangi hingga perasan lemon habis dan terbentuk lebih banyak gumpalan cream cheese. Matikan api saat gumpalan sudah benar-benar terpisah dan air susu sudah berwarna bening kekuningan.

Tuang cream cheese ke atas kain keju yang sudah dialaskan ke atas saringan dan diamkan selama sekitar 15 menit sampai benar-benar terpisah dengan airnya. Masukkan cream cheese ke food processor atau gunakan mikser agar cheese cream lebih lembut. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan 1-2 sendok air susu tadi atau tambahkan krim.

Jumlah yang dihasilkan

bikin cream cheese murah

Dari 950 ml susu yang digunakan, akan dihasilkan sekitar 220 gram cream cheese. Jika resep Anda mengharuskan cream cheese dalam jumlah yang lebih besar, Anda bisa melipat gandakan jumlah susu dan air lemon sesuai kebutuhan.

Masa simpan

Untuk penyimpanan, pindahkan cream cheese ke wadah tertutup. Cream cheese ini bisa bertahan hingga 7 hari dalam lemari es.

cream cheese

Manfaatkan cairan sisa rebusan susu

Jangan buru-buru membuang air berwarna bening kekuningan sisa rebusan susu tadi. Cairan ini bisa Anda manfaatkan sebagai marinasi karena kandungan asam dari susu dan lemon bisa membuat daging jadi lebih empuk.

Penggunaan

Nah jika sudah berhasil bikin cream cheese, Anda bisa langsung gunakan cream cheese sesuai dengan resep. Untuk ide masakan apa saja yang bisa Anda buat dengan cheese cream ini, yuk kunjungi @FiberCreme_TV di Instagram atau subscribe ke channel FiberCreme di YouTube.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X