Cara Masak Ceker Empuk, Enak dan Lumer Walau Tanpa Presto

Jun 5, 2020 | Artikel | 2 Komentar

Ceker ayam tergolong bahan makanan yang cukup populer lho. Kalau awalnya hanya muncul dalam sop atau diolah jadi ceker ayam goreng, sekarang cukup banyak juga masakan kekinian yang dibuat menggunakan bahan ini. Terutama makanan pedas seperti seblak dan ceker ayam mercon.

Meski serbaguna, kalau mengolahnya tidak benar ceker ayam justru jadi tidak bisa dinikmati. Salah-salah ceker ayam kamu malah alot dan menimbulkan bau amis.

Nah salah satu cara paling mudah untuk memasak ceker agar teksturnya lembut adalah menggunakan panci presto. Masalahnya, tidak semua orang memiliki panci ini. Tapi tenang saja, karena ada beberapa cara untuk masak ceker agar empuk, enak dan lumer meski tanpa panci presto.

Hilangkan kulit arinya

Ceker biasanya memiliki lapisan kulit yang agak keras di bagian luar. Sebelum dimasak, lebih baik hilangkan dulu kulit ini. Jika sulit, sayat-sayat lapisan ini dan rebus ceker sebentar agar lebih mudah dikelupas. Selain kulit, hilangkan juga kuku-kuku pada ceker ayam.

Rendam dalam larutan jeruk nipis

Siapkan air secukupnya dan larutkan air jeruk nipis atau cuka ke dalamnya. Selain menghilangkan bau amis, jeruk nipis atau cuka juga akan membantu mengempukkan daging ceker berkat kandungan asamnya.

Rebus dengan rempah-rempah

Setelah direndam, tiriskan ceker dan masukkan ke panci berisi air. Pastikan semua bagian ceker terendam, kemudian rebus bersama sedikit garam dan rempah-rempah wangi seperti jahe dan serai yang sudah digeprek, kayu manis dan kapulaga hingga airnya surut. Proses memasak ini memang membutuhkan waktu yang lama dan konsumsi gas yang tidak sedikit, sehingga Anda harus sabar.

Goreng dan rendam di air dingin

Tapi jika Anda kurang sabar atau tidak mau menghabiskan gas hanya untuk merebus ceker, Anda bisa siapkan minyak panas dalam penggorengan dan baskom berisi air es. Pertama, tiriskan dulu ceker yang sudah direbus sebentar dan masukkan ke minyak panas. Tunggu hingga setengah matang, lalu angkat dan langsung masukkan ke baskom berisi air dingin. Biarkan terendam selama sekitar 2 jam Hasilnya adalah daging ceker yang terlihat merekah dan bertekstur empuk.

Teknik 5-30-7

Ingin hasil yang lebih cepat? Gunakan saja teknik 5-30-7 yang sempat viral beberapa waktu lalu. Diperkenalkan oleh Fah Umi Yasmin, tehnik ini bukan hanya cepat tapi juga bisa menghemat gas.

Untuk langkah awal, Anda harus merebus ceker dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu diamkan di atas kompor selama 30 menit dengan posisi api dimatikan dan panci tertutup. Di titik ini, proses pemasakan masih berlangsung walaupun apinya sudah mati. Setelah 30 menit, lanjutkan proses pematangan dengan merebus kembali ceker dalam air mendidih selama 7 menit. Dengan total 12 menit api menyala, ceker sudah sangat empuk dan lembut.

 

Tehnik masak ceker mana saja yang sudah pernah Anda praktekkan di rumah? Bagaimana hasilnya?

Bagi yang belum pernah memasak ceker ayam karena malas mengempukkannya, yuk coba cara-cara diatas. Lalu olah jadi masakan yang lebih menggugah selera. Temukan ide masakan yang bisa Anda coba di akun Instagram @FiberCreme_TV , channel YouTube FiberCreme dan di aplikasi Enakpedia. Selain mendapatkan resep-resep dari sesama user, Anda bisa juga mulai berbagi resep andalan sendiri di aplikasi yang bisa di-download di Google PlayStore ini.

2 Komentar

  1. Ikka

    kesukaanku inii ceker ayammmm

    Balas
    • Fiber Creme

      wah pas banget dong kak, yuk langsung praktekin dirumah

      Balas

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rendah Lemak Belum Tentu Baik Karena…

Makanan yang dilabeli “rendah lemak” ternyata belum tentu lebih sehat! Ini lho penjelasannya.

Cuka Apel Bantu Bakar Lemak? Pikir Lagi!

Cuka apel jadi salah satu bahan yang belakangan ini banyak dipilih orang, untuk program diet. Mitos ini setengah salah dan setengah benar lho!

Telur Memang Mengandung Kolesterol, Tapi…

Bahan makanan yang satu ini memang mengandung kolesterol, tapi tidak ada bukti cukup yang menyebut kolesterol dari telur bisa mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Makan Malam Hari Gak Bikin Gemuk Kok

Kita mungkin sering diberitahu bahwa makan malam bisa menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata pendapat ini salah lho.

Tubuh Tidak Membutuhkan 8 Gelas Air Per Hari

Jumlah yang dianjurkan agar tubuh bisa berfungsi normal dan tidak sampai dehindrasi adalah 8 gelas per hari. Padahal, jumlah tersebut tidak selalu benar.

Bukan Bikin Sembelit, Buah Salak Justru Melancarkan BAB

Kebanyakan orang menghindari salak karena rumor yang menyebut buah ini bisa mengakibatkan konstipasi alias susah BAB. Padahal justru sebaliknya, masa sih!

Cuma Rebahan Bisa Bakar Kalori Lho. Kok Bisa?

Olahraga untuk bakar kalori udah biasa, tahukah kamu kalau rebahan termasuk jenis kegiatan yang juga membakar kalori? kok bisa ya?

Gak Semua Obat Herbal Aman Dikonsumsi Lho!

Nyatanya, gak semua herbal itu baik, aman dan bebas efek samping. Ketahui fakta dibalik obat herbal ini yuk!

Jangan Mau Tertipu, Wortel Tidak Bisa Menghilangkan Minus Mata

Sudah sering kan mendengar bahwa mengkonsumsi wortel akan baik bagi penglihatan kita, tahukah kamu bawa sebenarnya hal tersebut merupakan mitos?

SALAH KAPRAH: Susu Sapi Tidak Menyehatkan Tulang

Susu, selama ini selalu diidentikkan dengan kepadatan dan kekuatan tulang. Padahal kesehatan tulang gak selalu bergantung pada susu.

Jadwal Kegiatan

july

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X