Cara Masak Ceker Empuk, Enak dan Lumer Walau Tanpa Presto

Jun 5, 2020 | Artikel | 2 Komentar

Ceker ayam tergolong bahan makanan yang cukup populer lho. Kalau awalnya hanya muncul dalam sop atau diolah jadi ceker ayam goreng, sekarang cukup banyak juga masakan kekinian yang dibuat menggunakan bahan ini. Terutama makanan pedas seperti seblak dan ceker ayam mercon.

Meski serbaguna, kalau mengolahnya tidak benar ceker ayam justru jadi tidak bisa dinikmati. Salah-salah ceker ayam kamu malah alot dan menimbulkan bau amis.

Nah salah satu cara paling mudah untuk memasak ceker agar teksturnya lembut adalah menggunakan panci presto. Masalahnya, tidak semua orang memiliki panci ini. Tapi tenang saja, karena ada beberapa cara untuk masak ceker agar empuk, enak dan lumer meski tanpa panci presto.

Hilangkan kulit arinya

Ceker biasanya memiliki lapisan kulit yang agak keras di bagian luar. Sebelum dimasak, lebih baik hilangkan dulu kulit ini. Jika sulit, sayat-sayat lapisan ini dan rebus ceker sebentar agar lebih mudah dikelupas. Selain kulit, hilangkan juga kuku-kuku pada ceker ayam.

Rendam dalam larutan jeruk nipis

Siapkan air secukupnya dan larutkan air jeruk nipis atau cuka ke dalamnya. Selain menghilangkan bau amis, jeruk nipis atau cuka juga akan membantu mengempukkan daging ceker berkat kandungan asamnya.

Rebus dengan rempah-rempah

Setelah direndam, tiriskan ceker dan masukkan ke panci berisi air. Pastikan semua bagian ceker terendam, kemudian rebus bersama sedikit garam dan rempah-rempah wangi seperti jahe dan serai yang sudah digeprek, kayu manis dan kapulaga hingga airnya surut. Proses memasak ini memang membutuhkan waktu yang lama dan konsumsi gas yang tidak sedikit, sehingga Anda harus sabar.

Goreng dan rendam di air dingin

Tapi jika Anda kurang sabar atau tidak mau menghabiskan gas hanya untuk merebus ceker, Anda bisa siapkan minyak panas dalam penggorengan dan baskom berisi air es. Pertama, tiriskan dulu ceker yang sudah direbus sebentar dan masukkan ke minyak panas. Tunggu hingga setengah matang, lalu angkat dan langsung masukkan ke baskom berisi air dingin. Biarkan terendam selama sekitar 2 jam Hasilnya adalah daging ceker yang terlihat merekah dan bertekstur empuk.

Teknik 5-30-7

Ingin hasil yang lebih cepat? Gunakan saja teknik 5-30-7 yang sempat viral beberapa waktu lalu. Diperkenalkan oleh Fah Umi Yasmin, tehnik ini bukan hanya cepat tapi juga bisa menghemat gas.

Untuk langkah awal, Anda harus merebus ceker dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu diamkan di atas kompor selama 30 menit dengan posisi api dimatikan dan panci tertutup. Di titik ini, proses pemasakan masih berlangsung walaupun apinya sudah mati. Setelah 30 menit, lanjutkan proses pematangan dengan merebus kembali ceker dalam air mendidih selama 7 menit. Dengan total 12 menit api menyala, ceker sudah sangat empuk dan lembut.

 

Tehnik masak ceker mana saja yang sudah pernah Anda praktekkan di rumah? Bagaimana hasilnya?

Bagi yang belum pernah memasak ceker ayam karena malas mengempukkannya, yuk coba cara-cara diatas. Lalu olah jadi masakan yang lebih menggugah selera. Temukan ide masakan yang bisa Anda coba di akun Instagram @FiberCreme_TV , channel YouTube FiberCreme dan di aplikasi Enakpedia. Selain mendapatkan resep-resep dari sesama user, Anda bisa juga mulai berbagi resep andalan sendiri di aplikasi yang bisa di-download di Google PlayStore ini.

2 Komentar

  1. Ikka

    kesukaanku inii ceker ayammmm

    Balas
    • Fiber Creme

      wah pas banget dong kak, yuk langsung praktekin dirumah

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Resep Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah
Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...