Jahe, Kunyit, Lengkuas atau Kencur? Ini Cara Membedakan Rempah-Rempah!

Dec 19, 2019 | Artikel | 0 Komentar

Baru masuk dapur pertama kali? Atau baru belajar memasak makanan khas Nusantara? Berarti Anda mungkin memiliki masalah untuk mengenali beberapa bumbu dapur tradisional. Termasuk diantaranya adalah jahe, kunyit, lengkuas dan kencur.

Dengan bentuk seperti jari dan beruas-ruas, keempat rempah-rempah ini memang punya penampilan yang hampir mirip. Tidak jarang ibu-ibu muda yang baru belajar masak akan kerepotan membedakannya. Tapi jangan khawatir, rimpang-rimpang ini tetap punya perbedaan kok. Baca juga sampai akhir yuk untuk mengenal keempat rempah ini dan cari tahu masakan apa saja yang bisa dibuat dengan mereka!

Jahe

Jahe punya bentuk seperti jari-hari yang menggembung dengan warna kulit cokelat keabu-abuan yang merata. Ketika diiris, daging jahe terlihat berwarna kekuningan dengan serat yang lembut. Karena aromanya yang kuat dan rasanya yang agak pedas, jahe sering dimanfaatkan sebagai baluran ikan untuk menghilangkan amisnya sekaligus menambah rasanya. Selain masakan, jahe banyak digunakan untuk campuran minuman dan obat-obatan tradisional karena punya efek menghangatkan perut dan tenggorokan.

Kunyit

Anda pasti sudah mengenal kunyit sebagai bahan pewarna alami yang susah dibersihkan begitu terkena kulit. Kunyit yang punya daging berwarna oranye terang memang bisa memberikan warna cantik pada makanan seperti nasi kuning dan kari. Selain warna, kunyit juga digunakan untuk menambah kenikmatan masakan berkat rasanya yang sedikit seperti tanah dan pahit.

Kunyit, yang juga dikenal sebagai kunir, punya kulit berwarna cokelat tua dengan daging yang mudah diiris atau diparut. Dan bukan hanya untuk masakan, kunyit bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kram menstruasi dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Lengkuas

Lengkuas atau laos punya bentuk mirip seperti jahe, tapi dengan warna kulit cokelat yang tidak rata. Tapi ketika dipotong, daging lengkuas berwarna lebih putih dengan aroma wangi namun tidak terlalu menyengat seperti jahe. Lengkuas biasanya digunakan untuk menambah rasa dan aroma. Jenis rempah ini kebanyakan diparut untuk dijadikan kremesan masakan yang digoreng seperti ayam atau empal.

Kencur

Dengan warna kulit cokelat keabu-abuan, kencur sering salah dikira sebagai jahe. Tapi kencur bisa dibedakan hanya dengan dilihat kok. Secara ukuran, kencur lebih kecil dengan jari-jari yang agak bulat. Daging kencur pun terlihat berwarna lebih putih dengan aroma kencur yang khas. Rempah ini banyak digunakan untuk campuran tumis sayur, seblak khas Sunda dan wedang beras kencur.

Jadi sudah tahu kan apa bedanya keempat rempah-rempah yang wajib ada di dapur ini? Kalau begitu buktikan yuk dengan pakai jenis rimpang yang benar untuk masak resep-resep dari FiberCreme_TV! Agar masakan apapun yang Anda buat terasa semakin yummy dan lebih tinggi serat, tambahkan pengganti santan dan susu FiberCreme ya!

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Masak Ceker Empuk, Enak dan Lumer Walau Tanpa Presto - […] ke panci berisi air. Pastikan semua bagian ceker terendam, kemudian rebus bersama sedikit garam dan rempah-rempah wangi seperti jahe…

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rendah Lemak Belum Tentu Baik Karena…

Makanan yang dilabeli “rendah lemak” ternyata belum tentu lebih sehat! Ini lho penjelasannya.

Cuka Apel Bantu Bakar Lemak? Pikir Lagi!

Cuka apel jadi salah satu bahan yang belakangan ini banyak dipilih orang, untuk program diet. Mitos ini setengah salah dan setengah benar lho!

Telur Memang Mengandung Kolesterol, Tapi…

Bahan makanan yang satu ini memang mengandung kolesterol, tapi tidak ada bukti cukup yang menyebut kolesterol dari telur bisa mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Makan Malam Hari Gak Bikin Gemuk Kok

Kita mungkin sering diberitahu bahwa makan malam bisa menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata pendapat ini salah lho.

Tubuh Tidak Membutuhkan 8 Gelas Air Per Hari

Jumlah yang dianjurkan agar tubuh bisa berfungsi normal dan tidak sampai dehindrasi adalah 8 gelas per hari. Padahal, jumlah tersebut tidak selalu benar.

Bukan Bikin Sembelit, Buah Salak Justru Melancarkan BAB

Kebanyakan orang menghindari salak karena rumor yang menyebut buah ini bisa mengakibatkan konstipasi alias susah BAB. Padahal justru sebaliknya, masa sih!

Cuma Rebahan Bisa Bakar Kalori Lho. Kok Bisa?

Olahraga untuk bakar kalori udah biasa, tahukah kamu kalau rebahan termasuk jenis kegiatan yang juga membakar kalori? kok bisa ya?

Gak Semua Obat Herbal Aman Dikonsumsi Lho!

Nyatanya, gak semua herbal itu baik, aman dan bebas efek samping. Ketahui fakta dibalik obat herbal ini yuk!

Jangan Mau Tertipu, Wortel Tidak Bisa Menghilangkan Minus Mata

Sudah sering kan mendengar bahwa mengkonsumsi wortel akan baik bagi penglihatan kita, tahukah kamu bawa sebenarnya hal tersebut merupakan mitos?

SALAH KAPRAH: Susu Sapi Tidak Menyehatkan Tulang

Susu, selama ini selalu diidentikkan dengan kepadatan dan kekuatan tulang. Padahal kesehatan tulang gak selalu bergantung pada susu.

Jadwal Kegiatan

july

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X