Bumbu dan Rempah Ternyata Berbeda! Bawang-Bawangan Termasuk yang Mana Ya?

Jul 12, 2021 | Artikel, Update | 2 Komentar

rempah-fibercreme-artikel

Bumbu dan rempah memegang peranan yang sangat penting dalam masakan. Terutama masakan nusantara yang penggunaannya memang harus lumayan banyak dan bermacam-macam. Tanpa bumbu dan rempah, masakan akan terasa hambar dan kurang sedap. Warnanya pun mungkin akan lebih pucat dan kurang menarik.

Karena fungsinya yang sama-sama memperlezat makanan, bumbu dan rempah seringkali dianggap sebagai hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mau tahu apa saja bedanya?

Bumbu

Bumbu digunakan untuk merujuk pada tanaman aromatik yang bersifat basah. Dibagi berdasar kelompoknya, bumbu bisa berupa buah, daun, dan umbi tergantung bagian tanaman yang dimanfaatkan.

Bumbu buah misalnya adalah jeruk lemon, jeruk nipis, asam jawa, cabai, dan belimbing wuluh. Bumbu daun bisa berupa daun bawang, seledri, salam, dan daun jeruk purut. Sementara itu, kelompok bumbu umbi termasuk jahe, kunyit, kencur, lengkuas, dan sejenisnya.

Bumbu-bumbu ini bisa kalian temukan di pasaran dalam berbagai bentuk. Selain bentuk aslinya, ada juga yang diolah menjadi bentuk pasta dan bentuk kering.

Rempah

Sementara itu, rempah adalah bagian tanaman yang punya karakter kering dan beraroma lebih kuat. Rempah-rempah banyak dijual dalam bentuk aslinya ataupun sudah digiling menjadi bubuk siap pakai.

Contoh rempah-rempah yang banyak kita gunakan dalam makanan sehari-hari adalah merica, lada hitam, cengkeh, kemiri, ketumbar, pala, kayu manis, bunga lawang, dan biji adas.

cara-penyimpanan-rempah-bumbu-fibercreme

Beda cara penyimpanan

Bumbu dan rempah juga memiliki perbedaan pada cara penyimpanannya. Bumbu yang kebanyakan dipakai dalam keadaan harus segar tentu harus disimpan lebih hat-hati. Untuk menghindari pembusukan, letakkan dalam wadah tertutup rapat atau bungkus dengan kain lebih dulu sebelum dimasukkan ke kulkas. Masa simpannya pun tidak terlalu panjang, hanya hitungan hari hingga minggu selama tidak layu atau membusuk.

Lain halnya dengan rempah-rempah yang punya masa simpan lebih panjang. Tapi ingat untuk simpan dalam wadah tertutup yang rapat dan kering ya! Jika wadahnya kurang rapat, aroma rempah-rempah bisa berkurang. Jika wadahnya basah atau lembab, ada kemungkinan rempah-rempah kalian ditumbuhi jamur.

bawang-bawang-artikel-fibercreme

Jadi, bawang-bawangan termasuk bumbu atau rempah?

Dari penjelasan di atas, pasti kalian sudah tahu dong bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay masuk kategori bumbu atau rempah?

Bahan lain untuk menyedapkan masakan

Tapi selain bumbu dan rempah-rempah yang sudah disebut di atas, masih ada bahan-bahan makanan lain lho untuk membuat masakan yang lezat. Salah satunya adalah FiberCreme yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti santan atau susu agar makana lebih creamy tapi lebih tinggi serat, rendah lemak, dan rendah kalori.

Yuk cari tahu apa saja keunggulannya dengan ikuti Instagram @FiberCreme! Temukan juga banyak inspirasi enak dan sehat ala FiberCreme di YouTube channel FiberCreme.

2 Komentar

  1. Olinda Pasifica Al-Fani

    Tolong dijelaskan dan dibedakan ya

    Balas
    • Rosa

      Hai kak, terimakasih sudah menghubungi FiberCreme. Untuk perbedaan bumbu dan rempah sudah dijelaskan pada artikel di atas ya 🙂

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...