Bumbu dan Rempah Ternyata Berbeda! Bawang-Bawangan Termasuk yang Mana Ya?

Jul 12, 2021 | Artikel, Update | 2 Komentar

rempah-fibercreme-artikel

Bumbu dan rempah memegang peranan yang sangat penting dalam masakan. Terutama masakan nusantara yang penggunaannya memang harus lumayan banyak dan bermacam-macam. Tanpa bumbu dan rempah, masakan akan terasa hambar dan kurang sedap. Warnanya pun mungkin akan lebih pucat dan kurang menarik.

Karena fungsinya yang sama-sama memperlezat makanan, bumbu dan rempah seringkali dianggap sebagai hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mau tahu apa saja bedanya?

Bumbu

Bumbu digunakan untuk merujuk pada tanaman aromatik yang bersifat basah. Dibagi berdasar kelompoknya, bumbu bisa berupa buah, daun, dan umbi tergantung bagian tanaman yang dimanfaatkan.

Bumbu buah misalnya adalah jeruk lemon, jeruk nipis, asam jawa, cabai, dan belimbing wuluh. Bumbu daun bisa berupa daun bawang, seledri, salam, dan daun jeruk purut. Sementara itu, kelompok bumbu umbi termasuk jahe, kunyit, kencur, lengkuas, dan sejenisnya.

Bumbu-bumbu ini bisa kalian temukan di pasaran dalam berbagai bentuk. Selain bentuk aslinya, ada juga yang diolah menjadi bentuk pasta dan bentuk kering.

Rempah

Sementara itu, rempah adalah bagian tanaman yang punya karakter kering dan beraroma lebih kuat. Rempah-rempah banyak dijual dalam bentuk aslinya ataupun sudah digiling menjadi bubuk siap pakai.

Contoh rempah-rempah yang banyak kita gunakan dalam makanan sehari-hari adalah merica, lada hitam, cengkeh, kemiri, ketumbar, pala, kayu manis, bunga lawang, dan biji adas.

cara-penyimpanan-rempah-bumbu-fibercreme

Beda cara penyimpanan

Bumbu dan rempah juga memiliki perbedaan pada cara penyimpanannya. Bumbu yang kebanyakan dipakai dalam keadaan harus segar tentu harus disimpan lebih hat-hati. Untuk menghindari pembusukan, letakkan dalam wadah tertutup rapat atau bungkus dengan kain lebih dulu sebelum dimasukkan ke kulkas. Masa simpannya pun tidak terlalu panjang, hanya hitungan hari hingga minggu selama tidak layu atau membusuk.

Lain halnya dengan rempah-rempah yang punya masa simpan lebih panjang. Tapi ingat untuk simpan dalam wadah tertutup yang rapat dan kering ya! Jika wadahnya kurang rapat, aroma rempah-rempah bisa berkurang. Jika wadahnya basah atau lembab, ada kemungkinan rempah-rempah kalian ditumbuhi jamur.

bawang-bawang-artikel-fibercreme

Jadi, bawang-bawangan termasuk bumbu atau rempah?

Dari penjelasan di atas, pasti kalian sudah tahu dong bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay masuk kategori bumbu atau rempah?

Bahan lain untuk menyedapkan masakan

Tapi selain bumbu dan rempah-rempah yang sudah disebut di atas, masih ada bahan-bahan makanan lain lho untuk membuat masakan yang lezat. Salah satunya adalah FiberCreme yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti santan atau susu agar makana lebih creamy tapi lebih tinggi serat, rendah lemak, dan rendah kalori.

Yuk cari tahu apa saja keunggulannya dengan ikuti Instagram @FiberCreme! Temukan juga banyak inspirasi enak dan sehat ala FiberCreme di YouTube channel FiberCreme.

2 Komentar

  1. Olinda Pasifica Al-Fani

    Tolong dijelaskan dan dibedakan ya

    Balas
    • Rosa

      Hai kak, terimakasih sudah menghubungi FiberCreme. Untuk perbedaan bumbu dan rempah sudah dijelaskan pada artikel di atas ya 🙂

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...