Bumbu dan Rempah Ternyata Berbeda! Bawang-Bawangan Termasuk yang Mana Ya?

Jul 12, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

rempah-fibercreme-artikel

Bumbu dan rempah memegang peranan yang sangat penting dalam masakan. Terutama masakan nusantara yang penggunaannya memang harus lumayan banyak dan bermacam-macam. Tanpa bumbu dan rempah, masakan akan terasa hambar dan kurang sedap. Warnanya pun mungkin akan lebih pucat dan kurang menarik.

Karena fungsinya yang sama-sama memperlezat makanan, bumbu dan rempah seringkali dianggap sebagai hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mau tahu apa saja bedanya?

Bumbu

Bumbu digunakan untuk merujuk pada tanaman aromatik yang bersifat basah. Dibagi berdasar kelompoknya, bumbu bisa berupa buah, daun, dan umbi tergantung bagian tanaman yang dimanfaatkan.

Bumbu buah misalnya adalah jeruk lemon, jeruk nipis, asam jawa, cabai, dan belimbing wuluh. Bumbu daun bisa berupa daun bawang, seledri, salam, dan daun jeruk purut. Sementara itu, kelompok bumbu umbi termasuk jahe, kunyit, kencur, lengkuas, dan sejenisnya.

Bumbu-bumbu ini bisa kalian temukan di pasaran dalam berbagai bentuk. Selain bentuk aslinya, ada juga yang diolah menjadi bentuk pasta dan bentuk kering.

Rempah

Sementara itu, rempah adalah bagian tanaman yang punya karakter kering dan beraroma lebih kuat. Rempah-rempah banyak dijual dalam bentuk aslinya ataupun sudah digiling menjadi bubuk siap pakai.

Contoh rempah-rempah yang banyak kita gunakan dalam makanan sehari-hari adalah merica, lada hitam, cengkeh, kemiri, ketumbar, pala, kayu manis, bunga lawang, dan biji adas.

cara-penyimpanan-rempah-bumbu-fibercreme

Beda cara penyimpanan

Bumbu dan rempah juga memiliki perbedaan pada cara penyimpanannya. Bumbu yang kebanyakan dipakai dalam keadaan harus segar tentu harus disimpan lebih hat-hati. Untuk menghindari pembusukan, letakkan dalam wadah tertutup rapat atau bungkus dengan kain lebih dulu sebelum dimasukkan ke kulkas. Masa simpannya pun tidak terlalu panjang, hanya hitungan hari hingga minggu selama tidak layu atau membusuk.

Lain halnya dengan rempah-rempah yang punya masa simpan lebih panjang. Tapi ingat untuk simpan dalam wadah tertutup yang rapat dan kering ya! Jika wadahnya kurang rapat, aroma rempah-rempah bisa berkurang. Jika wadahnya basah atau lembab, ada kemungkinan rempah-rempah kalian ditumbuhi jamur.

bawang-bawang-artikel-fibercreme

Jadi, bawang-bawangan termasuk bumbu atau rempah?

Dari penjelasan di atas, pasti kalian sudah tahu dong bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay masuk kategori bumbu atau rempah?

Bahan lain untuk menyedapkan masakan

Tapi selain bumbu dan rempah-rempah yang sudah disebut di atas, masih ada bahan-bahan makanan lain lho untuk membuat masakan yang lezat. Salah satunya adalah FiberCreme yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti santan atau susu agar makana lebih creamy tapi lebih tinggi serat, rendah lemak, dan rendah kalori.

Yuk cari tahu apa saja keunggulannya dengan ikuti Instagram @FiberCreme! Temukan juga banyak inspirasi enak dan sehat ala FiberCreme di YouTube channel FiberCreme.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

Pengganti Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna

Generasi tahun 90-an atau awal 2000 pasti sudah tidak asing dengan pola makan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna. Menurut pola makan ini, gizi seimbang bisa dicapai jika setiap hari kita mengonsumsi makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu. Selama...

5 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Sehat

Jika dikonsumsi berlebihan, santan bisa berdampak buruk lho buat kesehatan. Dampaknya, jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, santan bisa meningkatkan resiko obesitas. Sementara itu, penderita obesitas akan lebih rentan terserang berbagai penyakit seperti...

6 Variasi Resep Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Resep Terbaru

Resep Mie Gacoan
Resep Mie Gacoan

  Resep Mie Gacoan Yang doyan jajan mie gacoan berlevel-level, yuk mampir ke dapur Mbok! Khusus buat kalian, hari ini Mbok udah bikinin resep yang gak kalah sama yang dijual-jual itu. Malah bisa saingan, karena mie gacoan ini dijamin si Mbok pasti lebih enak,...

Resep Sekoteng Sederhana
Resep Sekoteng Sederhana

  Resep Sekoteng Sederhana Ada yang suka kangen sama minuman ini? Kalau gitu bikin sendiri di rumah yuk! Pakai resep praktis ini aja! Terinspirasi dari resep @yudabustara, dengan sedikit sentuhan ala @FiberCreme, sekoteng ini bukan hanya lebih mudah, tapi jadi...

Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu
Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu

  Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu Yuk bikin racikan super mudah dan sehat ala FiberCreme ini, yang bisa buat pencernaanmu sehat dan imunitasmu kuat. 18 gram FiberCreme25 ml madu120 ml air hangat seduh semua bahan hingga larut merata wedang madu...

Resep Rainbow Angsle
Resep Rainbow Angsle

Resep Rainbow Anglse Angsle memang bisa bikin badan lebih hangat lho, terutama ketika dikonsumsi malam-malam. Tapi angsle istimewa ala FiberCreme_TV ini juga bisa bikin suasana lebih ceria karena warna-warni cantiknya. Udah gitu, bisa bikin lebih sehat karena dibuat...

Resep Bajigur Tanpa Santan
Resep Bajigur Tanpa Santan

Resep Bajigur Tanpa Santan Cari sesuatu yang berbeda untuk rutinitas kamu di malam hari? Ini dia minuman menyegarkan yang simpel dan kamu bisa coba sendiri di rumah. Kamu bisa nyobain bajigur ini dengan menggunakan @FiberCreme pengganti santan yang tinggi serat,...