Bukan Air, Ini Cara Paling Tepat Menyingkirkan Rasa Terbakar di Kulit Akibat Cabai

Jul 10, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Cabai memang salah satu bahan makanan yang paling umum digunakan di dapur. Bukan hanya karena mudah ditemukan dan cocok dengan banyak jenis sajian, cabai juga memberikan rasa pedas yang menambah nikmat makanan. Tapi tidak semua orang suka proses memasak dengan cabai. Apa lagi kalau bukan karena sensasi pedas panas dan terbakar yang ditimbulkan apabila cabai terkena kulit?

Rasa pedas ini sendiri ditimbulkan oleh capsaicin, minyak yang dikandung cabai. Minyak ini cepat menyebar di kulit atau bahkan mata, dan air bukanlah jawaban untuk menghilangkannya. Lalu, apa saja yang bisa kita gunakan untuk menyingkirkan sensasi pedas dan terbakar yang ditimbulkan cabai?

Susu

Sudah banyak yang membuktikan bahwa susu bisa menghilangkan sensasi pedas cabai. Untuk rasa pedas di mulut, tentu saja Anda cukup minum beberapa teguk susu. Untuk rasa panas yang timbul di bagian tubuh lain, Anda bisa siapkan susu dalam wadah yang lebih besar dan rendam bagian yang terasa panas di dalamnya hingga sensasinya menghilang. Susu juga boleh digunakan sebagai rendaman untuk mata jika rasa pedasnya sampai ke mata.

Minyak

Zat capsaicin yang dikandung cabai pada dasarnya adalah minyak, jadi tidak akan mudah larut dengan air. Malah zat ini lebih mudah larut pada minyak, sehingga penggunaan minyak sayur untuk mencuci bagian yang terasa panas akan jauh lebih efektif.

Baking soda

Untuk menggunakan baking soda, cukup campurkan bahan ini dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada bagian yang terasa panas, biarkan mengering dan cuci dengan air. Ulangi langkah ini hingga rasa panasnya benar-benar menghilang.

Saus tomat

Tidak mau repot mencampur-campur? Gunakan saus tomat saja. Cukup oleskan, diamkan 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi apabila rasa panas belum juga hilang.

Alat makan stainless steel

Selain menghilangkan bau bawang-bawangan, teralatan stainless steel juga mampu menghilangkan minyak cabai lho. Tinggal gosok-gosokkan peralatan stainless steel di sekitar Anda ke bagian yang terasa panas hingga minyaknya hilang, lalu cuci bersih dengan sabun cuci piring.

 

Sudah tidak ragu lagi kan untuk masak dengan cabai? Sekarang menu pedas apa saja nih yang sudah Anda rencanakan untuk masak? Bagi Anda yang masih mencari-cari resep, yuk kunjungi Instagram dan Youtube @FiberCreme-TV dan  temukan resep-resep mudah, lezat dan tinggi serat lainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Gak Makan Cokelat Karena Takut Jerawat? Rugi Dong!

Makan cokelat bikin jerawat? Memang ada beberapa yang jadi jerawatan setelah makan cokelat. Tapi kemungkinan sih itu cuma kebetulan.

Katanya Sering Ngemil Gak Baik untuk Tubuh. Padahal…

Cemilan jadi salah satu jenis makanan yang paling dihindari kala kamu sedang diet. Padahal, gak semua cemilan menimbulkan efek yang gak baik untuk tubuh.

Libur Olahraga, Siap-Siap Otot Kamu Jadi Lemak

Otot yang sudah susah-susah kamu bentuk emang bisa berubah jika kamu berhenti berolahraga. Tapi bukan berubah jadi lemak seperti kata mitos ya!

Rendah Lemak Belum Tentu Baik Karena…

Makanan yang dilabeli “rendah lemak” ternyata belum tentu lebih sehat! Ini lho penjelasannya.

Cuka Apel Bantu Bakar Lemak? Pikir Lagi!

Cuka apel jadi salah satu bahan yang belakangan ini banyak dipilih orang, untuk program diet. Mitos ini setengah salah dan setengah benar lho!

Telur Memang Mengandung Kolesterol, Tapi…

Bahan makanan yang satu ini memang mengandung kolesterol, tapi tidak ada bukti cukup yang menyebut kolesterol dari telur bisa mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Makan Malam Hari Gak Bikin Gemuk Kok

Kita mungkin sering diberitahu bahwa makan malam bisa menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata pendapat ini salah lho.

Jadwal Kegiatan

august

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X