Menghilangkan Rasa Pedas dengan Cepat Pakai 5 Cara Ini Saja!

Mar 19, 2020 | Artikel | 4 Komentar

Terutama buat kita masyarakat Indonesia, menu yang pedas seolah sudah jadi budaya ketika makan. Tanpa masakan pedas, rasanya mungkin ada yang kurang. Meskipun begitu, makanan pedas kadang bisa meninggalkan sensasi lidah terbakar yang tidak nyaman.

Kalau sudah begini, Anda pasti mencari air putih untuk meredakan rasa pedas di mulut. Air putih, terutama yang dingin, memang bisa menghilangkan rasa pedas. Tapi hanya untuk beberapa detik saja. Setelahnya, rasa pedas akan kembali muncul dan Anda akan minum lebih banyak air putih.

Daripada kebanyakan minum air dan berujung perut kembung, yuk coba bahan-bahan ini untuk menghilangkan rasa pedas!

Air hangat

Kalau air dingin punya efek meredakan pedas sementara saja, air panas atau hangat tidak. Memang rasanya akan lebih tersiksa ketika mulut yang sedang kepedasan tiba-tiba bertemu dengan air bersuhu rendah. Tapi rasa tersiksanya hanya sementara kok. Setelah itu lidah Anda akan langsung terbebas dari rasa pedas.

Susu

Susu bisa menghilangkan pedas yang tertinggal di mulut berkat kandungan kaseinnya. Selama mengandung protein ini, makanan atau minuman yang mengandung susu bisa dikonsumsi dalam jumlah kecil untuk mengurangi sensasi terbakar.

Buah serat tinggi

Serat yang dikandung buah-buahan juga bisa mengurangi rasa pedas. Sebaiknya Anda pilih buah-buahan tinggi serat seperti pisang atau alpukat. Anda bisa memakan buah-buahan tersebut secara langsung atau menghaluskannya menjadi smoothie.

Roti

Makanan yang mengandung tepung seperti roti bisa membantu menyerap rasa pedas yang tertinggal di lidah. Hal ini juga berlaku untuk nasi. Cukup kunyah-kunyah secuil kecil roti atau nasi, terutama nasi hangat, maka rasa pedas pun langsung hilang.

Makanan asam

Cabai dan merica yang menimbulkan rasa pedas umumnya memiliki sifat basa. Nah untuk menetralkannya, Anda tinggal mengonsumsi makanan yang memiliki sifat asam, seperti lemon atau jeruk. Anda bisa langsung mengonsumsi buah-buahan ini atau mengambil sarinya saja.

Minyak zaitun

Selain untuk masak. minyak zaitu juga berguna untuk mengurangi rasa pedas di mulut. Caranya, berkumurlah dengan sesendok makan minyak zaitun, lalu buang. Lanjutnya dengan berkumur air dingin. Rasa pedas dijamin berkurang.

Kacang

Rasa pedas umumnya disebabkan oleh zat bernama capsaicin yang banyak terdapat pada cabai. Nah kacang-kacangan ternyata punya kandungan lemak yang dapat mengikat zat ini, sehingga rasa pedas di mulut bisa berkurang. Anda bisa langsung mengonsumsi beberapa jenis kacang atau mengisap selai kacang sampai pedasnya mereda.

Jadi jangan takut buat makan pedas, karena ada banyak kan caranya untuk menghilangkan rasa pedas? Selain itu, makanan pedas kan juga punya banyak manfaat untuk tubuh.

Nah menu pedas apa nih yang jadi favorit Anda? Cobain lebih banyak menu pedas ala FiberCreme juga ya. Dapatkan ratusan resep yang pasti mudah, enak dan tinggi serat dari akun Instagram @FiberCreme_TV. Atau berbagi resep masakan pedas ala keluarga Anda dengan pecinta kuliner lain melalui aplikasi Enakpedia yang bisa diunduh melalui Google Playstore.

4 Komentar

  1. ainiya habibi

    Wah bisa dicoba pas waktu kepedesan ni

    Balas
    • Fiber Creme

      share juga ke yang lain yuk kak infonya

      Balas
    • Danni

      Wah, ini emang bisa ya?

      Balas
      • Rosa

        Hai, kak terimakasih sudah menghubungi FiberCreme. Cara-cara di atas bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pedas ya 🙂

        Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ini Cara Paling Tepat Menyingkirkan Rasa Terbakar di Kulit Akibat Cabai - […] umum digunakan di dapur. Bukan hanya karena mudah ditemukan dan cocok dengan banyak jenis sajian, cabai juga memberikan rasa…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...