Terutama buat kita masyarakat Indonesia, menu yang pedas seolah sudah jadi budaya ketika makan. Tanpa masakan pedas, rasanya mungkin ada yang kurang. Meskipun begitu, makanan pedas kadang bisa meninggalkan sensasi lidah terbakar yang tidak nyaman.

Kalau sudah begini, Anda pasti mencari air putih untuk meredakan rasa pedas di mulut. Air putih, terutama yang dingin, memang bisa menghilangkan rasa pedas. Tapi hanya untuk beberapa detik saja. Setelahnya, rasa pedas akan kembali muncul dan Anda akan minum lebih banyak air putih.

Daripada kebanyakan minum air dan berujung perut kembung, yuk coba bahan-bahan ini untuk menghilangkan rasa pedas!

Air hangat

Kalau air dingin punya efek meredakan pedas sementara saja, air panas atau hangat tidak. Memang rasanya akan lebih tersiksa ketika mulut yang sedang kepedasan tiba-tiba bertemu dengan air bersuhu rendah. Tapi rasa tersiksanya hanya sementara kok. Setelah itu lidah Anda akan langsung terbebas dari rasa pedas.

Susu

Susu bisa menghilangkan pedas yang tertinggal di mulut berkat kandungan kaseinnya. Selama mengandung protein ini, makanan atau minuman yang mengandung susu bisa dikonsumsi dalam jumlah kecil untuk mengurangi sensasi terbakar.

Buah serat tinggi

Serat yang dikandung buah-buahan juga bisa mengurangi rasa pedas. Sebaiknya Anda pilih buah-buahan tinggi serat seperti pisang atau alpukat. Anda bisa memakan buah-buahan tersebut secara langsung atau menghaluskannya menjadi smoothie.

Roti

Makanan yang mengandung tepung seperti roti bisa membantu menyerap rasa pedas yang tertinggal di lidah. Hal ini juga berlaku untuk nasi. Cukup kunyah-kunyah secuil kecil roti atau nasi, terutama nasi hangat, maka rasa pedas pun langsung hilang.

Makanan asam

Cabai dan merica yang menimbulkan rasa pedas umumnya memiliki sifat basa. Nah untuk menetralkannya, Anda tinggal mengonsumsi makanan yang memiliki sifat asam, seperti lemon atau jeruk. Anda bisa langsung mengonsumsi buah-buahan ini atau mengambil sarinya saja.

Minyak zaitun

Selain untuk masak. minyak zaitu juga berguna untuk mengurangi rasa pedas di mulut. Caranya, berkumurlah dengan sesendok makan minyak zaitun, lalu buang. Lanjutnya dengan berkumur air dingin. Rasa pedas dijamin berkurang.

Kacang

Rasa pedas umumnya disebabkan oleh zat bernama capsaicin yang banyak terdapat pada cabai. Nah kacang-kacangan ternyata punya kandungan lemak yang dapat mengikat zat ini, sehingga rasa pedas di mulut bisa berkurang. Anda bisa langsung mengonsumsi beberapa jenis kacang atau mengisap selai kacang sampai pedasnya mereda.

Jadi jangan takut buat makan pedas, karena ada banyak kan caranya untuk menghilangkan rasa pedas? Selain itu, makanan pedas kan juga punya banyak manfaat untuk tubuh.

Nah menu pedas apa nih yang jadi favorit Anda? Cobain lebih banyak menu pedas ala FiberCreme juga ya. Dapatkan ratusan resep yang pasti mudah, enak dan tinggi serat dari akun Instagram @FiberCreme_TV. Atau berbagi resep masakan pedas ala keluarga Anda dengan pecinta kuliner lain melalui aplikasi Enakpedia yang bisa diunduh melalui Google Playstore.

X