Sudah jadi rahasia umum kalau ikan adalah sumber protein yang cukup tinggi. Selain itu, ikan umumnya mudah diolah jadi masakan apapun sehingga jadi salah satu bahan makanan paling dicari ibu-ibu rumah tangga.

Tapi beberapa jenis ikan, terutama ikan air tawar seperti mujair, gurame dan patin, bisa memiliki bau dan rasa seperti tanah yang tentunya bakal mengurangi cita rasanya. Bau ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti bakteri dan algae yang berasal dari kolam-kolam tempat ikan berkembang biak, atau karena pakan si ikan sendiri.

Yang manapun penyebabnya, bau dan rasa tanah pada ikan tetap mengganggu. Tapi kalau Anda telanjur punya ikan seperti ini, jangan keburu dibuang karena baunya bisa dihilangkan kok. Baca terus untuk tahu bagaimana caranya!

Bersihkan di bawah air mengalir

Jika Anda membeli ikan dalam keadaan hidup, letakkan di bak berisi air tawar yang bersih dan pelihara di sana selama seminggu. Hal ini berguna untuk menyingkirkan bakteri dan algae yang terbawa dari kolam habitat aslinya, sehingga rasa dan aroma ikan bisa netral dengan sendirinya.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan ikan sebersih-bersihnya. Buang semua isi perut ikan, dan cuci di bawah air mengalir, Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi penumpukan kotoran di daging ikan.

Rendam dalam larutan cuka

Asam pada cuka bisa mengikat dan memecah senyawa penyebab bau lumpur pada ikan. Untuk menggunakan cara ini, tuang cuka secukupnya dalam air dan gunakan larutan ini sebagai rendaman ikan. Biarkan selama 15-20 menit, dan cuci bersih ikan sebelum dimasak. Oh iya, Anda juga bisa menggunakan cairan bersifat asam lainnya, seperti air perasan lemon atau jeruk nipis.

Rendam dalam susu

Susu juga bisa digunakan untuk menyamarkan bau dan rasa tanah. Caranya cukup rendam daging ikan yang sudah dibersihkan dalam larutan susu selama sekitar satu jam. Setelah itu, ikan tidak perlu dicuci kok. Langsung bumbui saja, karena gurihnya susu bisa ikut menambahkan rasa ke masakan Anda.

Masak ikan dalam rempah-rempah

Sambil membumbui, Anda bisa merendam ikan dalam rempah-rempah untuk menghilangkan bau tanahnya. Pertama, bersihkan dulu daging ikan dan sayat-sayat halus agar bumbunya meresap. Lalu haluskan rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan bawang putih, kemudian balurkan ke seluruh daging ikan selama sekitar 30 menit. Anda bisa langsung menggoreng ikan yang sudah dimarinasi, atau mencucinya hingga bersih sebelum diolah jadi masakan lain.

Nah, Anda sudah bisa mendapatkan ikan yang bebas bau tanah kan? Sekarang, yuk kreasikan ikan Anda untuk jadi Kukus Ikan Bandeng, Pantollo Ikan Pamarrasan, atau Lempah Kuning Bangka ala

FiberCreme ini. Butuh lebih banyak resep berbahan dasar ikan? Follow @FiberCreme_TV di Instagram ya, karena ada banyak resep mudah dan praktis yang bisa Anda praktekkan di rumah.

X