Bau Tanah Pada Ikan Bisa Hilang Dengan Cara Mudah Ini Lho!

Jan 17, 2020 | Artikel | 1 Komentar

Sudah jadi rahasia umum kalau ikan adalah sumber protein yang cukup tinggi. Selain itu, ikan umumnya mudah diolah jadi masakan apapun sehingga jadi salah satu bahan makanan paling dicari ibu-ibu rumah tangga.

Tapi beberapa jenis ikan, terutama ikan air tawar seperti mujair, gurame dan patin, bisa memiliki bau dan rasa seperti tanah yang tentunya bakal mengurangi cita rasanya. Bau ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti bakteri dan algae yang berasal dari kolam-kolam tempat ikan berkembang biak, atau karena pakan si ikan sendiri.

Yang manapun penyebabnya, bau dan rasa tanah pada ikan tetap mengganggu. Tapi kalau Anda telanjur punya ikan seperti ini, jangan keburu dibuang karena baunya bisa dihilangkan kok. Baca terus untuk tahu bagaimana caranya!

Bersihkan di bawah air mengalir

Jika Anda membeli ikan dalam keadaan hidup, letakkan di bak berisi air tawar yang bersih dan pelihara di sana selama seminggu. Hal ini berguna untuk menyingkirkan bakteri dan algae yang terbawa dari kolam habitat aslinya, sehingga rasa dan aroma ikan bisa netral dengan sendirinya.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan ikan sebersih-bersihnya. Buang semua isi perut ikan, dan cuci di bawah air mengalir, Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi penumpukan kotoran di daging ikan.

Rendam dalam larutan cuka

Asam pada cuka bisa mengikat dan memecah senyawa penyebab bau lumpur pada ikan. Untuk menggunakan cara ini, tuang cuka secukupnya dalam air dan gunakan larutan ini sebagai rendaman ikan. Biarkan selama 15-20 menit, dan cuci bersih ikan sebelum dimasak. Oh iya, Anda juga bisa menggunakan cairan bersifat asam lainnya, seperti air perasan lemon atau jeruk nipis.

Rendam dalam susu

Susu juga bisa digunakan untuk menyamarkan bau dan rasa tanah. Caranya cukup rendam daging ikan yang sudah dibersihkan dalam larutan susu selama sekitar satu jam. Setelah itu, ikan tidak perlu dicuci kok. Langsung bumbui saja, karena gurihnya susu bisa ikut menambahkan rasa ke masakan Anda.

Masak ikan dalam rempah-rempah

Sambil membumbui, Anda bisa merendam ikan dalam rempah-rempah untuk menghilangkan bau tanahnya. Pertama, bersihkan dulu daging ikan dan sayat-sayat halus agar bumbunya meresap. Lalu haluskan rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan bawang putih, kemudian balurkan ke seluruh daging ikan selama sekitar 30 menit. Anda bisa langsung menggoreng ikan yang sudah dimarinasi, atau mencucinya hingga bersih sebelum diolah jadi masakan lain.

Nah, Anda sudah bisa mendapatkan ikan yang bebas bau tanah kan? Sekarang, yuk kreasikan ikan Anda untuk jadi Kukus Ikan Bandeng, Pantollo Ikan Pamarrasan, atau Lempah Kuning Bangka ala

FiberCreme ini. Butuh lebih banyak resep berbahan dasar ikan? Follow @FiberCreme_TV di Instagram ya, karena ada banyak resep mudah dan praktis yang bisa Anda praktekkan di rumah.

1 Komentar

  1. Yolan

    Saya udah coba rendam ikan Mujair dengan susu, tapi kok bau dan rasa Lumpur nya nggak hilang ya?

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...