Bumbu-bumbu saja kadang tidak cukup untuk membuat masakan terasa sedap. Makanya Anda butuh juga daun-daunan aromatik yang bukan hanya menambah cita rasa masakan, tapi juga membuat aromanya lebih kuat dan menggoda selera.

Contoh daun aromatik yang sering kita pakai contohnya adalah kemangi dan daun salam. Tapi ternyata masih ada sangat banyak jenis daun aromatik lain yang mungkin Anda belum tahu. Jadi, baca terus ya untuk lihat daun-daun aromatik apa saja itu, dan di masakan apa saja mereka biasanya digunakan!

 

Kari

Selama ini Anda mungkin hanya mengenal kari sebagai nama masakan. Padahal kari juga merupakan nama daun aromatik yang, seperti namanya, memang dipakai untuk menambah aroma dan rasa pada kari khas India. Selain kari, daun ini juga banyak digunakan di masakan khas Aceh. Belakangan daun kari juga banyak dipakai untuk campuran saus salted egg atau telur asin.

 

Basil

Basil punya tampilan seperti daun kemangi dengan cita rasa yang kuat dan agak tajam. Daun ini tidak banyak digunakan di masakan Indonesia. Tapi tidak dengan Eropa, terutama Italia, dimana basil banyak digunakan sebagai campuran salad dan saus pesto.

 

Oregano

Daun oregano segar sangat jarang ditemui, bahkan di negara-negara yang rutin menggunakan daun ini untuk masakan. Tapi ini bukan berarti hal buruk, karena daun oregano kering ternyata punya rasa yang lebih kuat daripada versi daun segarnya.

Oregano sendiri punya rasa sedikit manis dan pedas yang menghangatkan. Oregano biasanya digunakan untuk campuran bumbu pizza khas Italia, dan campuran bumbu pedas untuk masakan khas Meksiko.

 

Rosemary

Walaupun daunnya kecil-kecil, rosemary punya aroma dan rasa yang sangat kuat dan cenderung tajam. Daun rosemary biasanya dicincang terlebih dulu sebelum dibalurkan ke daging-dagingan, digunakan sebagai olesan roti panggang, dan dicampurkan ke beberapa jenis masakan khas Italia.

 

Dill

Dill terlihat seperti tanaman pakis dengan tekstur daun yang lembut seperti rambut. Dengan rasa yang seperti kombinasi adas dan seledri, dan sedikit pahir, daun dill banyak dihubung-hubungkan dengan makanan khas Skandinavia, khususnya salmon. Tapi daun ini juga banyak ditemukan di beberapa makanan khas Yunani, India dan Eropa Timur.

 

Thyme

Daun thyme punya bentuk oval kecil dengan aroma harum yang kuat dan khas. Aromanya akan lebih kuat saat sudah dikeringkan. Daun thyme banyak dipakai untuk membumbui ayam panggang serta sebagai campuran di banyak hidangan Eropa dan Timur Tengah.    

Nah, udah gak bingung lagi kan daun seperti apa yang harus Anda pakai ketika mau recook resep-resep dari @FiberCreme_TV? Biar masakan jadi lebih lezat, jangan lupa untuk selalu menambahkan FiberCreme ya. Selain sebagai pengganti santan, krimer serbaguna ini juga bisa lho digunakan sebagai pengganti susu yang lebih rendah lemak, tinggi serat dan bebas laktosa.

X