Selan Ovalet, SP, dan TBM, 5 Bahan Ini Juga Bisa Buat Kue Lebih Lembut

Feb 1, 2021 | Artikel | 0 Komentar

Anda yang hobi membuat kue, terutama yang bertekstur empuk seperti cake atau bolu, pasti sudah tidak asing dengan pengemulsi. Bahan-bahan seperi Ovalet, SP, dan TBM mungkin sudah selalu tersedia di kulkas agar Anda bisa berkreasi kapanpun Anda mau.

Karena seperti yang sudah FiberCreme jelaskan sebelumnya, Ovalet, SP, dan TBM bisa digunakan sebagai pengemulsi kue untuk melembutkan dan menstabilkan adonan agar tidak mudah turun. Dengan begitu, adonan terlihat lebih bagus dan hasilnya lebih empuk.

Meski ada perbedaan sedikit di komposisinya, Ovalet, SP, dan TBM umumnya bisa dipakai sebagai pengemulsi kue untuk menggantikan satu sama lain. Ketiga bahan ini juga memiliki aturan pakai yang hampir sama, biasanya yaitu hanya 1 sendok teh untuk setiap 5 butir telur. Sangat tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu banyak, karena dapat menimbulkan masalah pencernaan. Bahkan sebuah studi pernah mengatakan bahwa penggunaan yang sangat banyak bisa menimbulkan kanker usus.

Tapi Ovalet, SP, dan TBM bukan satu-satunya pilihan untuk membuat kue lebih empuk dan lembut. Tergantung kue yang Anda buat, Anda bisa juga menggunakan 5 pengembang dan pengempuk ini lho!

Putih telur         

pengemulsi kue                                                             

Putih telur memiliki kemampuan mengembang yang sangat baik. Anda bisa gunakan kocokan putih telur untuk adonan kue untuk membuat hasilnya lebih naik dan empuk. Ingat untuk mengocoknya terlebih dahulu sampai stiff peak atau ketika wadah berisi putih telur dibalik, tidak ada bagian yang terjatuh.

Kemudian, campurkan ke adonan dalam beberapa tahapan dan jangan masukkan bahan lain secara tiba-tiba agar putih telur tidak turun. Lebih baik lagi semua bahan seperti tepung dan gula sudah larut dulu sebelum kocokan putih telur dimasukkan. Jadi setelah menambahkan putih telur, Anda tinggal gunakan spatula untuk mencampur adonannya hingga merata. Dengan begitu, adonan akan lebih stabil dan lebih rendah kemungkinannya untuk turun.

Lesitin

pengemulsi kue

source : naturalfarm.id

Lesitin merupakan pengemulsi alami yang terbuat dari kedelai dan umumnya dijual dalam bentuk cair atau butiran. Bahan ini memiliki sifat unik karena meski terbuat dari bahan nabati, kemampuannya memadukan air dan lemak secara merata. Kemampuan ini hampir sama seperti Ovalet, SP dan TBM.

Lesitin dianggap sebagai alternatif yang lebih aman. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lesitin kedelai dapat mempengaruhi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah secara positif.

Baking Powder

pengemulsi kue

Baking powder dijual dalam bentuk bubuk berwarna putih. Bahan ini bekerja mengempukkan kue dengan mengeluarkan gas karbondioksida saat bereaksi dengan panas atau cairan. Sangat disarankan untuk menggunakan baking powder yang masih baru untuk membuat kue, karena bahan ini punya masa aktif.

Masa aktif, yang tidak selalu sama dengan tanggal kadaluwarsa, adalah periode dimana baking powder dapat digunakan secara maksimal. Umumnya hanya sekitar 1 bulan setelah kemasannya dibuka. Jadi untuk hasil yang lebih baik, pastika baking powder Anda tidak melewati periode ini.

Fermipan

source : bukalapak.com

Fermipan sebenarnya adalah sebuah merk. Produknya masuk dalam kategori ragi kering atau dry yeast yang dikenal sebagai bahan pengembang roti/ Ragi merupakan organisme atau makhluk hidup yang menghasilkan karbondioksida untuk membuat adonan mengembang dan menjadikan teksturnya empuk.

Ragi biasanya dipakai untuk mengembangkan adonan roti, misalnya sejenis roti tawar. Cara menggunakannya, ragi terlebih dulu dicampur dengan gula dan air. Setelahnya, ragi akan mulai mengubah karbohidrat dari gula menjadi gas karbondioksida.

Karena merupakan makhluk hidup, ragi bisa mati dan tidak berfungsi seperti seharusnya. Untuk itu, pastikan ragi Anda selalu baru atau simpan dalam wadah tertutup dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

<iframe width=”948″ height=”533″ src=”https://www.youtube.com/embed/uhgTBJ4iX_s” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Bread improver

source : naheed.pk

Sesuai namanya, bread improver adalah bahan tambahan untuk membuat adonan roti jadi lebih mengembang. Bahan ini terdiri dari asam askorbat sebagai penguat gluten, natrium metabisulfit sebagai pelunak gluten, amonium klorida sebagai makanan ragi, enzim alfa-amilase, dan surfaktan atau letisin sebagai pengemulsi kue. Dengan menambahkan bread improver, roti akan jadi lebih empuk, teksturnya lebih lembut, serta seratnya jadi lebih halus.

Sudah tahu bahan apa yang harus ditambahkan agar roti Anda semakin lembut dan lezat? Apapun yang Anda pilih, pastikan pakai juga FiberCreme untuk membuat rasanya lebih creamy dan tinggi serat. Anda yang ingin berkreasi tapi belum ada ide mau buat apa, yuk cek resep-resep mudah ala FiberCreme di YouTube FiberCreme atau Instagram @FiberCreme_TV.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

banner mobile FiberCreme Academy

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

5 Alternatif Minyak Goreng Anti Kolesterol dan Ramah Diet

Alternatif minyak goreng - Makanan yang digoreng sudah lama jadi bagian dari menu sehari-hari kita. Padahal seperti yang kita tahu, gorengan bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Selain pada sesering apa kita mengonsumsinya, bahayanya juga bergantung pada...

28 Ide Bekal Sehat untuk Menyambut Sekolah Tatap Muka

Bekal sehat - Setelah lebih dari setahun sekolah dari rumah, akhirnya sekolah umum mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi. Artinya, anak-anak sudah bisa kembali belajar dan beraktivitas di sekolah nih, walaupun tetap dengan prokes yang ketat. Apa aja yang...

Cendol dan Dawet, Apa Saja Beda Kedua Minuman Ini?

Siapa sih yang tidak pernah mencoba segarnya es cendol dan es dawet? Kedua minuman tradisional ini kan memang sangat populer dan mudah ditemui di sekitar kita. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, dua minuman ini juga kebanyakan dijual dengan harga yang sangat...

10 Ide Hidangan Sayur Lezat Peningkat Imunitas

Makanan sehat adalah kebutuhan utama setiap orang, apalagi kala memperkuat imunitas jadi priotitas seperti saat ini. Dan sayur-mayur menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan agar kita memperoleh nutrisi seimbang sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga....

Resep Terbaru

Resep Lemper Lezat Isi Ayam
Resep Lemper Lezat Isi Ayam

Resep Lemper Lezat Isi Ayam Lemper fibercreme Lezat Isi Ayam! Bekal yang lezat dan bisa membuat kamu cepat kenyang. Apalagi dengan menggunakan FiberCreme pengganti santan tinggi serat. 50 gram FiberCreme400 gram beras ketan (rendam 2 jam)2 lembar daun salam2 batang...

Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih
Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih

Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih Membuatnya udah nggak pakai santan loh, tapi pakai FiberCreme pengganti santan tinggi serat yang sangat lezat dan creamy. Kamu #Beranicobamasak nggak? Tunggu apalagi, FiberCreme mengandung serat yang tinggi 50 gram...

Ayam Iloni Gurih & Pedas
Ayam Iloni Gurih & Pedas

  Ayam Iloni Gurih & Pedas Kota Gorontalo juga punya makanan khas lho. Yap Ayam Iloni namanya. Kali ini resep ayam iloni dari chef profesional @williamwongso yang bisa kamu coba di rumah. Seperti namanya, kalian cukup menyiapkan daging ayam untuk bahan...

Resep Rolade Ayam Saus
Resep Rolade Ayam Saus

Resep Rolade Ayam Saus Rolade Ayam Saus FiberCreme yuk! Dengan tambahan FiberCreme pengganti santan tinggi serat di dalamnya, bikin menu kamu tambah enak dan juga tinggi serat lho! 40 gram tepung terigu protein sedang 1/4 sdt garam1 butir telur75 ml air1/2 sdm...

Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang
Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang

Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang Membuat kue untuk hidangan keluarga merupakan hal yang seru ya. Chef profesional William Wongso kali ini punya rekomendasi hidangan dan wajib kamu cobain deh. Yap! Kurma Kelapa Panggang merupakan resep yang cocok disajikan untuk...