Selan Ovalet, SP, dan TBM, 5 Bahan Ini Juga Bisa Buat Kue Lebih Lembut

Feb 1, 2021 | Artikel | 0 Komentar

Anda yang hobi membuat kue, terutama yang bertekstur empuk seperti cake atau bolu, pasti sudah tidak asing dengan pengemulsi. Bahan-bahan seperi Ovalet, SP, dan TBM mungkin sudah selalu tersedia di kulkas agar Anda bisa berkreasi kapanpun Anda mau.

Karena seperti yang sudah FiberCreme jelaskan sebelumnya, Ovalet, SP, dan TBM bisa digunakan sebagai pengemulsi kue untuk melembutkan dan menstabilkan adonan agar tidak mudah turun. Dengan begitu, adonan terlihat lebih bagus dan hasilnya lebih empuk.

Meski ada perbedaan sedikit di komposisinya, Ovalet, SP, dan TBM umumnya bisa dipakai sebagai pengemulsi kue untuk menggantikan satu sama lain. Ketiga bahan ini juga memiliki aturan pakai yang hampir sama, biasanya yaitu hanya 1 sendok teh untuk setiap 5 butir telur. Sangat tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu banyak, karena dapat menimbulkan masalah pencernaan. Bahkan sebuah studi pernah mengatakan bahwa penggunaan yang sangat banyak bisa menimbulkan kanker usus.

Tapi Ovalet, SP, dan TBM bukan satu-satunya pilihan untuk membuat kue lebih empuk dan lembut. Tergantung kue yang Anda buat, Anda bisa juga menggunakan 5 pengembang dan pengempuk ini lho!

Putih telur         

pengemulsi kue                                                             

Putih telur memiliki kemampuan mengembang yang sangat baik. Anda bisa gunakan kocokan putih telur untuk adonan kue untuk membuat hasilnya lebih naik dan empuk. Ingat untuk mengocoknya terlebih dahulu sampai stiff peak atau ketika wadah berisi putih telur dibalik, tidak ada bagian yang terjatuh.

Kemudian, campurkan ke adonan dalam beberapa tahapan dan jangan masukkan bahan lain secara tiba-tiba agar putih telur tidak turun. Lebih baik lagi semua bahan seperti tepung dan gula sudah larut dulu sebelum kocokan putih telur dimasukkan. Jadi setelah menambahkan putih telur, Anda tinggal gunakan spatula untuk mencampur adonannya hingga merata. Dengan begitu, adonan akan lebih stabil dan lebih rendah kemungkinannya untuk turun.

Lesitin

pengemulsi kue

source : naturalfarm.id

Lesitin merupakan pengemulsi alami yang terbuat dari kedelai dan umumnya dijual dalam bentuk cair atau butiran. Bahan ini memiliki sifat unik karena meski terbuat dari bahan nabati, kemampuannya memadukan air dan lemak secara merata. Kemampuan ini hampir sama seperti Ovalet, SP dan TBM.

Lesitin dianggap sebagai alternatif yang lebih aman. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lesitin kedelai dapat mempengaruhi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah secara positif.

Baking Powder

pengemulsi kue

Baking powder dijual dalam bentuk bubuk berwarna putih. Bahan ini bekerja mengempukkan kue dengan mengeluarkan gas karbondioksida saat bereaksi dengan panas atau cairan. Sangat disarankan untuk menggunakan baking powder yang masih baru untuk membuat kue, karena bahan ini punya masa aktif.

Masa aktif, yang tidak selalu sama dengan tanggal kadaluwarsa, adalah periode dimana baking powder dapat digunakan secara maksimal. Umumnya hanya sekitar 1 bulan setelah kemasannya dibuka. Jadi untuk hasil yang lebih baik, pastika baking powder Anda tidak melewati periode ini.

Fermipan

source : bukalapak.com

Fermipan sebenarnya adalah sebuah merk. Produknya masuk dalam kategori ragi kering atau dry yeast yang dikenal sebagai bahan pengembang roti/ Ragi merupakan organisme atau makhluk hidup yang menghasilkan karbondioksida untuk membuat adonan mengembang dan menjadikan teksturnya empuk.

Ragi biasanya dipakai untuk mengembangkan adonan roti, misalnya sejenis roti tawar. Cara menggunakannya, ragi terlebih dulu dicampur dengan gula dan air. Setelahnya, ragi akan mulai mengubah karbohidrat dari gula menjadi gas karbondioksida.

Karena merupakan makhluk hidup, ragi bisa mati dan tidak berfungsi seperti seharusnya. Untuk itu, pastikan ragi Anda selalu baru atau simpan dalam wadah tertutup dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

<iframe width=”948″ height=”533″ src=”https://www.youtube.com/embed/uhgTBJ4iX_s” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Bread improver

source : naheed.pk

Sesuai namanya, bread improver adalah bahan tambahan untuk membuat adonan roti jadi lebih mengembang. Bahan ini terdiri dari asam askorbat sebagai penguat gluten, natrium metabisulfit sebagai pelunak gluten, amonium klorida sebagai makanan ragi, enzim alfa-amilase, dan surfaktan atau letisin sebagai pengemulsi kue. Dengan menambahkan bread improver, roti akan jadi lebih empuk, teksturnya lebih lembut, serta seratnya jadi lebih halus.

Sudah tahu bahan apa yang harus ditambahkan agar roti Anda semakin lembut dan lezat? Apapun yang Anda pilih, pastikan pakai juga FiberCreme untuk membuat rasanya lebih creamy dan tinggi serat. Anda yang ingin berkreasi tapi belum ada ide mau buat apa, yuk cek resep-resep mudah ala FiberCreme di YouTube FiberCreme atau Instagram @FiberCreme_TV.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Terbaru

Resep Dessert Box Tiramisu

  Resep Dessert Box Tiramisu DESSERT BOX TIRAMISU, IDE JUALAN UNTUNG GEDE! Biar semua anggota keluarga bisa menikmati lebih leluasa, pastikan kamu pakai @FiberCreme yang bebas laktosa, rendah gula, rendah lemak, dan rendah kalori ya. Selain dinikmati sendiri,...

Bisa Makan Bersantan Tanpa Menaikkan Kolesterol? Ikuti 5 Cara Ini

Siapa yang tidak kenal santan, salah satu bahan yang umum ditemui pada berbagai masakan sehari-hari, masakan bersantan banyak ditemui di Indonesia khususnya pada masakan tradisional. Dihasilkan dari parutan daging buah kelapa, santan secara turun-temurun sudah...

Tahu Berbau Busuk? Jangan Dibuang Dulu, Selamatkan Dengan Cara ini!

Siapa yang tidak kenal tahu? Bahan makanan yang satu ini jadi salah satu andalan keluarga di seluruh Indonesia karena rasanya yang lezat, mudah diolah jadi apapun, dan terutama karena harganya yang terjangkau. Makanya sering kali kita membeli tahu dalam jumlah banyak...

FiberCreme Online Store