Wajan Murah Bisa Juga Dibikin Jadi Wajan Anti Lengket! Ini Caranya!

Jul 2, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Bicara soal wajan anti lengket, mungkin teflon jadi hal yang pertama kali kita pikirkan. Dengan kelebihan anti lengket tersebut, teflon memang lebih mudah dibersihkan dan bahkan bisa bantu mengurangi penggunaan minyak. Jadi, wajar saja kalau kebanyakan teflon dijual dengan harga cukup mahal.

Tapi tidak semua orang mampu atau mau mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk teflon lho! Anda termasuk? Tenang saja, karena wajan biasa juga bisa dibuat anti lengket. Memang ada cara-cara yang harus dilakukan dulu sebelum wajan bisa digunakan memasak. Tapi tenaga yang Anda keluarkan sepadan kok agar masakan tidak lengket dan bentuknya tetap sempurna walaupun wajannya bukan anti lengket yang mahal.

Gunakan minyak

 

Ketika baru membeli wajan, Anda bisa buat sendiri lapisan anti lengketnya. Untuk cara ini, pastikan dulu dapur Anda memiliki ventilasi yang baik karena prosesnya akan menimbulkan asap yang lumayan. Caranya:

  1. Bersihkan wajan dari lapisan plastik anti goresnya. Lalu cuci hingga benar-benar bersih dan keringkan.
  2. Letakkan wajan di atas kompor dengan api paling besar. Panaskan hingga berasap dan warnanya berubah, lalu miringkan dan bolak-balik wajan agar semua bagian wajan terkena panas.
  3. Dalam keadaan kompor masih menyala, tuangkan segelas air dan ratakan ke seluruh bagian wajan dengan spatula.
  4. Buang air dan ulangi langkah 2 dan 3.
  5. Bersihkan wajan dari air. Tetap dengan wajan di atas api besar, tuangkan sedikit minyak goreng dan ratakan ke seluruh bagian wajan dengan spatula.
  6. Tuang minyak ke wadah lain dari wajan. Bila tidak ada minyak menempel, artinya lapisan anti lengket sudah terbentuk. Jika belum, ulangi langkah 5 hingga 2 atau 3 kali.
  7. Bersihkan wajan dan tes lapisan anti lengketnya dengan memasukkan sedikit minyak goreng untuk menggoreng telur. Jika telur sudah tidak lengket, wajan siap digunakan untuk masak bahan lainnya.

Gunakan garam

Cukup dengan garam dapur, wajan biasa Anda bisa jadi anti lengket. Caranya:

  1. Panaskan wajan biasa di atas api besar selama sekitar 5 menit.
  2. Kemudian taburkan ¼ cangkir garam dan ratakan ke seluruh permukaan wahan. Tekan-tekan dengan tissue, lalu singkirkan garam dari wajan.
  3. Tuangkan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam wajan, kemudian ratakan di bagian dalam dan luar wajan.
  4. Letakkan wajan dalam posisi terbalik di loyang dan panggang dalam oven bersuhu 162 derajat celcius selama 1 jam.
  5. Setelah itu matikan oven dan biarkan dingin. Keluarkan, lalu uji dengan menggoreng telur mata sapi.

Hindari menggunakan alat masak berbahan logam

Jika Anda wajan Anda sudah memiliki lapisan anti lengket, jaga agar kondisinya tetap baik dengan menghindari alat masak berbahan logam. Alat-alat masak ini bisa menggores hingga merusak lapisan anti lengket. Jadi lebih baik gunakan alat masak yang terbuat dari kayu atau bambu.

Tunggu hingga masakan matang sempurna

Ketika menggoreng, hindari membolak-balik bahan makanan sebelum teksturnya benar-benar matang atau kering. Karena bahan makanan yang masih basah atau belum matang sempurna cenderung menempel pada wajan.

 

Hobi masak Anda sudah tidak terhalang wajan lengket lagi kan? Sekarang lanjut deh goreng-gorengnya. Buat yang masih bingung mau bikin apa dengan wajan anti lengketnya, cek resep-resep dari FiberCreme aja. Follow @FiberCreme_TV di Instagram atau subscribe ke channel YouTube FiberCreme yuk, untuk dapatkan resep-resep menarik yang mudah, lezat dan tinggi serat.

Punya resep sendiri yang ingin Anda bagi? Download Enakpedia sekarang di Google Play Store untuk unggah resep andalan Anda, dapatkan resep baru dari sesama user, dan selesaikan misi berhadiahnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Gak Makan Cokelat Karena Takut Jerawat? Rugi Dong!

Makan cokelat bikin jerawat? Memang ada beberapa yang jadi jerawatan setelah makan cokelat. Tapi kemungkinan sih itu cuma kebetulan.

Katanya Sering Ngemil Gak Baik untuk Tubuh. Padahal…

Cemilan jadi salah satu jenis makanan yang paling dihindari kala kamu sedang diet. Padahal, gak semua cemilan menimbulkan efek yang gak baik untuk tubuh.

Libur Olahraga, Siap-Siap Otot Kamu Jadi Lemak

Otot yang sudah susah-susah kamu bentuk emang bisa berubah jika kamu berhenti berolahraga. Tapi bukan berubah jadi lemak seperti kata mitos ya!

Rendah Lemak Belum Tentu Baik Karena…

Makanan yang dilabeli “rendah lemak” ternyata belum tentu lebih sehat! Ini lho penjelasannya.

Cuka Apel Bantu Bakar Lemak? Pikir Lagi!

Cuka apel jadi salah satu bahan yang belakangan ini banyak dipilih orang, untuk program diet. Mitos ini setengah salah dan setengah benar lho!

Telur Memang Mengandung Kolesterol, Tapi…

Bahan makanan yang satu ini memang mengandung kolesterol, tapi tidak ada bukti cukup yang menyebut kolesterol dari telur bisa mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Makan Malam Hari Gak Bikin Gemuk Kok

Kita mungkin sering diberitahu bahwa makan malam bisa menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata pendapat ini salah lho.

Jadwal Kegiatan

august

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X