Tuna vs. Salmon, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Nov 20, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari makan ikan. Salah satunya adalah mendapatkan lemak omega-3 yang baik untuk mencegah beberapa macam penyakit jantung. Dari beberapa jenis ikan. yang sering disebut paling sehat diantaranya adalah tuna dan salmon.

Meski sama-sama pilihan yang baik kalau kita berniat memperbanyak konsumsi ikan, tuna dan salmon punya kelebihan masing-masing. Kita harus bisa memilih ikan yang tepat utuk mendapatkan kandungan gizi yang kita inginkan. Yuk baca terus untuk tahu mana ikan yang lebih baik untuk dikonsumsi.

Kalori dan lemak

Nilai kalori tuna jauh lebih rendah daripada salmon. Menurut healthyeating.sfgate, pada 85 gram tuna terdapat 110 kalori dan sangat sedikit lemak, termasuk 278 miligram lemak omega-3 yang sehat. Pada takaran yang sama, salmon memiliki 160 kalori dan 5 gram lemak, yang termasuk 2 gram lemak jenuh dan 1.564 miligram lemak omega-3

Nilai gizi

Secara umum, salmon memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi daripada tuna. Satu porsi salmon bisa memberikan kita lebih banyak vitamin B-12 daripada tuna dengan jumlah yang sama. Salmon bisa memenuhi 45% kebutuhan harian kita akan B-12, sementara tuna hanya bisa memenuhi 30%-nya saja.

Selain itu, salmon mengandung 25% kebutuhan harian kita akan riboflavin, 15% thiamin, serta 6% folat. Dengan porsi yang sama, tuna hanya memenuhi 6% kebutuhan harian kita akan riboflavin, 2% thiamin, dan 2% folat.

Tapi tuna  memiliki kandungan niacin yang lebih tinggi, yaitu 80% dari jumlah kebutuhan harian kita. Sementara salmon hanya mengandung 45% niacin yang kita butuhkan per-hari. Baik salmon maupun tuna, keduanya bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin B-6 harian kita.

Protein

85 gram tuna mengandung 24 gram protein yang baik untuk tubuh. Dalam jumlah yang sama, ikan salmon mengandung 22 gram protein.

Manfaat

Jika ditanya mana ikan yang lebih baik, hal ini tergantung kebutuhan kita masing-masing. Kalau kita ingin ikan yang lebih rendah lemak dan kalori, maka tuna adalah opsi terbaik. Namun jika kita ingin menaikkan konsumsi omega-3, salmon bisa jadi pilihan. Begitu juga jika kita ingin membentuk otot, maka kita bisa menambah konsumsi protein dengan mengonsumsi tuna yang punya protein lebih tinggi.

Jadi ikan mana yang punya nilai gizi sesuai kebutuhan Anda? Temukan cara mengolah ikan salmon atau tuna dengan resep-resep praktis, lezat dan sehat ala FiberCreme yuk. Kunjungi Instagram @FiberCreme_TV atau download aplikasi @Enakpedia.App di Google Play Store untuk temukan inspirasi lezatnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...