Tuna vs. Salmon, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Nov 20, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari makan ikan. Salah satunya adalah mendapatkan lemak omega-3 yang baik untuk mencegah beberapa macam penyakit jantung. Dari beberapa jenis ikan. yang sering disebut paling sehat diantaranya adalah tuna dan salmon.

Meski sama-sama pilihan yang baik kalau kita berniat memperbanyak konsumsi ikan, tuna dan salmon punya kelebihan masing-masing. Kita harus bisa memilih ikan yang tepat utuk mendapatkan kandungan gizi yang kita inginkan. Yuk baca terus untuk tahu mana ikan yang lebih baik untuk dikonsumsi.

Kalori dan lemak

Nilai kalori tuna jauh lebih rendah daripada salmon. Menurut healthyeating.sfgate, pada 85 gram tuna terdapat 110 kalori dan sangat sedikit lemak, termasuk 278 miligram lemak omega-3 yang sehat. Pada takaran yang sama, salmon memiliki 160 kalori dan 5 gram lemak, yang termasuk 2 gram lemak jenuh dan 1.564 miligram lemak omega-3

Nilai gizi

Secara umum, salmon memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi daripada tuna. Satu porsi salmon bisa memberikan kita lebih banyak vitamin B-12 daripada tuna dengan jumlah yang sama. Salmon bisa memenuhi 45% kebutuhan harian kita akan B-12, sementara tuna hanya bisa memenuhi 30%-nya saja.

Selain itu, salmon mengandung 25% kebutuhan harian kita akan riboflavin, 15% thiamin, serta 6% folat. Dengan porsi yang sama, tuna hanya memenuhi 6% kebutuhan harian kita akan riboflavin, 2% thiamin, dan 2% folat.

Tapi tuna  memiliki kandungan niacin yang lebih tinggi, yaitu 80% dari jumlah kebutuhan harian kita. Sementara salmon hanya mengandung 45% niacin yang kita butuhkan per-hari. Baik salmon maupun tuna, keduanya bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin B-6 harian kita.

Protein

85 gram tuna mengandung 24 gram protein yang baik untuk tubuh. Dalam jumlah yang sama, ikan salmon mengandung 22 gram protein.

Manfaat

Jika ditanya mana ikan yang lebih baik, hal ini tergantung kebutuhan kita masing-masing. Kalau kita ingin ikan yang lebih rendah lemak dan kalori, maka tuna adalah opsi terbaik. Namun jika kita ingin menaikkan konsumsi omega-3, salmon bisa jadi pilihan. Begitu juga jika kita ingin membentuk otot, maka kita bisa menambah konsumsi protein dengan mengonsumsi tuna yang punya protein lebih tinggi.

Jadi ikan mana yang punya nilai gizi sesuai kebutuhan Anda? Temukan cara mengolah ikan salmon atau tuna dengan resep-resep praktis, lezat dan sehat ala FiberCreme yuk. Kunjungi Instagram @FiberCreme_TV atau download aplikasi @Enakpedia.App di Google Play Store untuk temukan inspirasi lezatnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Susah BAB, Pencahar Adalah Jalan Keluar

Efek dari sulit BAB yang paling nyata adalah perut terasa penuh dan gak nyaman. Kalau sudah begini, biasanya pencahar jadi solusi

Salad Ternyata Gak Sehat! Ini Alasannya

Salad yang terdiri dari buah dan sayur-mayur sering dikategorikan sebagai makanan sehat yang baik untuk diet. Padahal salad bisa jadi pilihan makanan paling buruk

Jadwal Kegiatan

december

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X