Tidak Selalu Baik! Kenali Efek Samping Minum Susu bagi Tubuh Kamu

Nov 1, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

efek samping susu

Efek samping susu – Apakah kamu penyuka susu? Apakah kamu seseorang yang dibiasakan minum susu sejak kecil? Namun, efek samping minum susu tak selalu baik untuk kesehatan, lho. Sejak dulu, susu menjadi pilihan favorit, khususnya anak-anak untuk mengisi menu pangan sehari-hari. Bahkan tak sedikit negara di belahan dunia yang menjadikannya sebagai menu makanan pokok. 

Susu selalu dikenal sebagai label kesehatan bagi banyak orang. Setidaknya kesan inilah yang berkembang di kalangan masyarakat luas. Kamu pasti setuju jika susu merupakan salah satu konsumsi pangan sehat dan kaya manfaat. Berbagai kandungan nutrisinya terbukti baik untuk kesehatan. Banyak keluhan penyakit yang menjadikan susu sebagai penawarnya.

Namun tahukah kamu, dari sekian banyak kebaikan yang ditawarkan, ternyata terdapat efek samping minum susu yang fatal bagi tubuh. Efek samping minum susu setidaknya dapat dilihat dari dua segi, pertama dari kandungannya yang tidak cocok dikonsumsi secara berlebih. Kedua dari kondisi tubuh seseorang yang memang berlawanan dengan berbagai kandungan dalam susu.

Lalu, apa saja efek samping minum susu bagi tubuh? Simak ulasan kami berikut ini!

Efek Samping Minum Susu bagi Tubuh

Sebelum mengulas tentang efek samping minum susu bagi tubuh, kami akan menguraikan deskripsi tentang susu itu sendiri. Susu merupakan salah satu pangan yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Teksturnya cair dan berwarna putih.  Susu bisa diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, dan susu bubuk. Susu menjadi salah satu jenis makanan atau minuman mengandung gizi cukup lengkap dan mudah untuk dikonsumsi.

Dalam pedoman Empat Sehat Lima Sempurna, sebelum akhirnya diubah menjadi Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), susu menjadi penyempurna makanan dengan sumber protein hewani, vitamin, dan beberapa mineral yang baik untuk tubuh. Dijelaskan pula dalam Piramida Petunjuk Makanan USDA bahwa mengkonsumsi kelompok susu atau produk susu cukup dua sampai tiga kali sehari.

Percayakah kamu bahwa di samping sejuta fungsi baiknya, susu juga dapat membawa dampak buruk bagi tubuh? Beberapa dari kamu mungkin juga disarankan untuk tidak menjadikannya sebagai sumber utama kalsium. Secara umum, susu menjadi tidak baik dan memiliki efek samping apabila diminum secara berlebihan. 

Hal ini dikarenakan beberapa zat kandungan yang memang memiliki takarannya masing-masing untuk diasup oleh tubuh. Berikut ini efek samping minum susu yang perlu kamu tahu :

Menimbulkan penyakit kardiovaskular

cardiovascular

Efek samping minum susu apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Dalam beberapa produk olahan susu seperti es krim, mentega, keju, maupun yogurt, masih ditemukan kandungan lemak lemak yang cukup tinggi.  Jika asupannya tidak dibatasi, maka efek samping minum susu akan menimbulkan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak yang sangat tinggi di dalam susu tidak mudah untuk dicerna tubuh.

Potensi Obesitas

efek samping susu

Efek samping minum susu juga berpotensi mengakibatkan kenaikan berat badan atau biasa dikenal dengan obesitas. Hal ini dikarenakan susu, terutama yang murni, sangat tinggi kandungan lemak dan kalorinya. Jika ditakar, satu gelas susu murni biasanya mengandung 146 kalori. Jumlah takaran kalori tersebut tentu sangat berpotensi menaikkan berat badan, bahkan membuat obesitas. Oleh karena itu, jika kamu merasa berat badan meningkat akibat konsumsi susu yang berlebihan, sebaiknya stop dan segera beralih ke jenis susu skim yang memang rendah kalori dan lemak.

Mengganggu Penyerapan Gizi

Efek samping minum susu ternyata juga dapat berdampak buruk pada penyerapan zat besi serta mengurangi efektivitas nutrisi penting yang ada di dalam tubuh. Sementara itu, kekurangan zat besi justru bisa membuat tubuh kesulitan dalam menghasilkan hemoglobin. Jika demikian, maka tubuh berisiko mengalami anemia yang akan membuat tubuh menjadi mudah lelah, pusing, sering mengantuk, sulit konsentrasi, hingga risiko sesak napas.

Kanker

efek samping susu

Ini menjadi dampak yang fatal dari efek samping minum susu. Mengonsumsi susu secara berlebihan bisa meningkatkan risiko munculnya kanker. Hal ini disebabkan karena kadar insulin yang terlalu tinggi. Peningkatan insulin disebut sebagai IGF. Orang yang memiliki kadar IGF terlalu tinggi, berisiko empat kali lipat terkena kanker payudara. Beberapa penelitian menyebutkan laki-laki yang minum dua gelas susu atau lebih dalam sehari  berisiko tinggi terkena kanker prostat. Dalam hal ini, pria yang memiliki asupan kalsium tinggi, sekitar 2000 mg per hari, dua kali lipat lebih berisiko terkena kanker prostat dibanding yang asupan kalsiumnya kurang dari 500 mg per hari.

Potensi Patah Tulang

Bagi kamu penggemar susu yang mungkin saja bisa mengonsumsi tiga gelas atau lebih dalam sehari, ada baiknya untuk mulai menguranginya sekarang. Hal tersebut karena efek samping yang akan kamu rasakan cukup fatal, yaitu meningkatkan risiko patah tulang. Ya, jika selama ini Anda berpikir dengan mengonsumsi susu dapat meningkatkan kepadatan tulang, ternyata salah. Pasalnya, protein unsur hewani pada susu menghasilkan asam saat dipecah. Untuk menetralkan dan membuang asam, tubuh harus menggunakan kalsium yang dikandung susu serta simpanan kalsium dalam tubuh. Itu sebabnya, konsumsi susu, terutama susu sapi secara berlebihan berpotensi meningkatkan patah tulang.

Penurunan Massa Tulang

Telah jamak diketahui bahwa kalsium dalam susu  membantu memperkuat tulang, tetapi karena susu juga dapat menyebabkan peradangan, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak susu justru dapat membuat tulang lebih rapuh. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada 2015 menemukan bahwa mengonsumsi produk olahan susu meningkatkan peradangan tingkat rendah pada sampel kecil orang dewasa di Jerman. 

Selain itu, studi BMJ tahun 2014 menemukan bahwa minum susu secara berlebihan ternyata benar-benar meningkatkan risiko wanita mengalami patah tulang, dibandingkan dengan wanita yang minum sedikit susu. Risiko patah tulang meningkat 16 persen pada wanita yang minum tiga gelas atau lebih setiap hari. Sebuah temuan juga menunjukkan risiko patah tulang pinggul meningkat sekitar 60 persen.

Jika dokter menemukan hubungan antara susu dan kepadatan tulang, maka Anda disarankan untuk mengganti sumber kalsium yang ada dalam susu dengan makanan produk lain (bukan susu) yang kaya kalsium terbaik.

Lactose Intolerance

Bagi kamu yang mempunyai intoleransi laktosa, tidak dianjurkan untuk memilih susu sebagai sumber utama kalsium bagi tubuh. Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt mengandung laktosa (gula susu) yang akan dicerna tubuh dengan bantuan enzim bernama laktase. Namun, perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki jumlah laktase yang berbeda-beda. 

Tubuh Anda mungkin saja tidak dapat mencerna laktosa dari susu dengan baik karena hanya mempunyai sedikit enzim laktase. Kondisi ini dinamakan sebagai intoleransi laktosa (lactose intolerance). Jika tubuh Anda mempunyai penolakan terhadap laktosa, makan atau minum produk olahan susu dapat menyebabkan masalah kram, diare, kembung, atau perut bergas. 

Gejala-gejala ini dapat muncul dari yang ringan sampai berat. Lalu, bagaimana mencukupi kebutuhan kalsium bagi orang yang mengalami penolakan terhadap laktosa? Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi sumber kalsium lain selain susu, seperti sayuran hijau, ikan dengan durinya (sarden dan ikan teri), kacang-kacangan (kedelai dan almond). 

Kalau tetap ingin mengonsumsi susu, maka cari susu yang rendah atau bebas laktosa. Bagi kamu yang mempunyai intoleransi laktosa, minum susu dengan porsi yang lebih kecil agaknya masih dapat diterima tubuh. Anda juga masih dapat mengkonsumsi susu yang telah difermentasi, seperti yogurt atau produk susu tinggi lemak seperti mentega. 

Namun, perlu diingat bahwa kondisi ini akan memunculkan reaksi yang berbeda pada setiap orang. Dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter.

Nah, kabar baik untuk kamu yang ingin memulai hidup sehat. Kini telah hadir krimer multifungsi FiberCreme (pengganti susu dan santan) rendah gula dan tinggi serat yang cocok bagi orang-orang yang menginginkan hidup yang lebih nikmat dan sehat. Segera ganti menu pangan kamu ke krimer multifungsi FiberCreme untuk memenuhi kebutuhan serat kamu setiap hari. Ayo, hidup sehat dengan mengurangi asupan gula dan penuhi nutrisi harimu dengan krimer multifungsi FiberCreme!

FiberCreme akan membuat kamu percaya bahwa hidup yang lebih baik dimulai dari pilihan yang lebih sehat. Kami ingin membantu kamu mengganti bahan-bahan tidak sehat di dalam makanan kamu tanpa mengurangi kenikmatan cita rasanya. Karena itu, kami selalu berupaya untuk menciptakan produk yang enak sekaligus sehat dan mudah digunakan. Makanan sehat itu tidak selalu tidak lezat, lho. Kamu tahu? Sehat adalah awal dari bahagia. 

Kenapa Kamu Perlu Beralih ke FiberCreme?

fibercreme krimer serbaguna

Kandungan Komponen yang Aman

FiberCreme pengganti susu dan santan rendah gula mengandung komponen dan bahan baku lezat oligosakarida sebagai fiber dan minyak sehat. Gabungan keduanya menghasilkan produk berbasis fiber dengan cita rasa yang creamy dan tekstur yang enak di lidah. Keunggulan FiberCreme yang bisa kamu dapatkan adalah, mengandung serat tinggi, bebas kolesterol, bebas lemak trans, bebas gluten, bebas laktosa, mempunyai indeks glikemiks yang rendah. 

Kandungan seratnya yang tinggi dapat menekan rasa lapar lebih lama sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kandungan gula dan indeks glikemik yang rendah membuat FiberCreme dapat dikonsumsi penderita diabetes.

Tersertifikasi Halal

Informasi “Halal” pada produk FiberCreme dapat ditemukan di bagian belakang kemasan produk. FiberCreme telah tersertifikasi Halal dari badan yang berwenang dengan nomor 00120061610612.

Terdaftar dalam BPOM

Kamu tidak perlu khawatir. Produk FiberCreme sudah terdaftar dengan nomor 802313004107. Informasi BPOM tertera pada bagian belakang kemasan produk. Tunggu apalagi? Segera beralih ke FiberCreme untuk hidup yang lebih sehat. 

Hindari Efek Samping Minum Susu dengan FiberCreme!

Campurkan FiberCreme ke dalam makanan dan minuman kamu untuk tambahan serat tubuhmu. Rasakan semua manfaatnya dan mulai harimu dengan hal-hal positif. Kamu bisa mendapatkan produk FiberCreme dengan mudah. FiberCreme sudah dijual di berbagai gerai dan supermarket terdekat seperti Indomaret, Alfamidi, Lottemart, Superindo, Hypermart, Hero, Giant, Carrefour, Transmart, dan juga di e-commerce kesayanganmu. 

Temukan produk FiberCreme di rak bagian krimer atau santan. Silakan kunjungi link berikut untuk mengetahui update toko yang menjual produk FiberCreme.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...