Menikmati matahari terbit atau sunrise biasanya identik dengan ketinggian. Makanya, banyak orang berburu sunrise dengan mendaki gunung. Bahkan banyak yang percaya bahwa kalau mau melihat pemandangan matahari terbit yang lebih cantik, maka kamu harus mendaki semakin tinggi.

Padahal, gak selalu harus begitu lho. Buat pendaki pemula yang belum terbiasa dengan perjalanan panjang dan medan sulit, atau untuk pendaki profesional yang sedang malas capek, kalian bisa mengunjungi Gunung Andong di Jawa Tengah untuk menyaksikan apa yang disebut sebagai salah satu sunrise terbaik di Indonesia.

Pemandangan mengesankan dari puncak Gunung Andong

Dengan tinggi hanya 1.726 Mdpl, Gunung Andong adalah salah satu gunung terendah di Nusantara. Gunung yang terletak di Magelang dan hanya berjarak sekitar 1,5 jam dari kota Yogyakarta ini sudah dikenal sebagai gunung yang sangat ramah untuk pemula.Untuk menaklukkan puncaknya kamu hanya perlu waktu sekitar 2 jam.Dan jangan takut tersesat, kaarena ada banyak penunjuk jalan di sepanjang jalur trekking.

Tapi ini bukan berarti Gunung Andong gak punya keistimewaan. Gunung ini punya pemandangan yang sangat cantik karena dikelilingi oleh beberapa gunung lain yang lokasinya cukup berdekatan. Jadi ketika sampai di puncak, kamu bisa mengedarkan pandangan ke seluruh penjuru dan menemukan puncak gunung lain seperti Telomoyo, Merbabu, Merapi, Ungaran, Sindoro, Sumbing dan Prau.

Pemandangan ini paling pas dipadukan dengan cahaya dari matahari terbit. Jadi kalau mau mendaki, mulailah sekitar jam 3 pagi agar bisa sampai di puncak tepat ketika matahari mulai menampakkan cahayanya. Lalu, kamu bisa menggelar tenda dan duduk-duduk sambil menikmati indahnya pemandangan. Untuk mengalahkan udara yang dingin, kamu bisa menyeduh secangkir kopi hangat yang bisa dibikin lebih creamy dengan FiberCreme.

Dengan kemasan yang praktis dan cara pakai yang mudah, krimer multifungsi ini wajib banget ada di traveling bag kamu. Selain untuk kopi, kamu juga bisa lho gunakan produk inovatif ini sebagai pengganti santan atau susu ketika bikin bekal sebelum memulai perjalanan.

Tertarik berkunjung ke sini dan menyaksikan sendiri salah satu pemandangan sunset terindah di Indonesia? Gunung Andong berada di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 5000 untuk parkir kendaraan dan Rp 2000 untuk biaya retribusi kok untuk bisa mulai mendaki.

Dan karena gunung ini cukup populer, puncaknya pasti akan ramai dengan para pendaki di hari libur. Kamu mungkin harus berebut tempat untuk mendirikan tenda di spot tersebut. Jadi kalau bisa, khususkan ambi cuti atau libur untuk pergi pada hari kerja supaya kamu bisa menikmati keindahan alamnya dengan lebih santai.

Berburu cantiknya sunset di Pulau Kalong

 

Setelah menyaksikan matahari terbit di bagian barat Indonesia, yuk menuju ke daerah timur Nusantara untuk mengejar matahari tenggelam alias sunset! Tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, terdapat Pulau Kalong yang menyajikan atrksi menarik saat matahari tenggelam.

Sesuai dengan namanya, Pulau Kalong adalah rumah bagi ribuan – bahkan mungkin jutaan kalong atau kelelawar. Pulau ini terletak di antara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang. Untuk menuju ke sana, kamu bisa berangkat dari Labuan Bajo dan naik speedboat atau kapal kecil selama sekitar 1 jam.

Untuk melihat sunset, kamu cukup diam di atas kapal dan menunggu matahari beranjak ke ufuk barat. Setelah itu dimulailah atraksi berupa kelelawar-kelelawar yang mulai bangun dan terbang berhamburan keluar dari rimbunnya pepohonan di pulau. Pemandangan puluhan ribu mamalia bersayap yang terbang dalam kelompok besar di langit ini sangat indah, melengkapi cantiknya langit senja.

Sebenarnya, kamu juga bisa kok turun dari kapal dan menjelalahi Pulau Kalong yang masih sangat asri ini. Tapi lebih baik hindari menginjakkan kaki di sana ketika hari sudah gelap, apalagi sendirian. Pulau ini masih dipenuhi semak belukar dan pepohonan yang jadi tempat tinggal predator, termasuk dan terutama mereka yang berada di puncak rantai makanan. Jadi demi keselamatan, datanglah saat hari masih terang bersama guide yang sudah tahu seluk beluk pulau ini.

Selain jalan-jalan menjelajahi pulau dan memanti matahari tenggelam, kamu juga bisa menemukan keindahan daerah ini sambil snorkeling atau diving lho! Di sini kamu bisa berenang dan bermain dengan macam-macam biota laut, termasuk manta ray dan ubur-ubur.

Gimana, ternyata Indonesia punya berbagai macam tempat yang menarik ya? Dan setiap tempat punya keunikan masing-masing yang siap bikin kamu terpana. Jadi yuk mulai rencanakan liburan kamu selanjutnya! Sambil menjelajahi keindahan alamnya, sekalian jelajahi kuliner khasnya ya. Jadi jangan lupa untuk selalu bawa FiberCreme yang bikin makanan dan minuman apapun jadi semakin creamy, lezat dan tinggi serat.

X