Puasa Itu Sehat! Ini Lho 5 Manfaatnya!

Mei 3, 2019 | Artikel, Berita | 0 Komentar

Puasa Itu Sehat! Ini Lho 5 Manfaatnya!

Mei 3, 2019 | Artikel, Berita

Sebentar lagi bulan Ramadhan, dimana umat Muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk puasa selama satu bulan penuh. Terdengar berat ya, kalau harus menahan lapar dan dahaga selama berjam-jam mulai dari terbit sampai tenggelam matahari.

Tapi jangan takut kesehatan jadi tergang gu karena asupan makanan jadi berkurang. Karena sebaliknya, berpuasa ternyata sudah terbukti bisa membuat tubuh jadi lebih bugar dan sehat. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapat?

1. Menurunkan berat badan

Karena jumlah kalori dari makanan yang masuk ke tubuh jadi lebih sedikit, menurunkan berat badan sudah pasti jadi salah satu hal paling utama yang bisa Anda dapat dari berpuasa. Dalam kondisi kekurangan kalori, tubuh akan mulai membakar lemak untuk diolah jadi energi sehingga berat badan bisa turun.

Selain membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh, menurut healthline.com, berpuasa juga terbukti bisa meningkatkan metabolisme dengan menaikkan level norepinephine, senyawa yang bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

 

2. Menurunkan resiko penyakit jantung

Setelah berat badan turun, bukan hanya bentuk tubuh saja yang jadi lebih baik. Jantung pun bisa jadi lebih sehat. Kok bisa?

Menurut healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) sebanyak 25% dan trigliserida sebesar 32%, sekaligus menaikkan jumlah kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) Dengan begitu, resiko untuk terkena penyakit jantung-pun bisa menurun.

[show_more more=”Show More” less=”Show Less”]

3. Menaikkan fungsi otak

Seperti yang disebut kompas.com, ketika berpuasa otak meningkatkan produksi protein bernama brain-derived neurothropic factor (BDNF) yang berperan penting untuk menghasilkan syaraf-syaraf baru yang akan menaikkan fungsi kognitif. Selain itu, protein ini juga akan melindungi sel-sel otak dari perubahan-perubahan yang terjadi akibat penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4.Detoksifikasi

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari mungkin memiliki bahan-bahan tambahan yang bisa jadi racun bila tidak segera dikeluarkan dari tubuh. Racun-racun itu gak bisa hilang semuanya melalui proses filter organ hati. Menurut honestdocs.id, sisa racun kemudian akan disimpan dalam lemak, yang akan dibakar oleh tubuh ketika Anda berpuasa.

5. Membuat awet muda

Metabolisme yang lambat jadi salah satu penyebab penuaan. Sementara itu. Puasa bisa memperlancar metabolisme tubuh, sehingga tanda penuaan pun bisa dikurangi. Pernyataan bahwa puasa bisa membuat lebih awet muda juga didukung oleh beberapa studi yang dilakukan ke sekelompok tikus percobaan. Salah satu studi bahkan mengemukakan bahwa setelah berpuasa setiap beberapa hari, sekelompok tikus bisa hidup 83% lebih lama daripada kelompok tikus yang tidak melakukannya.

Bagaimana, ternyata puasa punya banyak manfaat ya? Jadi selama bulan Ramadhan besok, jangan sampai bolong ya! Supaya puasa Anda dan keluarga jadi lebih lancar, Anda bisa tambahkan FiberCreme ke lauk sahur lho. Selain membuat rasa masakan jadi lebih enak dan creamy, krimer serbaguna pengganti santan dan susu ini juga punya kandungan serat tinggi yang bisa membantu Anda sekeluarga kenyang lebih lama.

(*)
[/show_more]

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...