Natal tinggal beberapa hari lagi nih. Anda yang merayakan pasti sudah sibuk mempersiapkan hari besar ini, mulai dari mendekorasi pohon Natal, menyiapkan kado, bebersih rumah, sampai belanja bahan makanan yang bakal diolah jadi masakan Natal istimewa untuk keluarga yang berkunjung.

Nah bicara soal masakan Natal untuk keluarga, pernahkah Anda merasa kesulitan menemukan rasa masakan yang pas saat membuat sesuatu dalam jumlah besar? Kalau bukan kurang asin, mungkin terlalu asin. Mungkin juga kurang manis atau gurih. Padahal, Anda biasanya bisa membuat masakan yang sama dengan mudah dalam porsi normal.

Jadi masak dalam porsi biasa dan porsi besar memang berbeda. Ada banyak hal yang harus Anda lebih perhatikan ketika masak dalam porsi besar. Baca terus yuk agar tahu apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum mulai membuat hidangan Natal untuk keluarga dan tamu-tamu besok supaya prosesnya lebih mudah dan hasilnya tetap lezat.

Gunakan resep yang sudah familiar

Menu yang sudah familiar cenderung lebih mudah untuk dimasak. Dan untuk mengurangi repotnya masak dalam jumlah besar, lebih baik buat saja masakan yang sudah sering Anda buat atau masakan yang mudah dibikin.

Gunakan blender atau food processor

Menghaluskan bumbu dalam jumlah banyak dengan ulekan bukan hanya melelahkan, tapi juga menghabiskan banyak waktu. Jadi, jangan takut untuk menggunakan bantuan blender atau food processor. Atau lebih praktis lagi, Anda bisa beli rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Rempah-rempah ini bukan bumbu instan ya. Anda bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional.

Jangan berlebihan menggunakan bumbu

Masak besar dengan menggandakan bahan makanan dan bumbu-bumbu pada resep asli itu tidak semudah teorinya. Ada kalanya Anda melihat bahan makanan yang melimpah, lalu tergoda untuk menambahkan bumbu-bumbu lebih dari yang seharusnya. Hal ini harus dihindari karena bumbu-bumbu yang berlebihan bisa merusak rasa, dan hasilnya akan sulit untuk diperbaiki. Jadi lebih baik tambahkan bumbu sesuai aturan, dan baru menambahkannya sedikit demi sedikit kalau hasil akhirnya dirasa masih kurang.

Mencicil masak

Mulailah mencicil beberapa hari sebelum masak. Mulai dari membuat bagian yang paling tahan lama. Misalnya jika Anda berencana membuat lumpia, buat kulitnya dulu di hari pertama lalu simpan di lemari pendingin. Lanjutkan besoknya dengan membuat isiannya, lalu goreng di hari yang sama lumpia tersebut disajikan.

Masak dalam beberapa batch

Beberapa masakan akan terasa sulit untuk diselesaikan dalam satu waktu. Misalnya memasak nasi goreng atau menanak nasi kuning. Anda mungkin harus membagi dan memasak nasi dalam beberapa bagian agar bumbunya benar-benar merata dan masak sempurna.

Siap masak besar untuk perayaan Natal ini? Cobain juga yuk bikin masakan-masakan ala FiberCreme, yang bukan cuma enak dan creamy, tapi juga lebih tinggi serat, rendah lemak dan lebih ramah untuk diet sehat keluarga besar. Klik di sini untuk mulai mengeksplor resepnya ya!

X