Mencari Cinta ke Ujung Timur Indonesia di Danau Cantik Berbentuh Hati

Agu 9, 2019 | Artikel, Berita | 0 Komentar

Mencari Cinta ke Ujung Timur Indonesia di Danau Cantik Berbentuh Hati

Agu 9, 2019 | Artikel, Berita

Cinta sejati itu butuh perjuangan untuk ditemukan. Paling enggak itulah nilai moral yang kamu dapet setelah nonton episode ke 8 Ekspedisi Segaris. Kali ini, Kevin Hendrawan bakal ajak kamu “mencari cinta” ke ujung timur Indonesia, tepatnya di Papua.

Tapi jangan keburu ge-er dulu ya. Mencari cinta ala Kevin adalah menjelajahi danau-danau yang uniknya punya bentuk hati. Walau punya bentuk mirip yang sama indahnya, danau-danau ini tetep punya karakteristik dan keistimewaan sendiri-sendiri.

Telaga Cinta Karawapop yang penuh rintangan

Pertama-tama, yuk intip keindahan Telaga Cinta Karawapop yang berada di kawasan Raja Ampat, distrik Misool, Papua Barat. Telaga ini lumayan butuh perjuangan keras untuk dijangkau, karena letaknya tersembunyi diantara tebing batu karang dan bukit-bukit berwarna hijau menyejukkan mata.

Setelah menerjang ombak yang lumayan tinggi dari Sorong ke Misool, kamu masih harus naik speedboat untuk sampai ke kawasan telaga. Jangan kuatir tersesat, karena banyak penduduk lokal yang bersedia mengantar kamu sampai kesana.

Untuk masuk kesini kamu juga bakal ditarik biaya sekitar Rp 50.000. Mahal? Tunggu sampai kamu ketemu dengan danau berwarna toska dan berbentuk seperti hati yang nyaris sempurna ini. Uang yang kamu keluarkan gak akan ada apa-apanya dibanding semua keindahan yang ditawarkan.

Biar bisa melihat bentuk hatinya secara utuh, kamu harus rela bercapek-capek menaiki ribuan anak tangga untuk menuju bukit yang lumayan tinggi. Dipuncaknya ada semacam gardu pandang dimana kamu bisa sekedar mengagumi pemandangan telaga  atau  foto-foto dengan hati raksasa berwarna biru ini sebagai latar belakangnya.

Asyiknya, telaga ini bukan cuma untuk dipandangi aja. Diujung lekukan sebelah kanan ada dermaga yang bakal mengantar kamu menikmati air jernih yang jadi tempat tinggal terumbu karang dan biota laut cantik lainnya.

Meraih cinta yang lebih mudah di Danau Imfote

Cinta itu bukan cuma satu. Danau cinta di Papua juga ternyata ada beberapa. Selain yang udah disebutin diatas, ada lagi yang namanya Danau Imfote atau Danau Cinta Sentani yang punya bentuk sama. Hanya aja danau ini terletak di daerah yang relatif lebih mudah dijangkau.

Danau Imfote masuk ke wilayah Kampung Puai, distrik Yokini, Kabupaten Jayapura. Dari Jayapura, kamu bisa menempuh perjalanan darat selama 2 jam kesini. Kalau dari Kotaraja, kamu butuh sekitar 1,5 jam berkendara kearah Wamea atau Bandara Sentani. Gak tahu jalan? Google Maps bisa nunjukin lokasi danau ini dengan akurat kok.

Akses ke danau ini bisa dibilang sudah sangat bagus, walaupun kamu mungkin masih menemukan adanya pembangunan jalan di beberapa ruas. Sudah gitu, kamu masih bakal dihibur dengan pemandangan bukit-bukti hijau yang masih sangat asri. Diujung perjalanan ini, kamu bakal dibuat terkesima dengan keindahan Danau Sentani yang duduk tenang diantara rumput-rumput hijau lebat serta pegunungan Cyclops yang berdiri megah di kejauhan.

Danau ini terletak di bagian tanah yang rendah, jadi dari kejauhan agak terlihat seperti ceruk berisi air. Gak perlu trekking melalui medan curam. Naik sedikit ke bukit terdekat kamu udah bisa lihat bentuk hati dari danau ini. Karena itu lokasi ini lumayan popular bagi pasangan yang akan melakukan sesi foto pre-wedding.

Danau ini belum dikelola oleh pemerintah. Tapi biasanya kamu akan diminta sumbangan sekitar Rp 50.000 untuk pengendara mobil dan Rp 20.000 untuk pengendara motor oleh warga sekitar.

Jatuh cinta dengan danau lain di Papua

Papua masih menyimpan ratusan, bahkan ribuan kecantikan alam lain. Gak jauh dari Danau Imfote, kamu bisa mengunjungi Danau Sentani yang udah terkenal duluan dan udah sering dijelajahi untuk berbagai acara TV. Lalu ada Lake Kutubu yang berada di dataran tinggi Papua selatan dan merupakan danau terbesar kedua di Papua dengan luas sekitar 250 km2 dan kedalaman hingga 70 meter.

Sementara itu, gelar danau paling luas di Papua dipegang oleh Danau Murray yang berada di Distrik Fly Tengah, Provinsi Papua Barat, dan punya luas sekitar 650 km2. Selain dikenal sebagai spot wisata yang indah, sejuk dan menenangkan, danau ini juga dikenal sebagai spot mancing yang oke karena cuma disini kamu bisa dapet ikan dengan ukuran monster alias gede banget.

Ternyata ada banyak alasan ya untuk mencari cinta sampai Papua? Tapi ikut bantu jaga kelestarian alamnya ya, dengan gak buang sampah sembarangan dan gak melakukan aksi-aksi vandalisme. Selain nikmati suasana alamnya, gak ada salahnya juga keliling Papua buat nyobain keberagaman kulinernya. Karena bakal banyak banget yang bisa kamu icipin, selalu bawa FiberCreme agar semua makanan dan minuman kamu terasa makin lezat, creamy, tapi tetep tinggi serat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...