Kopi sudah jadi bagian dari hidup sebagian besar masyarakat, jadi ampas kopi sudah jadi urusan kita sehari-hari juga kan? Tapi kita cenderung tidak ambil pusing dengan ampas sih, karena benda ini memang dianggap residu dan sudah kodratnya untuk berakhir di pembuangan.

Tapi jangan remehkan ampas kopi dulu, karena benda ini bisa jadi masih punya banyak kegunan. Baca terus yuk untuk tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan sisa kopi Anda agar tidak terbuang begitu saja!

 

Pupuk organik 

   

Kopi mengandung nitrogen dan magnesium yang baik untuk berbagai jenis tanaman. Selain itu, kopi juga memiliki sifat asam yang disukai tanaman seperti hydrangea dan mawar. Untuk tanaman yang tidak terlalu menyukai asam, kurangi kandungannya dengan mencampur ampas kopi dengan dedaunan atau rerumputan.

 

Makanan ulat

Kopi juga membantu pertumbuhan cacing tanah, yang bisa mencerna ampasnya tanpa masalah. Jadi kalau Anda kebetulan memelihara cacing tanah, baik untuk tujuan menggemburkan tanah atau untuk umpan memancing, Anda bisa mencapurkan ampas kopi ke tanah tempat hidupnya.

 

Pembasmi serangga

Walaupun hanya ampasnya, kopi tetap memiliki aroma cukup kuat yang menyenangkan bagi manusia, tapi tidak disukai serangga. Jadi Anda bisa memanfaatkan kopi sebagai pembasmi serangga alami. Untuk menggunakannya, cukup letakkan ampas kopi kering di dalam sebuah mangkok, dan letakkan di dekat pintu, jendela atau lubang ventilasi.

 

Penghalus kulit

Berkat teksturnya, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator. Anda bisa menggosokkan ampas kopi ke kulit tubuh atau dicampur dulu dengan lulur mandi untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memperhalus kulit.

 

Perawatan rambut

Selain kulit, kopi juga bisa mempercantik rambut lho. Setelah keramas, bilas rambut dengan campuran ampas kopi. Setelah itu bilas lagi sampai bersih untuk rambut yang lebih berkilau.

 

Penyerap bau

Kopi tidak hanya mengeluarkan bau khas yang kuat, tapi juga bisa menyerap bau-bauan lain di sekitarnya. Jadi, gunakan saja kopi – dalam hal ini ampasnya yang sudah dikeringkan – untuk menyingkirkan bau tidak seperti bau di kulkas atau bau sepatu. Anda juga bisa menggunakan kopi untuk menetralkan bau yang tersisa di tangan dan kuku setelah memotong bawang lho. Setelah masak, basahi tangan dengan air dan gosok-gosokkan ampas kopi sampai baunya hilang. Lalu bilas hingga bersih.

 

Penghilang goresan di lantai

Ada banyak bekas goresan furnitur di lantai kayu Anda? Janga keburu kesal dulu. Coba campur ampas kopi dengan sedikit air untuk membuat pasta yang kental, kemudian oles menutupi goresan. Kemudian bersihkan dengan handuk kering, dan lihat noda kopi akan menyamarkan goresannya.

Wah, ternyata ada banyak cara memanfaatkan sisa kopi ya? Jadi kali berikutnya Anda membuat kopi untuk minuman seperti Kopi Sanger, Kopi Toraja atau Creamy Vanilla Classic Latte ala FiberCreme  ini, jangan langsung buang ampasnya. Coba dulu cara-cara diatas, agar bisa berhemat sekaligus mengurangi sampah makanan.

X