Jeruk sudah lama dikenal sebagai salah satu buah super. Dengan rasa yang enak dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bukan hal yang aneh kalau buah ini punya banyak penggemar.

Jeruk kebanyakan dimakan begitu saja atau diperas untuk diambil jusnya. Tapi tahukah Anda kalau manfaat buah ini bukan hanya pada daging buah, bulir atau sarinya saja? Sisa kulit jeruk yang seringkai berakhir di tempat sampah ternyata juga memiliki khasiat yang tidak kalah banyak. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dari kulit buah jeruk.

Mengatasi masalah mulut

Kulit jeruk ternyata bisa menuntaskan beberapa masalah yang terjadi di mulut dan gigi, seperti warna gigi yang kuning. Berkat kandungan yang disebut d-limonene, Anda cukup menggosok-gosokkan bagian dalam kulit jeruk ke gigi selama 2-3 menit untuk mengurangi warna kuning. Anda bisa mengulangi langkah ini 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Selain mengurangi warna kuning pada gigi, kulit jeruk juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut. Cukup kunyah kulit jeruk, dan bau mulut akan berkurang seketika.

Pewangi alami

Wangi kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan ruangan. Anda hanya tinggal merebus kulit jeruk dalam panci berisi air dingin, dan menambahkan kayu manis atau serai bila perlu, agar uapnya bisa menyebar ke seluruh ruangan dan menghilangkan bau tidak sedap di sekeliling Anda.

Malas merebus? Letakkan saja kulit jeruk di sudut-sudut ruangan, atau bahkan di dalam kulkas untuk menetralisir bau berbagai bahan makanan yang disimpan di sana.

Membersihkan peralatan dapur

Kandungan asam pada kulit jeruk juga bagus untuk menghilangkan noda dan membunuh bakteri pada peralatan dapur, seperti misalnya telenan atau oven. Cara menggunakan kulit jeruk sebagai pembersih cukup mudah. Gosokkan kulit jeruk segar pada peralatan dapur, lalu usap dengan kain bersih yang agak basah. Peralatan Anda akan terlihat lebih bersih dan pastinya lebih steril.

Mempercantik kulit

Kulit jeruk yang juga kaya akan vitamin C merupakan bahan y  ng baik untuk mempercantik kulit. Anda bisa mencampur parutan kulit jeruk dengan yogurt atau madu, kemudian mengoleskannya ke wajah dan diamkan selama beberapa menit. Langkah ini berguna untuk mencerahkan kulit serta mengurangi minyak, komedo, jerawat dan garis-garis halus tanda penuaan.

Meringankan masalah pencernaan

Kulit jeruk sudah sejak lama digunakan juga sebagai obat. Bahan ini terbukti bisa meringankan mulas perut dan mengurangi masalah pencernaan lainnya. Dengan serat yang tinggi, yaitu 10 gram serat pada setiap 100 gram kulit jeruk, bahan ini diantaranya bisa mengatasi sembelit, kembung dan iritasi usus.

Itu hanya beberapa manfaatnya ya! Masih ada banyak lagi kegunaan kulit jeruk, dan lebih banyak lagi pada buahnya. Jadi jangan malas untuk mengonsumsi buah ini. Agar lebih semangat makan jeruknya, kamu bisa kok ubah buah ini jadi makanan yang lebih menggoda selera. Temukan caranya yuk dengan resep-resep kreatif dan mudah dibuat dari @FiberCreme_TV. Jangan lupa untuk bikin semuanya dengan FiberCreme agar apapun yang kamu buat jadi lebih lezat, creamy dan tinggi serat.

 

X