Sakit Perut Setelah Makan Santan? Inilah 4 Akibat Makan Santan dan Solusinya!

Nov 11, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

akibat santan

Apakah kamu termasuk orang yang suka makan santan? Jika iya, artikel ini sangat cocok untukmu karena kami akan membahas tentang akibat makan santan, serta solusi agar kamu tetap dapat menikmati santan tanpa khawatir dampak buruk yang dirasakan. 

Santan adalah perasan parutan buah kelapa yang memiliki rasa gurih dan nikmat. Banyak makanan Indonesia yang menggunakan santan, apalagi pohon kelapa tumbuh subur di Indonesia. Namun, perlu kamu ketahui meskipun masakan dengan tambahan santan terasa nikmat, ternyata ada dampak yang dirasakan setelah makan santan ini. 

4 Akibat Makan Santan bagi Tubuh

Makan santan secara berlebihan ternyata berdampak buruk bagi tubuh. Apalagi jika santan tersebut dimasak dan dipanaskan, ternyata dampaknya jauh lebih berbahaya. Berikut 4  akibat makan santan agar kamu lebih bijak dalam mengonsumsi santan:

Meningkatkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

Santan yang kandungan lemaknya sudah rusak, atau terhidrogenasi memang dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Santan yang dimasak atau dipanaskan bisa mengakibatkan kandungan lemaknya rusak. Ketika santan dimasak dalam waktu yang lama serta dipanaskan dengan suhu tinggi, maka lemak sehat dalam santan mengalami hidrogenasi dan berubah menjadi lemak trans. Lemak trans inilah yang mengakibatkan kenaikan kadar kolesterol dan trigliserida darah sehingga, akibat makan santan yang dimasak dan dipanaskan dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Contoh santan yang kandungan lemaknya telah terhidrogenasi adalah santan yang dimasak lama dalam masakan opor, sambal goreng, gulai, dan lain sebagainya. Jika kamu makan opor, kamu tidak hanya makan santannya saja, kan? Kamu pasti juga makan dagingnya. Makan santan dan daging pada menu tersebut, dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Diare

sistem penc

Di hari raya, ada banyak makanan bersantan seperti opor dan sambal goreng. Ternyata, mengonsumsi makanan bersantan terlalu banyak dapat menyebabkan diare. Tingginya serat pada santan, dapat menghasilkan gas yang berlebihan serta memicu penekanan pada saluran pembuangan sehingga, proses pengentalan feses sulit dilakukan. Hal inilah yang menyebabkan kamu sering sakit perut dan akhirnya diare.

Mengganggu Fungsi Mata

kesehatan mata

Mengonsumsi santan yang dimasak, apalagi jika santan dimasak dengan daging dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengganggu fungsi mata. Gejala gangguan pada mata akibat tingkat kolesterol yang tinggi, dapat mengakibatkan bola mata seperti terdapat benang-benang halus atau menyerupai sarang laba-laba. Timbulnya benang halus ini, akibat dari penyumbatan pembuluh darah karena kadar kolesterol yang tinggi.

Meningkatkan Kadar Trigliserida

Trigliserida meningkat apabila mengonsumsi santan secara berlebihan. Kadar trigliserida yang tinggi dapat menimbulkan radang pankreas, deposit lemak di kulit yang dinamakan xanthoma, serta menyebabkan pembesaran hati dan limpa.

Tips Konsumsi Santan untuk Menghindari Dampak Buruk Akibat Makan Santan

Santan adalah bahan makanan yang mudah didapatkan. Kamu tentu ingin menikmati makanan bersantan, tanpa mendapatkan efek buruk yang dirasakan oleh tubuh, bukan ?Apalagi Indonesia adalah negara penghasil buah kelapa. Pasti sulit sekali, untuk menghindari makanan bersantan. Untuk itu, kami akan membagikan tips agar kamu tetap bisa menikmati makanan bersantan, tanpa perlu khawatir dampak  buruk yang dirasakan. 

Makan Santan yang Masih Segar

Jika makan santan yang sudah dimasak dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung, maka makan santan yang masih segar dan belum dimasak dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan santan segar mengandung asam laurat yang berkhasiat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan asam laurat tidak akan menaikkan kadar kolesterol jahat.

Masak dengan Suhu Rendah

Makan santan yang dimasak dalam suhu tinggi dapat merusak kandungan lemak, dan mendatangkan berbagai penyakit. Agar kamu dapat tetap menikmati gurihnya santan tanpa menanggung dampak buruk akibat makan santan, kamu dapat memasak masakan bersantan dengan api yang kecil atau suhu rendah. Selain itu, jika kamu membuat kolak dengan santan juga bisa dimasak dengan api yang kecil. Agar kandungan lemaknya tidak rusak, dan malah berakibat pada kesehatan.

Ganti Santan dengan FiberCreme

fibercreme krimer serbaguna

Jika makan makanan bersantan menjadi favoritmu dan kamu tak mau merasakan efek setelah makan santan. Kamu bisa mengganti santan dengan FiberCreme. FiberCreme adalah krimer pengganti santan dan susu yang komponen utamanya adalah serat pangan dan lemak nabati. FiberCreme memiliki kandungan serat yang lebih baik dari santan murni. Rasa FiberCreme pun sangat enak, dan mantap ketika dibuat opor dan masakan bersantan lainnya. 

FiberCreme bisa dipanaskan dan dimasak tanpa mengurangi kandungan gizinya. Jadi ketika kamu memasak opor, kamu cukup tuangkan FiberCreme ke opor dan FiberCreme akan berubah mirip santan namun dengan gizi yang lebih baik dari santan. Memang memakan makanan yang mengandung santan sulit untuk dihindari, apalagi jika untuk membuat kue-kue tradisional seperti kue lapis. Tidak mungkin membuat kue lapis dengan menuangkan santan setelah kuenya matang. 

Karena itu, untuk mengurangi risiko penyakit akibat makan santan, kamu bisa mengganti santan dengan FiberCreme. Tidak perlu khawatir, FiberCreme aman dimasak dan dipanaskan tanpa mengurangi gizi dan kandungan seratnya.

Imbangi dengan Olahraga

Agar hidupmu tetap sehat, imbangi dengan olahraga. Kamu dapat lari kecil keliling kompleks rumahmu atau di lapangan olahraga. Kamu juga dapat bersepeda bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Jika kamu ada waktu luang, kamu dapat berenang karena berenang dapat menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan pernapasanmu.  Berolahragalah dengan teratur. Kamu dapat memulai olahraga dari yang ringan hingga tubuhmu terbiasa melakukan olahraga.

Di Mana Kamu Bisa Mendapatkan FiberCreme?

FiberCreme adalah krimer multifungsi rendah gula dan tinggi serat, yang cocok untuk kamu yang ingin hidup nikmat dan hidup sehat. FiberCreme memberikan rasa lembut ke makanan dan minumanmu tanpa tambahan gula. FiberCreme juga dapat menjadi pengganti susu dan santan. Pasti kamu sudah tidak sabar ingin mencoba lezat dan gurihnya FiberCreme?  Untuk mendapatkan produk FiberCreme, kamu dapat mengunjungi toko-toko di dekat rumahmu. 

FiberCreme tersedia di Indomart, Alfamart, Lottemart, Hypermart, Superindo, dan toko-toko lainnya yang nama-nama tokonya bisa kamu cek di website kami. Jika kamu ingin membeli FiberCreme secara online, kamu bisa mendapatkan produk FiberCreme di e-commerce atau pun marketplace pilihanmu. Segera beli produknya dan dapatkan kenikmatan berbalut kesehatan dalam hidupmu dan orang-orang tersayang. Ucapkan selamat tinggal pada dampak buruk akibat makan santan dengan mengganti santan ke FiberCreme. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...