Ini Bedanya Garam Laut dan Garam Dapur. Mana yang Lebih Baik?

Sep 18, 2020 | Artikel | 0 Komentar

    

Garam sudah jadi bahan makanan yang tidak bisa dihindari penggunaannya. Tapi tahukan Anda bahwa garam ada bermacam-macam jenisnya? Beberapa jenis yang paling umum digunakan adalah garam dapur dan garam laut. Meski fungsinya sama-sama memberi rasa asin ke makanan, kedua jenis garam ini punya banyak perbeaan lho! Agar tidak salah pilih, yuk baca terus untuk lebih mengenal keduanya!

Pembuatan

garam laut

Seperti namanya, garam laut diperoleh dari laut. Cara mendapatkan garam laut adalah dengan mengalirkan air laut ke kolam-kolam penampungan untuk kemudian dijemur dibawah sinar matahari selama berhari-hari. Air kemudian akan menguap dan menyisakan kristal garam.

Sementara itu, garam dapur diperoleh dengan menambang garam dari bebatuan yang ada di dalam tanah atau gua. Garam yang diperoleh dari proses ini awalnya sangat kotor, sehingga harus dimurnikan dulu. Proses ini umumnya dilakukan oleh pabrik, karena industri rumahan saja tidak memungkinkan untuk menambang garam dan membersihkannya secara menyeluruh.

Karakteristik

Kristal garam yang diperoleh dari menguapkan air laut memiliki tekstur kasar, besar-besar, dan tidak beraturan. Warnanya juga tidak selalu putih bersih, tergantung dari laut tempat garam tersebut diperoleh. Jika lautnya tercemar, maka warna yang diperoleh pun akan lebih gelap. Tapi warna saja tidak bisa dijadikan patokan, karena ada juga pengolah garam nakal yang menambahkan bahan pemutih sintetis untuk mempercantik warna garam.

Jika dibandingkan dengan garam laut, garam dapur tentunya lebih menarik karena warnanya jauh lebih putih dan teksturnya lebih halus.

Rasa

Garam laut

Secara umum, rasa kedua jenis garam ini sama-sama asin. Yang membedakan adalah tingkat keasinannya. Kalau garam dapur cenderung memiliki keasinan yang sama walau berbeda merk, garam laut memiliki tingkat keasinan berbeda-beda tergantung tempat asalnya. Kandungan mineral dan kotoran yang terdapat pada masing-masing laut ikut mempengaruhi rasa asin yang dihasilkannya.

Harga

Garam laut yang diproses secara alami dan membutuhkan berhari-hari cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Meski begitu, selisihnya tidak jauh dari garam dapur dan bisa dikatakan tetap murah.

Kandungan

Garam laut dan garam dapur sama-sama memiliki kandungan natrium klorida (NaCl) alami dan beberapa mineral. Garam laut juga mengandung mineral kalium, seng, dan zat besi yang kadarnya tergantung dari laut tempatnya berasal. Sementara itu, garam dapur umumnya diperkaya yodium yang berguna untuk produksi hormon tiroid.

Jadi, mana yang lebih baik?

Karena proses pengolahannya yang lebih alami, garam laut sering dikatakan lebih sehat daripada garam dapur. Padahal tidak selalu begitu. Karena air laut kadang juga bisa tercemar logam berat yang tentu akan ikut mempengaruhi kesehatan garam yang dihasilkannya. Lalu, apakah garam dapur lebih baik? Tidak juga.

Jadi yang menentukan baik atau tidaknya garam adalah kandungan sodiumnya. Kelebihan sodium bisa mengakibatkan beberapa penyakit seperti hipertensi, sehingga idealnya kita membatasi konsumsinya agar tetap di bawah 2.3000 mg per hari.

Nah, 1 sendok teh garam dapur biasanya sudah mengandung 2.300 mg sodium. Dengan takaran yang sama, garam laut bisa mengandung sodium lebih rendah karena tekstur kristalnya yang lebih besar.

Jadi pada dasarnya kedua jenis garam ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi yang manapun pilihan Anda, ingat untuk batasi penggunaannya demi kesehatan.

Selain membatasi garam, pastikan masakan yang ada buat juga sehat. Pilih bahan-bahan makanan terbaik dan bernutrisi seimbang. Penuhi juga kebutuhan serat dengan makan cukup buah, sayur, kacang-kacangan, atau biji-bijian. Jika konsumsi serat Anda masih kurang, penuhi dengan menambahkan produk tinggi serat seperti FiberCreme.

Sebagai pengganti santan dan susu, FiberCreme bisa diaplikasikan dengan mudah ke berbagai makanan dan minuman. Selain menambah serat, krimer serbaguna ini juga ikut menambahkan cita rasa creamy lho agar masakan buatan Anda lebih lezat.

Yuk kunjungi Instagram FiberCreme_TV dan channel YouTube-nya untuk dapatkan inspirasi masakan lezat setiap hari. Untuk belanja FiberCreme, kunjungi official online store-nya untuk dapatkan harga terbaik dan promo-promo menarik lain.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...