Ini 6 Cara Masak Cumi Asin Agar Masakan Lebih Enak

Mar 6, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Beda dengan cumi biasa, ada beberapa cara masak cumi asin yang perlu Anda perhatikan. Jika tidak, masakan Anda bisa jadi kacau karena mungkin rasanya jadi terlalu asin atau tekstur daging cuminya tidak sesuai harapan.

Nah, agar masakan buatan Anda tetap enak, pas dan daging cuminya tidak alot, coba ikuti tips cara masak cumi asin berikut ini yuk!

Pilih cumi asin yang masih baik

Sebelum belajar cara masak cumi asin agar rasanya lebih enak, tentu saja Anda harus tahu cara memilih cumi asin yang kondisinya masih baik. Pilih daging yang teksturnya kenyal dan bau garamnya kuat. Hindari cumi dengan bau menyengat cenderung busuk dan permukaan dagingnya licin berlendir.

Cuci daging cumi di air bersih

Baik yang dibeli di pasar tradisional maupun dalam kemasan dari supermarket, cumi asin yang Anda beli sebaliknya dicuci bersih dulu sebelum diolah. Cuci dagingnya dengan cara digosok perlahan di bawah air bersih mengalir hingga air cuciannya jernih dan kotorannya hilang.

Rendam cumi asin dalam air panas

Untuk mengurangi baunya yang tajam dan mengempukkan dagingnya yang masih alot, rendam dulu cumi asin dalam air panas. Rendam selama sekitar 20-30 menit saja agar rasa asinnya tidak ikut hilang terlalu banyak.

Jangan terlalu lama masak cumi asin

Cumi asin pada dasarnya sudah matang, jadi tidak perlu proses masak yang terlalu lama. Lagipula, pemanasan yang terlalu lama bisa membuat dagingnya menjadi alot. Cukup masak cumi asin hingga bumbunya meresap, dan gunakan api sedang saja agar dagingnya tidak menjadi kering.

Batasi penambahan garam

Karena cumi asin sudah memiliki rasa asin yang cukup kuat, pastikan Anda mengurangi penggunaan garam. Untuk mengeluarkan rasa gurihnya, Anda bisa kombinasikan cumi asin dengan bahan-bahan lain yang punya rasa kontras seperti pedas dari cabai.

Simpan cumi asin dalam wadah kedap udara

Agar cumi asin Anda tetap dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk menu lainnya, simpan sisa cumi asin dengan baik dan benar. Simpan cumi asin dalam kulkas di wadah yang tertutup dan kedap udara agar baunya tidak menyebar dan merusak aroma bahan masakan lain.

Jadi lebih berani kan masak dengan cumi asin? Yuk coba bikin kreasi Anda sendiri dengan bahan makanan ini. Jangan lupa untuk tambahkan krimer serbaguna pengganti santan @FiberCreme , agar rasanya lebih creamy dan lezat, serta masakan Anda jadi lebih tinggi serat.

Cek ide masakan lainnya dengan follow @FiberCreme_TV di Instagram. Ada banyak resep baru yang mudah dan kreatif setiap minggunya. Download dan instal juga Enakpedia, dimana Anda dan para pengguna lain aplikasi ini bisa saling bertukar ide masakan, serta belajar tips dan trik seputar dapur secara gratis. Dapatkan juga banyak hadiah menarik dengan menyelesaikan misi di aplikasi Enakpedia.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...