Ini 6 Cara Masak Cumi Asin Agar Masakan Lebih Enak

Mar 6, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Beda dengan cumi biasa, ada beberapa cara masak cumi asin yang perlu Anda perhatikan. Jika tidak, masakan Anda bisa jadi kacau karena mungkin rasanya jadi terlalu asin atau tekstur daging cuminya tidak sesuai harapan.

Nah, agar masakan buatan Anda tetap enak, pas dan daging cuminya tidak alot, coba ikuti tips cara masak cumi asin berikut ini yuk!

Pilih cumi asin yang masih baik

Sebelum belajar cara masak cumi asin agar rasanya lebih enak, tentu saja Anda harus tahu cara memilih cumi asin yang kondisinya masih baik. Pilih daging yang teksturnya kenyal dan bau garamnya kuat. Hindari cumi dengan bau menyengat cenderung busuk dan permukaan dagingnya licin berlendir.

Cuci daging cumi di air bersih

Baik yang dibeli di pasar tradisional maupun dalam kemasan dari supermarket, cumi asin yang Anda beli sebaliknya dicuci bersih dulu sebelum diolah. Cuci dagingnya dengan cara digosok perlahan di bawah air bersih mengalir hingga air cuciannya jernih dan kotorannya hilang.

Rendam cumi asin dalam air panas

Untuk mengurangi baunya yang tajam dan mengempukkan dagingnya yang masih alot, rendam dulu cumi asin dalam air panas. Rendam selama sekitar 20-30 menit saja agar rasa asinnya tidak ikut hilang terlalu banyak.

Jangan terlalu lama masak cumi asin

Cumi asin pada dasarnya sudah matang, jadi tidak perlu proses masak yang terlalu lama. Lagipula, pemanasan yang terlalu lama bisa membuat dagingnya menjadi alot. Cukup masak cumi asin hingga bumbunya meresap, dan gunakan api sedang saja agar dagingnya tidak menjadi kering.

Batasi penambahan garam

Karena cumi asin sudah memiliki rasa asin yang cukup kuat, pastikan Anda mengurangi penggunaan garam. Untuk mengeluarkan rasa gurihnya, Anda bisa kombinasikan cumi asin dengan bahan-bahan lain yang punya rasa kontras seperti pedas dari cabai.

Simpan cumi asin dalam wadah kedap udara

Agar cumi asin Anda tetap dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk menu lainnya, simpan sisa cumi asin dengan baik dan benar. Simpan cumi asin dalam kulkas di wadah yang tertutup dan kedap udara agar baunya tidak menyebar dan merusak aroma bahan masakan lain.

Jadi lebih berani kan masak dengan cumi asin? Yuk coba bikin kreasi Anda sendiri dengan bahan makanan ini. Jangan lupa untuk tambahkan krimer serbaguna pengganti santan @FiberCreme , agar rasanya lebih creamy dan lezat, serta masakan Anda jadi lebih tinggi serat.

Cek ide masakan lainnya dengan follow @FiberCreme_TV di Instagram. Ada banyak resep baru yang mudah dan kreatif setiap minggunya. Download dan instal juga Enakpedia, dimana Anda dan para pengguna lain aplikasi ini bisa saling bertukar ide masakan, serta belajar tips dan trik seputar dapur secara gratis. Dapatkan juga banyak hadiah menarik dengan menyelesaikan misi di aplikasi Enakpedia.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...