Ini 6 Cara Masak Cumi Asin Agar Masakan Lebih Enak

Mar 6, 2020 | Artikel | 0 comments

Beda dengan cumi biasa, ada beberapa cara masak cumi asin yang perlu Anda perhatikan. Jika tidak, masakan Anda bisa jadi kacau karena mungkin rasanya jadi terlalu asin atau tekstur daging cuminya tidak sesuai harapan.

Nah, agar masakan buatan Anda tetap enak, pas dan daging cuminya ti    dak alot, coba ikuti tips cara masak cumi asin berikut ini yuk!

Pilih cumi asin yang masih baik

Sebelum belajar cara masak cumi asin agar rasanya lebih enak, tentu saja Anda harus tahu cara memilih cumi asin yang kondisinya masih baik. Pilih daging yang teksturnya kenyal dan bau garamnya kuat. Hindari cumi dengan bau menyengat cenderung busuk dan permukaan dagingnya licin berlendir.

Cuci daging cumi di air bersih

Baik yang dibeli di pasar tradisional maupun dalam kemasan dari supermarket, cumi asin yang Anda beli sebaliknya dicuci bersih dulu sebelum diolah. Cuci dagingnya dengan cara digosok perlahan di bawah air bersih mengalir hingga air cuciannya jernih dan kotorannya hilang.

Rendam cumi asin dalam air panas

Untuk mengurangi baunya yang tajam dan mengempukkan dagingnya yang masih alot, rendam dulu cumi asin dalam air panas. Rendam selama sekitar 20-30 menit saja agar rasa asinnya tidak ikut hilang terlalu banyak.

Jangan terlalu lama masak cumi asin

Cumi asin pada dasarnya sudah matang, jadi tidak perlu proses masak yang terlalu lama. Lagipula, pemanasan yang terlalu lama bisa membuat dagingnya menjadi alot. Cukup masak cumi asin hingga bumbunya meresap, dan gunakan api sedang saja agar dagingnya tidak menjadi kering.

Batasi penambahan garam

Karena cumi asin sudah memiliki rasa asin yang cukup kuat, pastikan Anda mengurangi penggunaan garam. Untuk mengeluarkan rasa gurihnya, Anda bisa kombinasikan cumi asin dengan bahan-bahan lain yang punya rasa kontras seperti pedas dari cabai.

Simpan cumi asin dalam wadah kedap udara

Agar cumi asin Anda tetap dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk menu lainnya, simpan sisa cumi asin dengan baik dan benar. Simpan cumi asin dalam kulkas di wadah yang tertutup dan kedap udara agar baunya tidak menyebar dan merusak aroma bahan masakan lain.

Jadi lebih berani kan masak dengan cumi asin? Yuk coba bikin kreasi Anda sendiri dengan bahan makanan ini. Jangan lupa untuk tambahkan krimer serbaguna pengganti santan @FiberCreme , agar rasanya lebih creamy dan lezat, serta masakan Anda jadi lebih tinggi serat.

Cek ide masakan lainnya dengan follow @FiberCreme_TV di Instagram. Ada banyak resep baru yang mudah dan kreatif setiap minggunya. Download dan instal juga Enakpedia, dimana Anda dan para pengguna lain aplikasi ini bisa saling bertukar ide masakan, serta belajar tips dan trik seputar dapur secara gratis. Dapatkan juga banyak hadiah menarik dengan menyelesaikan misi di aplikasi Enakpedia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X