Tahu Berbau Busuk? Jangan Dibuang Dulu, Selamatkan Dengan Cara ini!

Feb 8, 2021 | Artikel | 0 Komentar

cara menyimpan tahu

Siapa yang tidak kenal tahu? Bahan makanan yang satu ini jadi salah satu andalan keluarga di seluruh Indonesia karena rasanya yang lezat, mudah diolah jadi apapun, dan terutama karena harganya yang terjangkau.

Makanya sering kali kita membeli tahu dalam jumlah banyak agar bisa disimpan dan digunakan sewaktu-waktu. Namun, cara menyimpan tahu yang salah bisa merusak tahu lho.

Tahu bisa mengeluarkan bau seperti busuk dan asam yang pastinya membuat selera makan hilang seketika.

Kalau hal ini terjadi padahal sudah telanjur beli banyak tahu kan sayang. Nah daripada dibuang, coba diselamatkan yuk dengan cara menyimpan tahu yang mudah berikut ini!

Rendam dalam air panas

rendam dengan air panas

Source bacaterus.com

Cuci bersih dulu tahu di bawah air mengalir. Lalu rendam dalam air panas hingga seluruh bagian tahu terendam. Biarkan beberapa saat lalu buang airnya. Jika masih berbau, ulangi proses merendam dan mengganti airnya dengan yang baru hingga baunya hilang.

Rebus

rendam tahu dalam air panas

Source: seriouseats.com

Jika merendam dirasa tidak cukup, rebus tahu hingga airnya mendidih. Buang airnya dan ulangi merebus lagi hingga tahu tidak lagi berbau.

Tambahkan bahan aromatik

tambahkan rempah aromatik

Source: shutterstock

Jika bau masih tercium, tambahkan rempah-rempah aromatik ke air rebusan. Caranya, setelah tahu direbus dan dibuang air rebusannya, tata beberapa lembar daun salam di bagian bawah panci.

Lalu letakkan beberapa kayu manis atau kapulaga, beru letakkan tahu. Tuangi air cukup hingga seluruh bagian tahu terendam rata, lalu rebus lagi hingga baunya hilang.

Masak dengan banyak bumbu

masak tahu dengan banyak bumbu

Selain menghilangkan baunya, menggunakan banyak bumbu untuk masak tahu juga membantu memperbaiki rasanya. Contohnya, kita bisa gunakan tahu untuk masakan seperti Kalio Tahu Udang, Acar Tahu Rembang, atau Tahu Bacem ini.

Hancurkan sebelum dimasak

Dengan dihancurkan sebelum diolah, tahu akan menyerap lebih banyak bumbu-bumbu sehingga rasanya yang mungkin sudah berubah juga bisa tersamarkan.

Kita bisa gunakan tahu yang sudah dihancurkan untuk banyak masakan mulai dari Bothok Takir Tahu, Cabai Goreng Isi Tahu, atau Pudding Sutera seperti ini.

Itulah 5 cara menyimpan tahu agar lebih awet. Ingin lebih banyak inspirasi menu berbahan dasar tahu? Yuk temukan di Instagram @FiberCreme_TV  dan YouTube Channel FiberCreme.

Anda juga bisa berbagi resep tahu ala Anda sendiri di aplikasi Enakpedia. Donwload di sini dan mulai berbagi atau dapatkan lebih banyak resep dari sesama pengguna.

Jangan lupa hidup lebih sehat dengan FiberCreme sebagai pengganti santan maupun susu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...