Bahan

  • 1 ekor ayam, potong 10 bagian atau sesuai selera
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 3 batang serai, memarkan
  • garam merica secukupnya
  • 750 ml air + 12 sdm FiberCreme
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 2 sendok teh ketumbar sangrai
  • 1 sendok teh jinten

Cara Membuat

  1. Haluskan bumbu, tambahkan garam, lada dan minyak goreng. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, jahe, dan serai sampai harum.
  2. Tambahkan ayam. Masak sampai ayam setengah matang dan berubah warna
  3. Tuangkan air dan Fiber Creme, masak dan aduk rata lalu. Masukkan garam dan merica bila perlu. Aduk rata. Masak sampai cairan sedikit meresap ke ayam.
  4. Masak sampai kental dan sajikan.
  5. Resep ini cocok bagi Anda yang mencari pengganti santan dalam masakan.

10 Komentar

  1. Agustinus Adella Ardy

    Saya baru saja mencoba resep sambal goreng kentang udang dari sebuah artikel di internet, yang di dalam resep nya menggunakan santan kental.

    Saya ganti santan dengan fiber creme karena penasaran dengan iklan di media.

    Hasil nya, masakan saya seolah olah menggunakan santan, mirip sekali dengan santan, baik untuk rasa dan creamy , malah dengan fiber creme kan lebih sehat.

    Saya akan terus pakai fiber creme untuk masakan selanjut nya.

    Balas
    • Fiber Creme

      Wah terima kasih banyak kak, yuk share juga ke yang lainnya manfaat FiberCreme ini šŸ™‚

      Balas
    • Nurul suci amalia

      Saya sudah 2x me-recook creamy opor ayam nya . Suami suka sampe gak sadar kalo ayamnya gak pake santan šŸ¤­šŸ‘ setiap hari juga di campurin ke es buah buat takjil , rasanya enak banget

      Balas
      • Rosa

        Hai kak, terimakasih sudah memilih FiberCreme untuk menggantikan santan saat membuat creamy opor ayam, kaka juga bisa share dan tag kami di @fibercreme jika recook resep @fibercreme_tv šŸ™‚

        Balas
  2. Anitra

    Saya jual berbagai kue secara online yg kebanyakan berbahan santan,, pengen bgt ganti ke fiber creme tapi tidak tahu takarannya,,bagaimana cara perhitungan takarannya? Mohon infonya ,trimakasi

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak, takaran yang direkomendasikan agar memperoleh rasa dan tekstur makanan seperti santan bisa dimulai dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:3) dan bisa pula sesuai selera Anda. Misalnya, dengan menggunakan 100 ml santan = 25 gram FiberCreme + air hangat 75 ml (1:3). Sedangkan 1000 ml santan = 250 gram FiberCreme + 750 ml air hangat.

      Balas
      • ELFA

        Apa punya ide untuk resep ayam panggang oven dengan memggunakan creamer. ?

        Balas
        • Fiber Creme

          Hai Kak Elfa, ada dong kak “Ayam Panggang Mentega” super duper creamy deh pokoknya. Yuk cek resepnya di Instagram kita @FiberCreme_TV atau klik link berikut ini yaa https://www.instagram.com/p/BsHIILQF8f9/

          Balas
      • dwi

        fiber creme aman dimasak dengan waktu yang lama gak ya? Karna rencananya untuk masak rendang

        Balas
        • Fiber Creme

          Hai Kak Dwi, karena fungsinya sebagai pengganti santan maka akan sangat cocok dipakai untuk rendang. Nggak perlu takut saat masaknya lama, karena FiberCreme tidak mudah pecah meski dimasak lama ataupun dengan suhu tinggi.

          Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin ā€œIndonesiaā€ banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisaĀ #NikmatiHidupĀ dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dariĀ @FiberCreme_TVĀ ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...