Tidak Selalu Nyeri Dada, Ini 8 Tanda Penyakit Jantung yang Sering Tidak Disadari

Okt 4, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

tanda penyakit jantung

Tanda penyakit jantung – Penyakit jantung sering dikaitkan dengan rasa sakit dan sesak di dada. Padahal, tidak semua rasa tidak nyaman di bagian dada adalah pertanda penyakit jantung. Malah, penyakit ini tergolong “silent killer” atau pembunuh diam-diam yang berarti seringkali tidak menunjukkan gejala berarti. Kalaupun ada, seringkali kita justru mengabaikannya karena menganggap gejalanya timbul karena penyakit biasa.

Nah masih dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia, yuk kenali kesehatan jantung kita! Baca terus untuk cek apa saja gejala penyakit jantung yang mungkin tidak kita sadari, agar kita bisa lebih waspada. Lalu, jangan lupa untuk baca juga tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Nyeri dada hingga ke lengan

Banyak penderita penyakit jantung yang mendeskripsikan nyeri dada ini seperti tertekan, seperti dicubit, atau terasa seperti terbakar. Nyeri ini umumnya terjadi hingga beberapa menit dan bisa timbul kapanpun, baik saat sedang beristirahat maupun setelah melakukan kerja fisik. Kita wajib lebih waspada lagi jika nyerinya menyebar hingga ke leengan sebelah kiri.

Denyut jantung tidak teratur

Denyut jantung memang bisa dipengaruhi susana hati. Misalnya, denyut akan meningkat saat kita merasa cemas atau senang. Hal ini normal. Tapi jika detaknya tidak beraturan secara terus-menerus tanpa alasan atau terjadi terlalu sering, segera cek kondisi jantung.

Pusing dan sesak napas

Pusing juga bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kurang makan atau berdiri terlalu cepat. Tapi kalau pusing tersebut terjadi tiba-tiba dan disertai sesak napas atau napas tersengal-sengal, lebih baik cepat hubungi dokter.

Bisa jadi pusing terjadi karena jantung bermasalah dan tidak mampu memompa darah seperti yang seharusnya. Akibatnya tekanan darah menurun dan menyebabkan sakit kepala dan rasa sesak.

Mendengkur

Mendengkur bukan hal yang aneh saat tidur. Tapi kita wajib prihatin kalau suara dengkuran yang dikeluarkan terdengar seperti kehabisan napas atau tersedak. Ini mungkin pertanda bahwa kita berhenti bernapas sementara saat tertidur sehingga jantung tertekan.

Kaki membengkak

Saat jantung tidak bisa memompa darah secepat yang seharusnya, darah akan menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Selain itu, gagal jantung juga bisa menghambat kerja ginjal untuk membuang air dan garam dalam tubuh. Ujung-ujungnya, air dan garam akan menumpuk terutama di bagian bawah tubuh seperti kaki.

Mudah lelah

Mudah merasa lelah, bahkan setelah melakukan hal-hal ringan, adalah pertanda lain ada yang tidak beres dengan jantung. Jika kita biasa melakukan satu hal tanpa masalah, lalu suatu hari jadi cepat lelah atau terengah-engah setelah melakukan hal yang sama, segera konsultasikan dengan dokter.

Batuk terus-menerus

Batuk yang disebabkan penyakit jantung umumnya terjadi tanpa sebab normal dan bisa berlangsung sangat lama. Waspadai juga kalau batuk disertai lendir berwarna pink atau putih. Kondisi ini bisa terjadi karena jantung tidak bisa bekerja seperti yang dibutuhkan tubuh, sehingga darah bocor dan masuk ke paru-paru.

Berkeringat

Keringat dingin adalah salah satu tanda penyakit jantung yang paling umum lainnya. Jika kita sering berkeringat tanpa sebab yang jelas, apalagi disertai gejala-gelaja lain di atas, jangan tunggu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Mencegah penyakit jantung

makanan sehat

Bagi kita yang tidak pernah mengalami gejala-gejala di atas, bukan berarti terbebas dari risiko penyakit jantung ya! Yuk mulai jaga kesehatan jantung dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makan yang bergizi seimbang.

Selain bernutrisi, pastikan juga makanan yang kita konsumsi mengandung cukup serat. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, serat bersifat mengenyangkan sehingga asupan makan kita lebih terkontrol. Selain itu, serat juga dapat mengikat kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Untuk mendapatkan serat yang dibutuhkan tubuh, kita bisa mengonsumsi lebih banyak sayur, buah, gandum utuh, biji-bijian, dan kacang-lacangan. Agar lebih mudah, kita bisa juga mengonsumsi FiberCreme yang tinggi serat sebagai pengganti krimer, susu, dan santan. Cukup campurkan FiberCreme ke makanan atau minuman, kita sudah bisa meningkatkan konsumsi serat denggan mudah.

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

fibercreme academy

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook 12

Artikel Terbaru

15 Ide Dessert Manis dan Cantik Berbahan Whipped Cream

Ide Whipped Cream - Kalian yang sering membuat kue atau makanan dan minuman manis lain tentu sudah tidak asing dengan whipped cream atau krim kocok. Bahan makanan yang satu ini terkenal dengan hasilnya yang lembut, rasa yang ringan, dan kegunaannya yang banyak. Ingin...

5 Alternatif Minyak Goreng Anti Kolesterol dan Ramah Diet

Alternatif minyak goreng - Makanan yang digoreng sudah lama jadi bagian dari menu sehari-hari kita. Padahal seperti yang kita tahu, gorengan bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Selain pada sesering apa kita mengonsumsinya, bahayanya juga bergantung pada...

28 Ide Bekal Sehat untuk Menyambut Sekolah Tatap Muka

Bekal sehat - Setelah lebih dari setahun sekolah dari rumah, akhirnya sekolah umum mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi. Artinya, anak-anak sudah bisa kembali belajar dan beraktivitas di sekolah nih, walaupun tetap dengan prokes yang ketat. Apa aja yang...

Resep Terbaru

Resep Bolu Tape Anti Gagal
Resep Bolu Tape Anti Gagal

  Resep Bolu Tape Anti Gagal Manfaatin waktu buat belajar baking lagi yuk dan cobain resep Bolu Tape ini. Gak perlu modal yang mahal, karena kue ini cuma butuh 3 telur dan bahan-bahan lain yang mungkin udah ada di rumahmu. Bahan A5 butir telur100 gram gula pasir1...

Resep Dessert Box Tiramisu
Resep Dessert Box Tiramisu

  Resep Dessert Box Tiramisu Biar jadi lebih manis, yuk sambut tahun yang baru dengan makanan yang juga manis. Kayak tiramisu ini. Biar semua anggota keluarga bisa menikmati lebih leluasa, pastikan kamu pakai @FiberCreme yang bebas laktosa, rendah gula, rendah...

Resep King Mango
Resep King Mango

  Resep King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Dessert Box Summer Breeze
Resep Dessert Box Summer Breeze

  Resep Dessert Box Summer Breeze Makanan kekinian ini gak melulu harus dibikin pakai cokelat kok. Dengan buah-buahan segar, dessert box kamu bisa jadi lebih segar dan lebih sehat. Coba resep Summer Breeze Dessert Box ini yuk! 4 potong Sponge cake original Bahan...

Resep Strawberry Frappucino ala  St*rb**ks
Resep Strawberry Frappucino ala St*rb**ks

  Resep Strawberry Frappucino ala St*rb**ks Strawberry Frappuccino homemade ini dibikin dengan @FiberCreme , yang bikin rasanya lebih creamy, lebih rendah kalori dan lemak, serta lebih tinggi serat daripada susu biasa. 20 gram FiberCreme 60 gram strawberry35 gram...