Sama-Sama Dari Kelapa, Ini Yang Bikin Minyak Kelapa dan Minyak Kelapa Sawit Berbeda!

Sep 4, 2020 | Artikel | 3 Komentar

Minyak ada banyak jenisnya di pasaran. Mulai dari minyak yang paling umum digunakan hingga minyak dari bahan-bahan tertentu yang dibilang lebih sehat dan dijual dengan harga mahal. Dari semua jenis minyak ini, yang paling sering ditemukan di rumah tangga adalah minyak kelapa dan minyak kelapa sawit.

Walaupun sama-sama dari kelapa, kedua jenis minyak ini memiliki berbedaan yang cukup signifikan sehingga mempengaruhi kualitasnya untuk kesehatan. Nah cari tahu yuk apa saja yang membedakan agar kita bisa tahu mana minyak yang lebih sesuai dengan kebutuhan!

Cara pembuatan

Minyak kelapa dibuat dari daging buah kelapa yang mula-mula diolah jadi santan. Setelah itu, santan direbut hingga menghasilkan lapisan ampas, air dan minyak.

Sementara itu, minyak kelapa sawit dibuat dengan mengekstrak biji kelapa sawit. Pada proses ekstraksi, biji kelapa akan mengeluarkan cairan oranye pekat yang kemudian disuling hingga menghasilkan minyak berwarna kuning keemasan.

Warna

Jika minyak kelapa sawit memiliki warna kuning, mulai dari kuning cerah hingga agak kemerahan tergantung mereknya, maka minyak kelapa memiliki warna kuning cenderung putih.

Kandungan lemak

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak cukup tinggi, termasuk lemak jenuh yang jika diperoleh secara alami dan dikonsumsi dalam jumlah wajar sebenarnya baik untuk tubuh. Manfaatnya termasuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan metabolisme. Minyak kelapa juga mengandung medium-chain triglyceride (MCT) yang mudah dicerna tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Lemak jenuh juga dimiliki minyak kelapa sawit. Namun minyak kelapa sawit memiliki juga kandungan asam oleat dan linoleat yang merupakan asam lemak tidak jenuh, serta vitamin A dan E sebagai antioksidan. Tapi perlu diingat ya bahwa nutrisi yang terkandung sangat mungkin rusak jika terpapar panas.

Pemakaian

Minyak kelapa sawit memang umumnya dipasarkan dan digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Sementara itu, walaupun bisa juga dipakai menggoreng, minyak kelapa sering dikonsumsi begitu saja sebagai dressing salad. Minyak kelapa yang memiliki aroma lebih enak juga sering dipakai untuk campuran kue atau makanan lain.

Harga

Karena kelangkaannya dan kandungannya yang dinilai lebih baik, minyak kelapa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada minyak kelapa sawit. Apalagi minyak kelapa virgin coconut oil (VCO) yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi.

 

Jadi sudah bisa menentukan minyak mana yang lebih sesuai untuk keluarga? Kalau begitu sudah siap berkreasi lagi dong. Yuk cari resep favorit keluarga dan bikin lagi dengan menambahkan krimer serbaguna FiberCreme agar sajian Anda lebih nikmat, sehat, dan tinggi serat.

Beli persediaan FiberCreme Anda di toko-toko terdekat, atau secara online melalui e-commerce kesayangan. Anda bisa juga kunjungi www.onlinestore.fibercreme.com untuk dapatkan promo-promo menarik.

3 Komentar

  1. Daniel sinaga

    Iya minyak kelapa sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan rambut

    Balas
    • Sabrina

      Betul sekali Kak minyak kelapa sendiri mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih lembut, mencegah kerontokan, serta mampu mengurangi ketombe ya Kak.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...