Sama-Sama Dari Kelapa, Ini Yang Bikin Minyak Kelapa dan Minyak Kelapa Sawit Berbeda!

Sep 4, 2020 | Artikel | 0 comments

Minyak ada banyak jenisnya di pasaran. Mulai dari minyak yang paling umum digunakan hingga minyak dari bahan-bahan tertentu yang dibilang lebih sehat dan dijual dengan harga mahal. Dari semua jenis minyak ini, yang paling sering ditemukan di rumah tangga adalah minyak kelapa dan minyak kelapa sawit.

Walaupun sama-sama dari kelapa, kedua jenis minyak ini memiliki berbedaan yang cukup signifikan sehingga mempengaruhi kualitasnya untuk kesehatan. Nah cari tahu yuk apa saja yang membedakan agar kita bisa tahu mana minyak yang lebih sesuai dengan kebutuhan!

Cara pembuatan

Minyak kelapa dibuat dari daging buah kelapa yang mula-mula diolah jadi santan. Setelah itu, santan direbut hingga menghasilkan lapisan ampas, air dan minyak.

Sementara itu, minyak kelapa sawit dibuat dengan mengekstrak biji kelapa sawit. Pada proses ekstraksi, biji kelapa akan mengeluarkan cairan oranye pekat yang kemudian disuling hingga menghasilkan minyak berwarna kuning keemasan.

Warna

Jika minyak kelapa sawit memiliki warna kuning, mulai dari kuning cerah hingga agak kemerahan tergantung mereknya, maka minyak kelapa memiliki warna kuning cenderung putih.

Kandungan lemak

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak cukup tinggi, termasuk lemak jenuh yang jika diperoleh secara alami dan dikonsumsi dalam jumlah wajar sebenarnya baik untuk tubuh. Manfaatnya termasuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan metabolisme. Minyak kelapa juga mengandung medium-chain triglyceride (MCT) yang mudah dicerna tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Lemak jenuh juga dimiliki minyak kelapa sawit. Namun minyak kelapa sawit memiliki juga kandungan asam oleat dan linoleat yang merupakan asam lemak tidak jenuh, serta vitamin A dan E sebagai antioksidan. Tapi perlu diingat ya bahwa nutrisi yang terkandung sangat mungkin rusak jika terpapar panas.

Pemakaian

Minyak kelapa sawit memang umumnya dipasarkan dan digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Sementara itu, walaupun bisa juga dipakai menggoreng, minyak kelapa sering dikonsumsi begitu saja sebagai dressing salad. Minyak kelapa yang memiliki aroma lebih enak juga sering dipakai untuk campuran kue atau makanan lain.

Harga

Karena kelangkaannya dan kandungannya yang dinilai lebih baik, minyak kelapa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada minyak kelapa sawit. Apalagi minyak kelapa virgin coconut oil (VCO) yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi.

 

Jadi sudah bisa menentukan minyak mana yang lebih sesuai untuk keluarga? Kalau begitu sudah siap berkreasi lagi dong. Yuk cari resep favorit keluarga dan bikin lagi dengan menambahkan krimer serbaguna FiberCreme agar sajian Anda lebih nikmat, sehat, dan tinggi serat.

Beli persediaan FiberCreme Anda di toko-toko terdekat, atau secara online melalui e-commerce kesayangan. Anda bisa juga kunjungi www.onlinestore.fibercreme.com untuk dapatkan promo-promo menarik.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X