Penyebab dan Cara Mengatasi Pencernaan Bermasalah

Mar 28, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

permasalahan pencernaan

Cara mengatasi pencernaan bermasalah – Pencernaan bermasalah biasa terjadi saat ada salah satu organ sistem pencernaan yang mengalami gangguan. Sistem pencernaan sendiri terdiri dari beberapa organ yaitu mulut, lambung, kerongkongan, usus besar, usus halus, dan anus. 

Saat Anda makan, organ yang berada di luar sistem pencernaan seperti pankreas, empedu, dan hati bekerja untuk mencerna makanan. Sistem pencernaan memiliki fungsi yang penting bagi tubuh kita.

Pencernaan bermasalah: fungsi sistem pencernaan

Sistem pencernaan bekerja untuk mencerna dan mengubah makanan menjadi nutrisi untuk tubuh yang kemudian dialirkan melalui pembuluh darah. Sistem pencernaan juga berfungsi untuk memisahkan makanan yang tidak dibutuhkan atau tak bisa dicerna. Oleh sebab itu, jika pencernaan bermasalah terjadi Anda harus segera menanganinya.

Penyebab pencernaan bermasalah

Pencernaan yang bermasalah biasa terjadi adalah refluks asam lambung (GERD), Inflammatory Bowel Disease (IBD), dan Irritable Bowel Syndrome (IBS). GERD terjadi pada saat asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan karena melemahnya katup di bawah kerongkongan. Sementara IBD dan IBS belum diketahui penyebab pastinya.

Gejala pencernaan bermasalah

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui gejala pencernaan bermasalah agar Anda bisa segera mengobatinya sebelum terlambat. Berikut adalah gejalanya:

Cegukan

Cegukan terjadi karena ada rangsangan saraf yang terdapat di bawah paru-paru. Cegukan bukanlah hal yang mengkhawatirkan jika tidak terjadi dalam waktu yang lama. Apabila Anda mengalami cegukan lebih dari satu jam, bisa jadi itu adalah gejala dari GERD atau kanker saluran pencernaan.

Sembelit

Jika Anda jarang membuang air besar atau feses Anda keras, maka bisa jadi Anda mengalami sembelit. Sembelit bisa disebabkan karena terlalu lama duduk, kurang minum air, dan pola makan yang tidak sehat.

Sembelit juga merupakan gejala penyakit IBS. Jika sembelit dialami oleh orang lanjut usia disertai oleh berat badan menurun dan feses yang kecil dan keras, mungkin orang tersebut mengalami kanker usus besar.

Apabila yang terjangkit sembelit adalah balita, ada kemungkinan mereka mengalami gangguan saraf pada usus.

Kentut

Kentut adalah proses alami di saluran pencernaan untuk mengeluarkan kelebihan udara. Tapi jika Anda terlalu sering kentut dan berbau tidak sedap, bisa saja Anda mengalami infeksi saluran pencernaan.

Gangguan ini diakibatkan oleh bakteri dan parasit. Apabila Anda kentut setelah memakan sesuatu, artinya tubuh Anda tidak dapat mentoleransi makanan tersebut karena ada zat yang tidak bisa dicerna di dalamnya.

Warna hitam pada feses

Gejala selanjutnya dari pencernaan bermasalah adalah kotoran atau feses yang berwarna hitam dan encer. Feses dengan warna hitam mengindikasikan adanya pendarahan di saluran pencernaan. Beberapa hal yang dapat mengakibatkan pendarahan adalah pecahnya pembuluh darah di kerongkongan,penyakit hati, luka di lambung, dan tumor saluran pencernaan.

Mata kuning

Mata kuning terjadi akibat kandungan bilirubin dalam darah terlalu banyak. Bilirubin adalah zat yang diproduksi dari terpecahnya sel darah merah yang diproses di hati dan saluran empedu. Zat ini kemudian disalurkan ke usus dan dibuang saat buang air besar.

Mata kuning menandakan proses metabolisme bilirubin terganggu. Biasanya, mata kuning terjadi karena hati dan saluran empedu mengalami gangguan.

Cairan dalam perut

Perut yang membesar dengan pesat merupakan indikasi adanya cairan dalam perut. Orang yang memiliki gejala ini akan merasa perut mereka semakin kencang dan buncit.

Cairan dalam perut memiliki beberapa penyebab seperti pengerasan hati (sirosis), infeksi rongga perut, dan kanker.

Benjolan di perut

Benjolan di perut diakibatkan banyak penyakit seperti abses hati dan kanker di perut. Tumor bisa berasal dari beberapa organ perut seperti kanker usus, kanker lambung, dan kanker hati. Jika Anda menemukan benjolan di perut, sebaiknya segera periksa ke dokter. 

Selain gejala di atas, gejala lain yang sering terjadi adalah rasa tidak nyaman di perut, sering bersendawa, aliran makanan seperti kembali ke kerongkongan, perut kembung serta mual dan muntah.

Cara mengatasi pencernaan bermasalah

mengatasi masalah pencernaan

Jika Anda memiliki pencernaan bermasalah, Anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasinya dulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan. Di bawah ini, kami ulas beberapa cara mengatasi pencernaan bermasalah.

Koreksi pola makan

Pada saat Anda lapar, jangan makan terlalu banyak karena akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Makanlah dengan porsi sedikit.

Konsumsi enzim

Enzim adalah zat yang penting dalam mencerna makanan. Enzim bisa ditemukan di makanan mentah. Perbanyak konsumsi makanan mentah dan alami, serta hindari makanan siap saji dan daging olahan. 

Makanan alami adalah makanan yang tidak melalui pemrosesan atau penambahan zat aditif. Makan makanan alami bisa melindungi lambung dari gangguan pencernaan. 

Usia juga memiliki peran penting dalam kesehatan organ sistem pencernaan. Setiap dekade, enzim yang diproduksi oleh tubuh berkurang secara otomatis. Untuk memenuhi kebutuhan enzim, sebaiknya Anda mengkonsumsi suplemen tambahan.

Istirahat setelah makan

Jangan melakukan aktivitas setelah makan. Istirahat dulu selama sepuluh menit sebelum kembali beraktivitas. Jangan langsung berbaring juga, agar organ perut dapat mencerna dengan baik.

Yoga

Melakukan gerakan yoga dan latihan pernapasan bisa mendukung pencernaan yang sehat. Yoga bisa menstimulasi gerakan usus yang akan mengeluarkan sisa makanan dan racun. Ini juga mengakibatkan bakteri sehat dalam perut bertambah. 

Minum teh

Teh diketahui memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengatasi pencernaan bermasalah. Meminum teh yang dicampur dengan rempah dapat mengatasi gangguan pencernaan dan menghasilkan nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Anda bisa minum teh mint, jahe, dan lemon dengan campuran kapulaga serta kayu manis.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan. Bakteri ini berfungsi melawan bakteri jahat, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan usus. 

Probiotik juga membuat sistem kekebalan menjadi kuat, dan meningkatkan penyerapan gizi. Anda bisa memenuhi asupan probiotik dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak probiotik seperti yogurt, kimchi, dan tempe.

Banyak minum air

Minum air bukan hanya untuk memperlancar buang air besar, tapi juga menjaga organ pencernaan. Air dapat membuang racun dan meminimalisir efek samping obat-obatan yang dikonsumsi.

Disamping itu, air membuat kadar cairan dalam darah menjadi stabil. Jika Anda kurang minum air, bisa menyebabkan darah mengental dan mengurangi kemampuan hati dalam menyaring darah serta membuang racun.

Kombinasikan makanan

Mengkombinasikan makanan dengan tepat bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Jika Anda mengkonsumsi protein dan biji-bijian sekaligus, pencernaan Anda akan mengalami gangguan. Konsumsilah makanan dengan kandungan serat yang banyak.

Makanan dengan kandungan serat bisa memperlancar buang air besar, dan mengurangi resiko wasir, IBS, dan radang usus. Tak hanya itu, asupan serat juga bisa menurunkan kecemasan, depresi, dan suasana hati buruk. Anda bisa mendapat serat dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Selain itu, Anda bisa menambah asupan serat dari FiberCreme. FiberCreme adalah krimer pengganti susu dan santan yang terbuat dari tapioka atau singkong. Fibercreme mengandung serat yang tinggi sehingga bisa melancarkan dan menyehatkan pencernaan Anda.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi pencernaan bermasalah. Semoga membantu!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...