Mengenal Perbedaan Merica dan Ketumbar Bagi Pemula

Agu 3, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Ada begitu banyak jenis rempah di Indonesia. Dua diantaranya adalah merica dan ketumbar. Hanya saja, banyak yang masih sering salah untuk mengenali perbedaan merica dan ketumbar, terutama bagi kalian yang kurang familiar dengan bumbu dapur ini.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk membedakan keduanya? Adakah tips dan trik khusus yang bisa diterapkan supaya bisa membedakannya? Mari kita simak ulasan berikut dengan seksama.

Indian spice Heap of Coriander powder or Dhaniya Powder or Chinese parsley dried seeds, selective focus

Cara Mengetahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

Ada begitu banyak cara untuk membedakan keduanya. Langsung saja, berikut beberapa cara untuk membedakan antara merica dan ketumbar:

Warna

Ketumbar dan merica bisa dibedakan melalui warnanya. Ketumbar memiliki warna kuning keemasan atau coklat muda, sementara itu merica memiliki warna yang lebih putih. Namun warna pada merica ini tergantung jenisnya juga ya. Selain merica putih yang umum kita pakai masak, ada juga merica hitam dan bahkan merica merah.

Ukuran dan Tekstur

Cara kedua untuk membedakan antara lada dengan ketumbar adalah ukuran dan teksturnya. Keduanya sebenarnya memiliki ukuran yang hampir setara jika dilihat secara sekilas. Hanya saja jika kita lebih teliti, ketumbar berukuran lebih kecil daripada merica.

Sedangkan untuk tekstur, merica lebih keras dan padat sedangkan ketumbar lebih halus dan kopong. Jadi jika kalian mencoba menghaluskan keduanya, merica akan lebih susah dihaluskan, sedangkan ketumbar lebih mudah.

Bau

Selanjutnya, cara lain untuk membedakan keduanya adalah dengan mencium aroma baunya. Merica memiliki bau pedas yang menyengat sedangkan ketumbar memiliki bau hambar yang kurang menyenangkan.

Rasa

Langkah membedakan selanjutnya adalah dengan menggunakan indera pengecapan kita. Merica memiliki rasa pedas kering, sehingga tidak heran kalau rempah ini sering kalian temui dalam campuran bumbu membuat gulai misalnya. Sementara untuk ketumbar, ia memiliki rasa pahit yang selanjutnya ketika dicampur dengan bahan masakan, ia bertindak sebagai penguat rasa gurih.

Kegunaan

Keduanya tentunya memiliki perannya masing-masing untuk membuat masakan terasa lebih enak. Jika kalian ingin cita rasa pedas tapi ingin mengurangi penggunaan cabe, maka merica atau lada adalah pilihan yang tepat untuk rempahnya.

Bukan hanya masak, merica juga memiliki manfaat lain yang mungkin jarang kita ketahui, misalnya untuk mengusir tikus dan nyamuk. Merica juga memiliki manfaat kesehatan lho, seperti mengobati rematik dan asam urat.

Sementara untuk ketumbar, kalian bisa menggunakannya sebagai penyedap rasa dan penguat rasa gurih pada tempe, tahu, maupun lauk pauk sehari-hari. Selain bisa digunakan untuk menambah cita rasa makanan, ketumbar juga bisa diseduh untuk membuat air ketumbar lho!

Air ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk mengobati peradangan, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi wasir, menjaga kesehatan mulut dan gigi, serta masih banyak lagi.

Membedakan Merica dan Ketumbar Ternyata Mudah Kan?

Bagi kalian yang sudah tau cara membedakan keduanya dan tengah mencari ide untuk membuat kudapan atau bekal si kecil, wajib cek resep-resep ala FiberCreme ya! Temukan banyak ide masakan lezat yang unik dan sehat dengan kunjungi website FiberCreme, follow FiberCreme di Instagram @FiberCreme_TV dan subscribe ke channel YouTube Ellenka.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...