Makan Oatmeal Untuk Diet Malah Bikin Berat Badan Naik, Ini 4 Sebabnya!

Sep 29, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

oatmeal

Oatmeal untuk diet – Oatmeal sering jadi pilihan pengganti nasi atau apapun makanan pokok kita saat sedang diet. Sering dipasarkan sebagai produk sehat, oatmeal dipercaya mengandung tinggi serat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Tapi oatmeal tidak selamanya memberikan hasil yang sesuai. Bahkan pada beberapa kasus, rutin makan oatmeal justru memebuat berat badan semakin naik. Nah, kalian termasuk yang pernah mengalami kejadian serupa?

Apa itu oatmeal?

Pertama-tama, kenalan dulu yuk dengan oatmeal!

Dibuat dari gandum utuh, oatmeal terbukti mengandung serat yang tinggi dan bebas lemak jenuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat oatmeal untuk kesehatan, termasuk efektifitasnya menurunkan berat badan. Tapi tentu saja kalau dikonsumsi secara benar ya!

Masalahnya, ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dalam menggunakan oatmeal untuk diet. Kesalahan-kesalahan ini sayangnya sering tidak kita sadari, sehingga diteruskan jadi sebuah kebiasaaan dan akhirnya mengakibatkan kenaikan berat badan. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Terus membaca untuk temukan jawabannya ya.

Porsi terlalu banyak

Secara umum, oatmeal memang dikategorikan makanan rendah kalori. Tapi makanan rendah kalori pun bisa jadi sumber penambah berat badan apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Jadi hindari konsumsi yang terlalu banyak ya!

Agar lebih mengenyangkan, kalian bisa coba tambahkan sumber serat atau protein lain. Sumber serat bisa dari buah-buahan yang rendah kalori. Sementara itu sumber protein bisa berasal dari putih telur, daging ayam rendah lemak, atau yogurt bebas gula.

Menggunakan oatmeal instan

oatmeal

Oatmeal instan yang dimaksud di sini adalah yang dijual dalam kemasan dengan bermacam-macam rasa. Produk oatmeal seperti ini memang lebih mudah disiapkan karena kita tidak perlu menambahkan apapun kecuali air panas. Opsi yang menarik kalau kita sering sibuk dan tidak sempat menyiapkan makanan.

Tapi waspada ya, karena oatmeal berbagai rasa seperti ini umumnya dibuat dengan gula yang tinggi. Serta mungkin ada bahan-bahan lain yang tidak sesuai untuk diet kita. Jadi selalu perhatikan komposisinya dan total kalorinya ya!

Topping yang salah

oatmeal

Menyajikan oatmeal dengan cokelat tinggi gula sebagai topping tentu akan mengakibatkan lebih banyak kerugian daripada manfaat. Tapi bukanhanya itu. Selain jenis, jumlah topping juga harus dibatasi. Almond, kismis, dan buah-buahan segar memang sehat. Tapi jumlahnya tetap harus dibatasi agar tidak terlalu banyak menambah nilai kalori dalam seporsi sajian oatmealmu.

Dibarengi makanan tidak sehat

Mengonsumsi oatmeal untuk sarapan mungkin membuat kita merasa sudah mengurangi asupan kalori. Akibatnya kita merasa bisa lebih bebas mengonsumsi makanan lain saat makan siang atau makan malam.

Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan orang diet. Jadi harus diingat ya bahwa oatmeal akan membawa manfaat bila dikonsumsi dalam jumlah yang benar. Selain itu, harus juga dikonsumsi bersama makanan lain yang juga sehat.

Sajikan oatmeal sehat yang ramah diet

Agar lebih aman, gunakan oatmeal yang dijual tanpa rasa. Kita bisa menambahkan rasa dan topping sendiri sehingga bisa lebih mengontrol kandungan gula, lemak, dan lain-lain. Tapi perhitungkan juga kalori dari topping atau pendamping lainnya ya. Jangan sampai berlebihan agar kita bisa lebih merasakan manfaat oatmeal.

Buat oatmeal jadi makanan yang lebih menyenangkan dengan FiberCreme yuk! Gunakan krimer serbaguna ini sebagai pengganti susu agar hidanganmu lebih enak, tinggi serat, dan semakin ramah untuk program diet.

Temukan inspirasi resep sehat berbahan dasar oatmeal hanya @FiberCreme_TV ya. Atau subscribe sekarang juga ke channel YouTube FiberCreme dan nyalakan notifikasinya agar kalian jadi yang pertama mencoba resep-resep sehat ala FiberCreme.

 

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. 15 Ide Dessert Manis dan Cantik Berbahan Whipped Cream – Citra Rasa Kitchen - […] Whip Creme adalah whipped cream nabati dengan campuran FiberCreme yang lebih bersahabat untuk diet. Cukup kocok 3-4 menit dengan…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

fibercreme academy

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook 12

Artikel Terbaru

15 Ide Dessert Manis dan Cantik Berbahan Whipped Cream

Ide Whipped Cream - Kalian yang sering membuat kue atau makanan dan minuman manis lain tentu sudah tidak asing dengan whipped cream atau krim kocok. Bahan makanan yang satu ini terkenal dengan hasilnya yang lembut, rasa yang ringan, dan kegunaannya yang banyak. Ingin...

5 Alternatif Minyak Goreng Anti Kolesterol dan Ramah Diet

Alternatif minyak goreng - Makanan yang digoreng sudah lama jadi bagian dari menu sehari-hari kita. Padahal seperti yang kita tahu, gorengan bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Selain pada sesering apa kita mengonsumsinya, bahayanya juga bergantung pada...

28 Ide Bekal Sehat untuk Menyambut Sekolah Tatap Muka

Bekal sehat - Setelah lebih dari setahun sekolah dari rumah, akhirnya sekolah umum mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi. Artinya, anak-anak sudah bisa kembali belajar dan beraktivitas di sekolah nih, walaupun tetap dengan prokes yang ketat. Apa aja yang...

Resep Terbaru

Resep Bolu Tape Anti Gagal
Resep Bolu Tape Anti Gagal

  Resep Bolu Tape Anti Gagal Manfaatin waktu buat belajar baking lagi yuk dan cobain resep Bolu Tape ini. Gak perlu modal yang mahal, karena kue ini cuma butuh 3 telur dan bahan-bahan lain yang mungkin udah ada di rumahmu. Bahan A5 butir telur100 gram gula pasir1...

Resep Dessert Box Tiramisu
Resep Dessert Box Tiramisu

  Resep Dessert Box Tiramisu Biar jadi lebih manis, yuk sambut tahun yang baru dengan makanan yang juga manis. Kayak tiramisu ini. Biar semua anggota keluarga bisa menikmati lebih leluasa, pastikan kamu pakai @FiberCreme yang bebas laktosa, rendah gula, rendah...

Resep King Mango
Resep King Mango

  Resep King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Dessert Box Summer Breeze
Resep Dessert Box Summer Breeze

  Resep Dessert Box Summer Breeze Makanan kekinian ini gak melulu harus dibikin pakai cokelat kok. Dengan buah-buahan segar, dessert box kamu bisa jadi lebih segar dan lebih sehat. Coba resep Summer Breeze Dessert Box ini yuk! 4 potong Sponge cake original Bahan...

Resep Strawberry Frappucino ala  St*rb**ks
Resep Strawberry Frappucino ala St*rb**ks

  Resep Strawberry Frappucino ala St*rb**ks Strawberry Frappuccino homemade ini dibikin dengan @FiberCreme , yang bikin rasanya lebih creamy, lebih rendah kalori dan lemak, serta lebih tinggi serat daripada susu biasa. 20 gram FiberCreme 60 gram strawberry35 gram...