Jus Buah Untuk Diet? Perhatikan Hal Ini Dulu Agar Berhasil!

Okt 11, 2019 | Artikel, Uncategorized | 0 Komentar

Apa saja nih yang biasanya Anda lakukan untuk menurunkan berat badan? Selain olahraga, jaga makanan agar tetap defisit kalori pasti jadi pilihan utama. Selain mengurangi porsi, Anda mungkin juga menambahkan lebih banyak buah-buahan dengan harapan seratnya bisa bantu memperlancar pencernaan.

Nah bagi yang tidak terbiasa makan buah, memperbanyak konsumsi bahan makanan ini mungkin adalah hal yang sulit. Jadi salah satu hal yang biasa Anda lakukan agar tetap mendapat manfaat buah ini secara praktis adalah mengubahnya jadi jus buah. Tinggal masukkan semua bahan ke blender, masukkan tambahan seperti pemanis, nyalakan blendernya, dan voila! Anda punya buah yang lebih enak, segar dan mudah dikonsumsi.

  

Masih merasa proses memblender buah-buahan ini adalah pekerjaan berat? Di supermarket sudah tersedia lho jus buah botolan tinggal tuang dan diminum. Anda termasuk golongan orang-orang yang berharap mendapatkan manfaat buah dari jus buah instan seperti ini?

Berharap demikian tentu saja tidak salah. Yang salah adalah anggapan Anda bahwa kandungan dalam jus buah tersebut sama persis seperti buah dan asli. Baca sampai habis yuk, untuk tahu kenapa jus buah instan yang katanya baik untuk diet ini justru bisa merusak program penurunan berat badan Anda!

Jus vs smoothies

Sebetulnya, kita punya pemahaman yang sedikit salah tentang jus. Selama ini, kita menganggap jus sebagai buah yang dihancurkan dan disajikan dalam bentuk cair. Padahal, ada juga istilah smoothies yang sama-sama berupa buah yang dihaluskan.

Perbedaan keduanya adalah proses penghancuran dan hasil akhirnya. Jus umumnya dibuat dengan juicer yang memisahkan sari buah dan ampasnya. Hasilnya adalah sari buah yang sangat encer seperti air. Ampas yang tersisa? Biasanya tidak akan dikonsumsi dan berakhir di tempat sampah.

Sementara itu, smoothies adalah istilah untuk buah yang dihancurkan dengan blender sampai lembut, dan langsung disajikan tanpa proses penyaringan atau pemisahan ampas. Singkat cerita, smoothies sebetulnya adalah nama yang lebih tepat untuk “jus” yang selama ini kita kenal.

Mana yang lebih baik?

Sama-sama berasal dari buah, jus dan smoothies sama-sama punya kandungan gizi dari buah bahan bakunya. Tapi jika harus memilih antara kedua jenis minuman ini untuk diet tinggi serat, maka smoothies adalah pilihan yang lebih baik.

Hal ini karena smoothies tidak melalui proses penyaringan, sehingga masih memiliki bagian-bagian buah termasuk seratnya. Lain halnya dengan jus, yang sudah hilang kandungan seratnya karena sudah dipisahkan dengan ampasnya.

Tapi ini bukan berarti jus tidak punya kebaikan sama sekali. Seperti yang dijelaskan klikdokter.com, Anda yang punya pencernaan sensitif lebih baik mengonsumsi jus karena lebih mudah dicerna. Tanpa kandungan serat,  pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras agar tubuh bisa menyerap dan memanfaatkan nutrisi buah.

Hati-hati bikin gagal diet

Namun tidak selamanya jus dan smoothies bisa membantu diet Anda. Salah satu penyebabnya adalah penambahan gula dalam proses pembuatannya. Biasanya gula lebih banyak ditambahkan pada jus langsung minum atau smoothies yang dijual di luaran, apalagi kalau bukan untuk menambahkan rasa.

Jadi agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, bikin jus dan smoothies sendiri yuk. Anda bisa coba buat dengan resep ini, ini atau ini. Batasi penggunaan gulanya, ya, agar program penurunan berat badan Anda tetap lancar. Supaya tetap manis tanpa gula berlebih, serta rasanya lebih creamy, dan lebih tinggi serat, Anda bisa tambahkan pengganti susu dan santan FiberCreme yang juga rendah lemak, rendah kalori dan bebas kolesterol.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...