Ini Lho Bedanya Agar-Agar, Jeli dan Gelatin!

Mar 29, 2019 | Artikel | 0 Komentar

Ini Lho Bedanya Agar-Agar, Jeli dan Gelatin!

Mar 29, 2019 | Artikel

Walaupun serupa, agar-agar, jeli dan gelatin adalah tiga bahan yang berbeda. Fungsinya memang mirip, yaitu membuat bahan makanan cair menjadi padat. Dan bagi yang jarang masuk dapur atau membuat dessert seperti pudding, kemungkinan Anda akan mengira ketiga bahan ini bisa digunakan secara bergantian, padahal tidak!

Karena dibuat dari bahan dasar yang berbeda, agar-agar, jeli dan gelatin ketika dimasak akan menghasilkan tekstur dan kepadatan yang berbeda pula. Yuk kenalan lebih jauh dengan ketiga bahan makanan ini, dan cari tahu masakan enak apa aja yang bisa dibuat dengan mereka!

Agar-agar

Agar-agar terbuat dari rumput laut atau alga. Di Indonesia agar-agar banyak dijual dalam bentuk bubuk dan dalam berbagai rasa baik di pasar tradisional maupun supermarket. Cara memasaknya, agar-agar harus dicampur dengan air dan direbus hingga mendidih. Ketika matang dan set, tekstur agar-agar lebih keras, kaku dan padat.

 

Jeli

Jeli dibuat dari umbi konyaku atau iles-iles yang dicampur dengan rumput laut karagenan. Jeli umumnya dijual dalam bentuk bubuk dan diberi rasa buah-buahan segar. Sama seperti agar-agar, jeli harus direbus dengan air hingga mendidih untuk bisa membentuk gel. Setelah matang, tekstur jeli lebih kenyal dan lembut daripada agar-agar.

 

Gelatin

Tidak seperti agar-agar dan jeli yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, gelatin didapatkan dari tulang binatang, seperti sapi, kerbau atau babi. Dibandingkan agar-agar dan jeli, penggunaan gelatin tidak begitu populer di Indonesia karena masyarakat jadi harus lebih teliti dan rajin bertanya gelatin mana yang halal. Ditambah lagi, harga gelatin juga boleh dibilang lebih mahal daripada kedua temannya.

Tapi kalau Anda ingin tetap bereksperimen dengan gelatin, bahan ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau lembaran. Cara menggunakannya cukup larutkan saja gelatin bubuk dalam air panas atau hangat sebelum digunakan untuk campuran. Untuk gelatin lembaran, cukup rendam dalam air dingin hingga lunak, lalu peras dan buang lembarannya.  Gelatin umumnya digunakan untuk membuat panna cotta, semacam pudding khas Italia. Tekstur yang dihasilkan gelatin jauh lebih lembut

Gimana, sudah tahu kan beda penggunaan agar-agar, jeli dan gelatin? Bahan mana aja nih yang sering Anda pakai untuk bikin cemilan dirumah? Coba bikin dessert pakai bahan-bahan lainnya juga yuk, dengan resep-resep super mudah dan simple dari @FiberCreme_TV! Anda juga bisa tambahkan krimer serbaguna FiberCreme lho, agar masakan apapun yang Anda buat jadi lebih lezat, creamy, tinggi serat, dan ramah untuk pencernaan.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. AGAR-AGAR, JELI , GELANTIN DARIMANA ASALNYA? - Tehijo - […] Sumber: https://hellosehat.com/herbal/agar/; https://swallow-globe.co.id/main/sejarah-agar-agar-darimana-bagaimana-bisa-populer/ ; https://resepasik.com/2016/05/27/cara-membuat-jelly-art-bunga/; https://fibercreme.com/ini-lho-bedanya-agar-agar-jeli-dan-gelatin/ […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

web banner FRC 5

Artikel Terbaru

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

6 Cara Hilangkan Bau Amis Bebek yang Harus Anda Coba

Daging bebek memang punya cita rasa lezat dan gurih yang sulit ditandingi oleh daging ayam biasa. Tapi, kenikmatannya sudah pasti hanya bisa dirasakan apabila dimasak dengan cara yang benar. Karena jika tidak diolah dengan baik, daging tersebut akan menyisakan bau...

20 Ide Resep Berbahan Telur Simple, Lezat, dan Murah

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling praktis. Hampir setiap rumah pasti punya persediaan telur. Karena selain harganya yang cenderung murah, telur memang sangat mudah diolah. Tapi, resep telur yang mudah dibuat bukan hanya telur ceplok atau dadar saja....

Resep Terbaru

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis
Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas
Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas Siapa lagi yang memanfaatkan bulan puasa untuk berkreasi bikin jajanan khas lebaran? @FiberCreme punya ide kue lebaran yang harus kamu coba nih: resep Nastar Taiwan. Gak kayak nastar biasanya, nastar ini lebih gede dan dijamin...

Resep Ayam Lodho Tulungagung
Resep Ayam Lodho Tulungagung

  Resep Ayam Lodho Tulungagung Tulungagung juga punya makanan khas dengan bahan baku ayam. Namanya Ayam Lodho, yang terkenal gurih & punya kuah santan yg kental. Bagi yg gk bisa makan santan, tenang aja karena FiberCreme punya resep ayam lodho khas...

Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat
Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat

  Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat Kamu suka masakan ikan apa? Kalau kamu suka gurame, ini dia resep pecak ikan gurame super lezat buat kamu coba di rumah. Cara membuatnya ngga ribet kok. Untuk hasil yang lebih enak dan creamy kamu bisa tambahkan FiberCreme di...

Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme
Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme

  Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme Sudah punya rekomendasi menu untuk makan siang nanti? Nah, bagi kamu suka dengan ayam bakar, maka menu Ayam Bakar Palembang ini wajib kamu coba. Bagaimana tidak, bumbu rempahnya mampu merasuk hingga ke bagian terdalam...