Ini Lho Bedanya Agar-Agar, Jeli dan Gelatin!

Mar 29, 2019 | Artikel | 3 Komentar

Ini Lho Bedanya Agar-Agar, Jeli dan Gelatin!

Mar 29, 2019 | Artikel

Walaupun serupa, agar-agar, jeli dan gelatin adalah tiga bahan yang berbeda. Fungsinya memang mirip, yaitu membuat bahan makanan cair menjadi padat. Dan bagi yang jarang masuk dapur atau membuat dessert seperti pudding, kemungkinan Anda akan mengira ketiga bahan ini bisa digunakan secara bergantian, padahal tidak!

Karena dibuat dari bahan dasar yang berbeda, agar-agar, jeli dan gelatin ketika dimasak akan menghasilkan tekstur dan kepadatan yang berbeda pula. Yuk kenalan lebih jauh dengan ketiga bahan makanan ini, dan cari tahu masakan enak apa aja yang bisa dibuat dengan mereka!

Agar-agar

Agar-agar terbuat dari rumput laut atau alga. Di Indonesia agar-agar banyak dijual dalam bentuk bubuk dan dalam berbagai rasa baik di pasar tradisional maupun supermarket. Cara memasaknya, agar-agar harus dicampur dengan air dan direbus hingga mendidih. Ketika matang dan set, tekstur agar-agar lebih keras, kaku dan padat.

 

Jeli

Jeli dibuat dari umbi konyaku atau iles-iles yang dicampur dengan rumput laut karagenan. Jeli umumnya dijual dalam bentuk bubuk dan diberi rasa buah-buahan segar. Sama seperti agar-agar, jeli harus direbus dengan air hingga mendidih untuk bisa membentuk gel. Setelah matang, tekstur jeli lebih kenyal dan lembut daripada agar-agar.

 

Gelatin

Tidak seperti agar-agar dan jeli yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, gelatin didapatkan dari tulang binatang, seperti sapi, kerbau atau babi. Dibandingkan agar-agar dan jeli, penggunaan gelatin tidak begitu populer di Indonesia karena masyarakat jadi harus lebih teliti dan rajin bertanya gelatin mana yang halal. Ditambah lagi, harga gelatin juga boleh dibilang lebih mahal daripada kedua temannya.

Tapi kalau Anda ingin tetap bereksperimen dengan gelatin, bahan ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau lembaran. Cara menggunakannya cukup larutkan saja gelatin bubuk dalam air panas atau hangat sebelum digunakan untuk campuran. Untuk gelatin lembaran, cukup rendam dalam air dingin hingga lunak, lalu peras dan buang lembarannya.  Gelatin umumnya digunakan untuk membuat panna cotta, semacam pudding khas Italia. Tekstur yang dihasilkan gelatin jauh lebih lembut

Gimana, sudah tahu kan beda penggunaan agar-agar, jeli dan gelatin? Bahan mana aja nih yang sering Anda pakai untuk bikin cemilan dirumah? Coba bikin dessert pakai bahan-bahan lainnya juga yuk, dengan resep-resep super mudah dan simple dari @FiberCreme_TV! Anda juga bisa tambahkan krimer serbaguna FiberCreme lho, agar masakan apapun yang Anda buat jadi lebih lezat, creamy, tinggi serat, dan ramah untuk pencernaan.

3 Komentar

  1. Desiana Natalia

    Thanks infonya..kebetulan saya punya stok gelatin banyak karena suka bikin puding gyukaku.ikl beli sedikit memang mahal…makanya langsung beli kemasan besar….lebih suka gelatin sih…..lembut pake banget

    Balas
    • Vivi Pristian

      waahhh cobain kak waktu di masak pake FiberCreme yang pastinya tinggi serat.

      Balas
  2. Desiana Natalia

    Thanks infonya..kebetulan saya punya stok gelatin banyak karena suka bikin puding gyukaku.ikl beli sedikit memang mahal…makanya langsung beli kemasan besar….lebih suka gelatin sih…..lembut pake banget

    Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. AGAR-AGAR, JELI , GELANTIN DARIMANA ASALNYA? - Tehijo - […] Sumber: https://hellosehat.com/herbal/agar/; https://swallow-globe.co.id/main/sejarah-agar-agar-darimana-bagaimana-bisa-populer/ ; https://resepasik.com/2016/05/27/cara-membuat-jelly-art-bunga/; https://fibercreme.com/ini-lho-bedanya-agar-agar-jeli-dan-gelatin/ […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...