Ini Cara Agar Penderita Diabetes Bisa Makan Nasi Putih

Feb 1, 2019 | Artikel | 0 Komentar

Ini Cara Agar Penderita Diabetes Bisa Makan Nasi Putih

Feb 1, 2019 | Artikel

Sebagai makanan pokok, nasi putih punya tempat yang sangat istimewa di dunia kuliner Indonesia. Ada banyak makanan nusantara yang bakal jauh lebih enak atau terasa lebih lengkap kalau disajikan bersama nasi putih. Padahal bahan makanan ini cukup berbahaya buat kesehatan, karena punya indeks glikemik yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Untuk yang masih awam dengan istilah tersebut, indeks glikemik adalah angka 1-100 yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat pada makanan diproses oleh tubuh sehingga menyebabkan peningkatan gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik sebuah bahan makanan tertentu, maka semakin cepat makanan tersebut menaikkan gula darah.

Nasi sendiri tergolong bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi, dengan nilai yang bisa mencapai angka 70. Sementara itu, makanan disebut punya indeks glikemik rendah dan tidak mudah menaikkan gula darah apabila punya nilai tidak lebih dari 55.

Nah, terlihat kan bagaimana nasi putih bisa berbahaya untuk penderita diabetes? Tapi itu bukan berarti penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi nasi buat selama-lamanya lho. Coba cara-cara dibawah ini yuk supaya penderita diabetes, atau Anda yang sedang diet, juga bisa menikmati nasi putih.

 

Menanak Nasi Dengan Minyak Kelapa Murni

 

Menurut para ahli gizi, minyak kelapa mengandung lemak sehat yang bisa membantu mengurangi kadar gula dalam nasi. Cara mengolahnya cukup cuci beras dan campur dengan air dengan takaran seperti biasa. Kemudian tambahkan minyak kelapa murni kira-kira 3% dari berat beras yang dimasak. Tanak sampai matang, kemudian simpan dalam kulkas selama 10-12 jam sebelum dikonsumsi langsung. Jangan panaskan nasi, karena akan menaikkan indeks glikemiknya lagi. Jika tidak suka nasi dingin, Anda bisa langsung campur nasi dengan sayur berkuah panas.

Metode ini dipercaya bisa menurunkan kalorinya hingga 10%-50%, tergantung jenis berasnya. Semakin sehat berasnya, seperti beras merah, maka kandungan kalorinya akan semakin banyak berkurang.

[show_more more=”Show More” less=”Show Less”]

Menanak Nasi Dengan Tepung Kelapa

 

Masih berhubungan dengan kelapa, kali ini coba yuk menggunakan tepung kelapa. Buat yang masih asing dengan tepung kelapa, tepung ini dibuat dari ampas parutan kelapa yang sudah diproses sedemikian rupa agar kandungan lemak jahatnya hilang.

Cara masaknya, cuci beras dan rendam dalam air seperti biasa, kemudian masukkan tepung kelapa sebanyak 25% dari berat beras. Dengan menambahkan tepung ini, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB), indeks glikemik nasi yang tinggi bisa dikurangi hingga ke angka 49, yang bisa dikategorikan sebagai indeks glikemik rendah.

Mudah ya membuat nasi jadi bahan makanan yang lebih aman dikonsumsi? Buat teman makan nasi sehat ini, yuk kunjungi @FiberCreme_TV di Instagram atau klik disini untuk mendapatkan resep-resep lauk yang enak dan juga lebih ramah untuk diet Anda.

Tapi ingat ya, ini bukan berarti Anda bisa makan nasi semaunya lho! Tetap jaga pola makan dan perhatikan apa saja yang Anda konsumsi agar gula darah atau angka di timbangan tetap stabil. Dan jangan lupa lengkapi diet Anda dengan FiberCreme, karena selain bisa bantu jaga kesehatan pencernaan kandungan serat dalam krimer serbaguna ini juga bisa bantu mengontrol gula darah.

(*)

[/show_more]

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...